Type Keyword(s) to Search
BABY

1001 Zwitalk: Panduan Lengkap Melakukan Momen Pertama dalam Merawat Bayi

1001 Zwitalk: Panduan Lengkap Melakukan Momen Pertama dalam Merawat Bayi

Mau mengoptimalkan tumbuh kembang anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Si Kecil? Dengar langsung tips dari para pakar di 1001 Zwitalk aja, Moms. Webinar festival ini dipersembahkan oleh Zwitsal 1000 HPK, Mother & Beyond, Klinik Kecil, dan Obrolan Parenting. Acara ini juga didukung oleh PKK DKI Jakarta, PKK Jawa Barat, Kemenkominfo, dan Siberkreasi.

Diadakan secara online pada Sabtu, 27 Agustus 2022, para pakar menyampaikan tips penting yang terbagi dalam 3 kelas Asih, Asah, dan Asuh. Untuk kelas Asih ada “Bebas Panik Jadi Ibu Baru! A to Z Merawat Bayi”, kelas Asah “MPASI Sambil Main! Emang Boleh?”, dan yang terakhir kelas Asuh “A to Z Sukses Menyusui untuk Ibu baru”.

Enggak sabar mau tahu serunya kelas Asih, Asah, dan Asuh di 1001 Zwitalk Webinar Festival? Simak rangkumannya, yuk!

Kelas Asih: Bebas Panik Jadi Ibu Baru

Di kelas pertama ini ada dua pakar yang bergabung menjadi narasumber di 1001 Zwitalk, yaitu dr. Miza Afrizal, Sp.A, dokter spesialis anak, dan Samanta Elsener, M.Psi, Psi, psikolog anak dan remaja. "Panik adalah hal yang wajar bagi ibu baru. Tapi bayi tidak seringkih yang dibayangkan kebanyakan orang tua,” ujar dr. Miza.

Menurut dr. Miza, hipotermia atau kedinginan adalah masalah yang sering terjadi pada bayi baru lahir, dan ini yang paling sering membuat ibu baru jadi panik. Maka perawatan dasar bayi baru lahir mudah saja, yaitu jangan dimandikan dulu sampai tali pusatnya lepas sendiri, karena jika basah bisa jadi sumber infeksi.

Moms cukup lap hangat saja Si Kecil, karena newborn masih dilindungi lapisan lemak yang terbawa dari lahir dan menghangatkan tubuh bayi. Ibu baru jangan lupa penuhi vaksin Si Kecil juga, ya. Di 1 bulan pertama, vaksin yang perlu diberikan ada vaksin hepatitis B, polio, dan BCG.

Agar bebas panik, Samanta menyarankan untuk rutin melakukan bonding moment, bahkan sejak bayi masih di dalam kandungan. Selain membuat bonding orang tua dan anak semakin kuat, bonding yang baik juga memengaruhi kecerdasan anak dan meningkatkan IQ, lho.

Mau bonding seru dengan newborn? Hal sederhana seperti pijat bayi menggunakan Zwitsal Baby Oil bisa jadi ide menarik nih, Moms. Momen mandi menggunakan Zwitsal 2 in 1 Hair & Body juga bisa bikin mandi jadi lebih menyenangkan. Apalagi, semua produk Zwitsal memiliki aroma yang lembut dan khas Zwitsal, yang tentunya sangat menenangkan untuk bayi maupun ibu. Bonding dengan newborn bisa sambil stimulasi agar tumbuh kembangnya optimal, Moms.

Kelas Asah: MPASI Sambil Main! Emang Boleh?

Di kelas kedua 1001 Zwitalk ini telah hadir dr. Andreas, M.Ked(Ped), Sp.A, dokter spesialis anak, sebagai pembicara kelas Asah “MPASI Sambil Main! Emang Boleh?”

Nah, untuk menjawab judul kelas kali ini, dr. Andreas langsung menjawab, “Boleh dong, tapi bukan main gadget, ya. Bermain yang boleh sambil MPASI adalah aktivitas stimulasi indra dengan makanan. Misalnya, bunda membiarkan anak memegang makanan, itu bisa jadi stimulasi sensoris, lho. Indra perasa juga bisa distimulasi dengan aneka rasa alami dan tekstur yang dikenalkan ke anak sesuai usianya.”

Pastikan usia anak sudah 6 bulan saat menikmati MPASI pertama karena kesiapan tubuh anak untuk makan baru muncul di usia 6 bulan. Menurut dr. Andreas, penting untuk mengenali tanda-tanda anak siap MPASI, seperti kepala anak sudah tegak saat didudukkan, anak mulai tertarik mencoba makanan, dan anak masih rewel karena lapar walau sudah diberi ASI.

