Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara agar Tidak Insecure dan Jadi Lebih Percaya Diri

7 Cara agar Tidak Insecure dan Jadi Lebih Percaya Diri

Semua orang mungkin pernah merasa insecure atau tidak aman (bisa juga berarti tidak percaya diri). Ada yang insecure karena merasa penampilannya kurang menarik, kurang pintar, atau bahkan kurang sempurna merawat anak.

Banyak hal yang bisa membuat seseorang merasa insecure. Namun berita baiknya: sedikit insecure justru bagus karena membuat Anda jadi lebih realistis. Ya, sedikit insecure masih aman. Akan tetapi, jangan sampai Moms merasa insecure berlebih karena inilah yang bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan mental. Yuk, bebaskan diri dari rasa insecure! Bagaimana cara agar tidak insecure dan lebih percaya diri? Let’s read!

1. Perbanyak self love

Jangan fokus pada kekurangan diri, fokuslah pada kelebihan yang Anda miliki. Tidak perlu menunggu orang lain bilang Anda cantik untuk melihat kecantikan lahir batin Anda. Cintai diri Anda sendiri, maka rasa percaya diri akan meningkat dan "menular" ke orang-orang di sekitar Anda. Self love membuat Anda nyaman dan bersyukur dengan apa yang Anda miliki serta membantu Anda bersikap dan berpikir lebih positif. Hal ini tentu penting dan bisa sangat memengaruhi proses pengambilan keputusan. Bye bye, insecurities!

2. Jauhi toxic people

Rasa insecure sering kali berasal dari toxic people yang berhasil "meracuni" pikiran Anda. Mereka yang sering bilang Anda tidak becus menjadi ibu, tidak cantik, tidak pintar, dan segala ucapan lain bisa jadi akan membuat Anda merasa tidak percaya diri. Jika berada di dekat mereka membuat Anda insecure, stay away from toxic people! Lebih baik fokus dengan orang-orang positif yang membuat Anda merasa lebih baik dan percaya diri.

3. Self reward

Memberi hadiah untuk diri sendiri? Yes, you deserve it, Moms! Tak ada salahnya memberikan self reward saat Anda berhasil melawan rasa insecure berlebih. Ini membantu Anda menyadari kalau Anda mampu melawan insecurity, Anda juga jadi lebih yakin kalau diri Anda lebih kuat daripada yang Anda kira. Rayakan keberhasilan ini dengan hadiah yang membuat Anda bahagia.

4. Pelan tapi pasti

Melawan rasa insecure dan meningkatkan kepercayaan diri tidak terjadi dalam satu malam. Semua butuh proses dan terkadang ini memakan waktu yang cukup lama. Tidak apa-apa, jalankan saja proses itu dan lakukan secara perlahan tapi pasti. Fokus pada langkah-langkah kecil yang berhasil Anda lakukan untuk melawan insecure, dan jika gagal, ingatlah kesuksesan yang pernah dilakukan, jangan ingat yang gagal.

5. Do it your way!

Anda bukan satu-satunya orang yang merasa insecure, banyak orang yang juga mengalaminya. Berbagi tips mengatasi insecurity? Wah, tentunya ini bagus banget, Moms. Namun, jangan terlalu menelan tips tersebut bulat-bulat, karena mekanisme orang menghadapi insecurity berbeda-beda.

Jangan berkecil hati jika cara yang dilakukan banyak orang (misalnya menekuni hobi) untuk melawan insecure tidak berhasil pada diri Anda sendiri. Faktanya, Anda perlu melawannya dengan cara Anda sendiri, karena hanya diri Anda yang tahu cara ternyaman dan terampuh melawan insecure.

6. Jangan bergantung pada orang lain

Yang menentukan nilai diri Anda bukanlah orang lain. Karena itu, jangan juga bergantung pada orang lain untuk melawan rasa insecure. Atur ekspektasi Anda pada orang lain dan jangan menggantungkan kebahagiaan Anda pada orang lain. Kebahagiaan Anda bukan urusan orang lain, termasuk pasangan Anda sendiri. Do what makes you happy, Moms!

7. Cari bantuan profesional

Ketika serangan insecure sudah berlebihan, jangan malu atau ragu untuk berkonsultasi dengan pakarnya langsung, yaitu psikolog atau psikiater. Curhat ke sahabat, pasangan, atau orang terdekat Anda memang baik untuk membantu melepas penat, tetapi curhat dengan pakar tentu lebih tepat untuk mengurai masalah mental yang sudah lama terpendam.

Berita baiknya, sekarang sudah banyak layanan psikologi yang bisa dilakukan secara online kok, Moms. Makin mudah dan nyaman ya, untuk curhat dengan pakarnya langsung. Always look at the bright side, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: 8photo/Freepik)