Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Arti Mimpi Pasangan Selingkuh, Benarkah Ada Perselingkuhan?

Arti Mimpi Pasangan Selingkuh, Benarkah Ada Perselingkuhan?
Mimpi pasangan selingkuh

Pernah terbangun dari mimpi yang terasa begitu nyata, tentang pasangan Anda selingkuh? Pertama-tama: relax! Bermimpi pasangan selingkuh tidak selalu berarti pasangan Anda benar-benar selingkuh, lho. 

Meskipun begitu, menurut analis mimpi bersertifikat, Lauri Loewenberg, mimpi bisa berarti sesuatu atau kemungkinan alam bawah sadar Anda sedang mencoba untuk memberitahu sesuatu.

Jadi apa artinya mimpi pasangan selingkuh?

1. Perasaan tentang perselingkuhan masa lalu yang belum selesai

Menurut seorang psikoterapis, Aimee Barr, jika sebelumnya Anda pernah menjadi korban perselingkuhan, sangat wajar jika Anda bermimpi (buruk) tentang perselingkuhan itu terjadi lagi. Ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda masih perlu untuk membangun kembali kepercayaan kepada pasangan Anda–jika Anda memutuskan untuk kembali bersama. Dengan kata lain, masih ada perasaan ketakutan dan ketidakpercayaan kepada pasangan akibat perselingkuhan di masa lalu.

Mimpi seperti ini juga bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki ketakutan jika pasangan Anda saat ini akan melakukan perselingkuhan yang sama. “Adalah hal yang normal bermimpi berdasarkan ketakutan dan kecemasan dari pengalaman tidak mengenakkan di masa lalu yang tidak ingin terulang kembali,“ kata Katie Ziskind, seorang terapis pernikahan dan keluarga. “Jika di masa lalu Anda pernah menjadi korban perselingkuhan, Anda mungkin membawa ketakutan dan kecemasan akan hal ini terjadi lagi ke alam mimpi,” tambahnya. 

Baik Barr maupun Ziskind, keduanya sangat menyarankan Anda untuk mengunjungi terapis profesional yang dapat membantu Anda mengatasi ketakutan, kecemasan, dan perasaan ini.

2. Takut ditinggalkan

Mimpi pasangan selingkuh juga dapat menjadi wujud ketakutan mendasar akan ditinggalkan pasangan, kata seorang psikoterapis, Alex Ribbentrop. Anda mungkin merasa khawatir jika pasangan akan meninggalkan Anda untuk orang lain. Atau Anda mungkin juga merasa khawatir jika kelak hubungan Anda akan berakhir.

3. Ketidakpercayaan terhadap pasangan

Menurut Michael Ceely, seorang terapis pernikahan dan keluarga, mimpi adalah sebuah metafora. “Ketika Anda bermimpi tentang pasangan selingkuh, itu bisa berarti bahwa Anda memiliki rasa ketidakpercayaan cukup tinggi kepada pasangan.” tambahnya. Rasa tidak percaya itu bisa muncul karena berbagai faktor, bisa karena sebelumnya pernah dikhianati, kecemburuan, keraguan, atau kecurigaan. Inilah yang secara tidak sadar dapat mengontrol pikiran Anda dan menyebabkan mimpi tentang perselingkuhan muncul.

4. Adanya ketidakpuasaan dalam hubungan

Adanya ketidakpuasan dalam hubungan, baik secara emosional maupun seksual, juga bisa menyebabkan mimpi tentang perselingkuhan muncul. Menurut Dr. Sanam Hafeez, seorang neuropsikolog, mimpi tentang berselingkuhan bisa terjadi ketika Anda merasa tidak puas dalam hubungan, baik secara seksual maupun emosional, serta bisa berarti ada sesuatu yang hilang dari hubungan Anda, seperti gairah atau kegembiraan.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Loewenberg, di mana sebagian besar alasan munculnya mimpi pasangan selingkuh disebabkan oleh adanya ketidakpuasan secara emosional maupun secara seksual.

5. Kurang menghabiskan waktu bersama

Coba ingat-ingat, apakah belakangan ini Anda dan pasangan masing-masing sangat sibuk sehingga Anda berdua jarang bertemu dan mengobrol? Ternyata, kurangnya perhatian dan waktu bersama bisa memicu munculnya mimpi tentang perselingkuhan, lho.

Karena itu, menurut Dr. Carla Marie Manly, seorang psikolog klinis, mimpi tentang perselingkuhan mungkin saja merupakan sinyal yang ditunjukkan oleh alam bawah sadar bahwa Anda perlu memberikan lebih banyak perhatian dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan untuk saling bisa memberikan perasaan dicintai dan aman.

6. Adanya perselingkuhan yang sebenarnya

Meskipun tidak selalu, mimpi pasangan selingkuh juga bisa menjadi peringatan adanya perselingkuhan yang sebenarnya, menurut terapis pasangan berlisensi, Noelia Leite, Ph.D. 

Pikiran bawah sadar Anda sedang menunjukkan bahwa pasangan Anda tidak sepenuhnya jujur atau tidak sepenuhnya berkomitmen dalam hubungan. Bisa jadi selama ini Anda mungkin telah mengabaikan atau menyangkal adanya tanda-tanda perselingkuhan–seperti fakta bahwa pasangan Anda menyembunyikan ponselnya, lebih sering ke luar rumah, atau tampak tertutup secara emosional.

Mimpi pasangan berselingkuh tidak selalu berarti adanya perselingkuhan yang sebenarnya, tetapi bisa jadi merupakan tanda dari perasaan mendasar yang belum terpenuhi dalam hubungan, seperti adanya perasaan takut ditinggalkan, merasa tidak aman, rasa ketidakpercayaan dan kecurigaan, atau kurangnya waktu dan perhatian. Semua itu adalah hal-hal yang perlu didiskusikan bersama pasangan sehingga hubungan Anda berdua bisa langgeng.

Jika dirasa perlu, Anda dan pasangan juga bisa meminta bantuan terapis profesional untuk mengatasi perasaan-perasaan itu. “Mengatakan dan mendiskusikan perasaan-perasaan mendasar ini dapat mengurangi kekhawatiran, kecurigaan, dan kecemasan,” kata Dr. Hafeez. Dengan begitu, Anda bisa berhenti bermimpi tentang perselingkuhan. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Rawpixel/Freepik)