Apa sih, menu terbaik untuk MPASI perdana? MPASI pertama perlu mencakup semua makro dan mikronutrien yang dibutuhkan anak. Komposisi utamanya karbohidrat, lemak, dan protein (lebih disarankan protein hewani karena lebih mudah diserap tubuh). Selain itu sumber vitamin dan mineral seperti sayur dan buah juga perlu diberikan.

Yang tak kalah penting, pastikan momen makannya menyenangkan ya, Moms. Agar semua indra anak terstimulasi dengan baik, biarkan anak mengeksplorasi tekstur dan ragam makanan yang ada di piringnya. Jangan takut kotor! Kan, ada Zwitsal 2 in 1 Hair & Body yang praktis dan telah diformulasikan khusus untuk bayi. Selesai MPASI, tinggal mandi pakai Zwitsal, deh. Oh ya, aroma lembut khas Zwitsal-nya juga tentunya bisa menstimulasi indra penciuman Si Kecil lho, Moms.

Kelas Asuh: A to Z Sukses Menyusui untuk Ibu Baru

“Menyusui mungkin tidak mudah, tetapi tidak mustahil,” begitu ujar dr. Lucky Yogasatria, Sp.A, dokter spesialis anak, di kelas terakhir, kelas Asuh 1001 Zwitalk berjudul “A to Z Sukses Menyusui untuk Ibu baru”.

Untuk sukses memberikan ASI ekslusif dan hingga 2 tahun, ilmu menyusui sudah perlu dikumpulkan sejak masa kehamilan. Menurut dr. Lucky, minimnya pengalaman kerap membuat ibu baru melakukan kesalahan saat menyusui, seperti tidak IMD, tidak memberikan kolostrum, dan buru-buru memberi sufor. Padahal, IMD dan ASI (khususnya kolostrum) sangat penting menjadi modal tumbuh kembang di awal kehidupan bayi.

“IMD (inisiasi menyusui dini) adalah salah satu momen bonding paling penting bagi ibu dan anak. Di sinilah pertama kali bayi mengenal puting ibu, bau tubuh ibu, dan bersentuhan langsung dengan kulit ibu. Jika bayi stabil, IMD harus dilakukan. Berdekapan dengan anak dapat menghasilkan hormon nyaman yaitu hormon oksitosin yang bikin ASI lancar. Lakukan IMD maksimal 1 jam ya, Moms,” saran dr. Lucky.

Menurut dr. Lucky, ibu baru juga sering mudah panik kalau ASI cuma sedikit, jadi buru-buru memberi sufor. Padahal, bayi baru lahir masih punya cadangan makanan dan ukuran lambungnya pun sangat kecil, sedikit ASI saja masih cukup untuk membuatnya kenyang. Untuk itu, dr. Lucky menyarankan Moms untuk mengenali tanda bayi cukup ASI: kenaikan berat badan minimal 800 gram per bulan, payudara terasa kosong setelah menyusui, bayi terlihat kenyang dan langsung tidur setelah menyusu, bayi buang air kecil minimal 6 kali sehari, dan BAB berwarna kuning setelah 3 hari (0-3 hari BAB bayi normalnya berwarna hitam).

Agar makin nyaman dan lancar menyusui, jangan lupa minta Dads lakukan pijat oksitosin ya, Moms. Caranya gunakan jempol dengan arah memutar di area punggung atas hingga batas bra. Lakukan sekitar 3-5 menit, 3 kali sehari. Pijat oksitosin ini juga bisa menggunakan Zwitsal Baby Oil, lho. Aroma khas Zwitsal yang lembut dan menenangkan bisa membuat Moms lebih rileks, sehingga ASI bisa mengalir lebih lancar, dong.

Waktunya bagi-bagi hadiah!

Setiap kelas Asih, Asah, Asuh selalu diakhiri dengan bagi-bagi hadiah untuk 9 peserta yang beruntung, lho. Moms yang namanya keluar di Wheel of Fortune berhak mendapatkan saldo e-wallet. Ada juga hampers Zwitsal untuk 3 orang dengan pertanyaan terbaik. Tersedia juga hadiah hiburan untuk 3 Moms yang beruntung.

Wah, enggak cuma banyak info dari para expert, hadiah dari Zwitsal juga ada banyak. Nah, bagi Moms yang belum beruntung atau belum berkesempatan mengikuti keseruan webinar festival 1001 Zwitalk, jangan berkecil hati karena masih ada webinar festival selanjutnya. Pantau terus di akun Instagram Zwitsal, Mother & Beyond, Klinik Kecil, dan Obrolan Parenting ya, Moms.

Jangan lupa follow akun Instagram @zwitsal_id untuk mendapatkan update jadwal kelas terbaru dari Zwitsal. Segala kelas dengan pakar kesehatan seputar 1000 HPK Si Kecil bisa Moms temukan di sini, lho. Sampai jumpa di 1001 Zwitalk Webinar Festival berikutnya! (M&B/Tiffany Warrantyasri/ND/Foto: Dok. Zwitsal)


Read Next

More Frombaby