Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Cara untuk Menidurkan Bayi dengan Cepat dan Mudah

5 Cara untuk Menidurkan Bayi dengan Cepat dan Mudah

Buat ibu baru, saat baru punya bayi, jam tidur Anda umumnya akan berantakan, karena bayi baru lahir hingga usia 6 bulan memang bisa tidur belasan jam per hari dan biasanya akan terbangun di tengah malam.

Masalahnya, jam tidur Si Kecil sering kali tak terduga dan tak jarang ia bangun di saat jam tidur kita di malam hari. Alhasil, kondisi itu akan membuat Moms dan Dads akhirnya berbagi tugas mengurus anak saat ia bangun di tengah malam. Moms mungkin saja akam menyerahkan bayi ke Dads untuk menggendongnya hingga Si Kecil terlelap, sementara Anda melanjutkan istirahat kembali.

Meminta bantuan pasangan untuk ikut merawat anak memang perlu dilakukan. Tujuannya jelas, agar Moms punya waktu istirahat yang cukup agar bisa mengisi kembali energi Anda dan merawat bayi keesokan harinya saat Dads sudah berangkat bekerja. Namun, bukan cuma stamina prima yang mesti dimiliki ibu baru lho, tapi juga kemampuan membuat bayi Anda bisa cepat tidur kembali, Moms.

Hal ini sangat penting, karena saat kita tahu teknik membuat bayi tidur cepat, meskipun Si Kecil bangun saat tengah malam atau mendadak rewel, kita akan dengan mudah bisa membuatnya tidur kembali. Nah, berikut ini cara menidurkan bayi dengan cepat dan mudah, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Alaskan tangan Anda dengan kain

Hal ini tidak cuma bisa membuat bayi nyaman saat Anda gendong, tetapi juga memudahkan Anda untuk mengelap air liur atau muntahan saat menggendong Si Kecil. Untuk jenis kainnya sendiri, pakailah kain yang bahannya lembut di tangan dan membuat nyaman bayi Anda.

2. Posisi gendong membuat bayi merasa nyaman

Gendonglah bayi dengan posisi lengan kiri Anda menahan kepala bayi dan tangan kanan memegang tubuh bagian bawah bayi. Kemudian, jika posisi tangan sudah membuat Anda nyaman menggendong dan Si Kecil tetap diam, usap-usaplah perlahan punggung bagian atasnya agar bayi merasa nyaman. Anda bisa menambahkan dengan goyangan tangan, karena gerakan menggoyang dipercaya bisa membantu bayi gampang memejamkan matanya kembali.

3. Menepuk punggung dengan lembut

Setelah mengusap-usap punggung bayi, Moms bisa cari tempat duduk untuk memangku Si Kecil. Saat berpindah posisi gendong dari berdiri menjadi duduk, pastikan Anda tidak memegang erat semua organ tubuh bayi ya, Moms, karena bagian tubuh bayi, khususnya newborn, masih ringkih dan bisa berisiko membuatnya mengalami masalah. Setelahnya, Anda bisa menepuk punggung Si Kecil. Lakukan dengan lembut dan perlahan-lahan, Moms.

4. Baringkan tubuh bayi ke pangkuan

Setelah Si Kecil merasa nyaman dengan tepukan tangan Anda, baringkan tubuh bayi ke pangkuan Anda. Ya, tepat di atas paha Anda. Saat membaringkan ke atas paha, perhatikan kepala dan dagu Si Kecil ya, Moms. Posisi kepala dan dagu bayi haruslah lebih tinggi dibandingkan tubuh dan kakinya.

Setelah itu, tepuk-tepuklah kembali punggung bayi dengan lembut. Terdengar sulit dipraktikkan? Mungkin saat melakukan pertama kali akan sulit, tetapi lama kelamaan Anda pasti bisa menguasainya kok, Moms.

5. Buat anak bersendawa dua kali

Saat menyusui penting untuk Anda membuat bayi bersendawa, Moms. Pasalnya, ketika proses menyusui pasti ada udara yang masuk ke mulut Si Kecil. Dan kalau banyak udara yang masuk ke mulutnya, itu akan membuat bayi Anda kenyang lebih cepat. Dokter spesialis anak sendiri menyarankan para ibu untuk membuat anaknya bersendawa dua kali, yaitu sebelum disusui dan sesudah disusui. Hal itu agar udara yang tertelan bisa keluar dan ASI benar-benar membuatnya kenyang.

Sementara untuk Moms yang menyusui dengan botol susu. Jangan lupa untuk membuatnya bersendawa. Karena menyusui dengan botol lebih mudah buat udara masuk ke tubuh bayi. (M&B/SW/Foto: Freepik.diller/Freepik)