Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

10 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

Moms, siapa dari Anda yang gemar minum minuman dengan rasa leci? Sudah tidak diragukan lagi ya, jika teh leci, es leci, pudding leci, atau minuman segar leci lainnya selalu berhasil menggugah selera kita, apalagi saat dinikmati dalam keadaan dingin.

Di balik berbagai variasi minuman dan makanan yang dibuat dengan leci, buah asal Cina ini ternyata memiliki segudang manfaat, lho. Kandungan nutrisi dalam leci menawarkan sejumlah keuntungan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat leci untuk kesehatan tubuh kita, Moms.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Leci kaya akan vitamin C, yaitu senyawa antioksidan utama dan dikenal untuk merangsang aktivitas sel darah putih, yang merupakan garis pertahanan utama sistem kekebalan tubuh. Konsumsi leci tentu dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh Anda dan mencegah penyakit.

2. Melancarkan pencernaan

Leci juga kaya akan serat. Serat-serat ini mengatur pergerakan usus dengan memastikan kelancarannya melalui saluran pencernaan, sehingga dapat membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit atau masalah perut lainnya. Tak hanya itu, serat dalam leci juga dapat merangsang cairan lambung dan pencernaan sehingga mendukung penyerapan nutrisi yang efisien.

3. Meningkatkan sirkulasi darah 

Kandungan tembaga yang tinggi dalam leci dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh kita. Seperti zat besi, tembaga juga bertanggung jawab untuk pembentukan sel darah merah. Lebih banyak sel darah merah berarti sirkulasi darah lebih baik serta adanya peningkatan oksigenasi pada organ dan sel.

4. Menjaga tekanan darah normal

Leci yang kaya akan potasium namun rendah sodium ini bermanfaat untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Potasium diketahui dapat mengurangi penyempitan arteri dan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular.

5. Sebagai antivirus

Proanthocyanidins yang ada dalam leci diketahui memiliki kemampuan sebagai antivirus. Lycheetannin A2, senyawa yang ada di dalam leci, dapat membantu mencegah penyebaran virus, termasuk virus herpes simpleks dan coxsackievirus.

6. Meredakan peradangan

Flavanol dalam leci diketahui memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu memerangi flu dan infeksi.

7. Baik untuk kulit

Penyebab utama penuaan adalah produksi radikal bebas yang disebabkan karena stres oksidatif yang tinggi. Nah, kandungan vitamin C dalam leci dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas ini, sehingga bisa membantu Anda untuk melawan tanda-tanda penuaan dan noda pada kulit.

8. Membantu menurunkan berat badan

Leci dapat menjadi sumber serat yang berperan penting dalam penurunan berat badan. Selain itu, leci juga terdiri dari kandungan air yang tinggi, rendah lemak dan kalori, sehingga menjadi buah yang ideal untuk membantu menurunkan berat badan kita.

9. Meningkatkan kognisi

Berdasarkan peneliti dari Southwest Medical University yang menyoroti efek neuroprotektif dari biji leci, ditemukan adanya peningkatan yang signifikan dalam fungsi kognitif dan pencegahan cedera saraf pada model tikus yang terkena penyakit Alzheimer.

10. Memperkuat tulang

Buah yang satu ini memang penuh akan nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, besi, mangan, dan tembaga. Mineral ini diketahui dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang, sehingga membuat kita kuat dan sehat.

Nah, pastikan Moms dan keluarga mengonsumsi leci dalam jumlah sedang demi mendapatkan manfaatnya (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Jcomp/Freepik)