Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

6 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Meski terkesan sepele, bau ketiak yang tak sedap dapat merugikan hidup pemiliknya dan orang-orang lain. Ya, ketiak yang berkeringat dan bau bisa mengurangi kualitas hidup seseorang dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terlebih lagi jika ketiak tetap berbau meski sudah menggunakan deodoran secara rutin. Kalau sudah begini, rasa percaya diri dapat menurun dan rasa cemas berlebih bisa meningkat. Namun, tak usah khawatir, karena M&B telah merangkum cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab bau ketiak 

Penyebab utama bau ketiak yang tidak sedap adalah pertemuan air keringat dengan bakteri. Saat tubuh kepanasan, kelenjar keringat akan mengeluarkan air keringat untuk mendinginkan tubuh.

Pada dasarnya air keringat tidaklah berbau hingga bakteri yang ada di kulit bertemu dan memecah protein keringat tersebut. Selain itu, makanan dan minuman yang Anda konsumsi berperan besar dalam pembentukan aroma keringat.

Tidak hanya saat berolahraga atau merasa panas, kelenjar keringat juga akan mengeluarkan keringat saat Anda stres. Lagi-lagi keringat yang keluar tidaklah berbau, hingga saatnya bertemu dengan bakteri di kulit.

Kelenjar keringat mulai aktif berfungsi ketika seseorang beranjak dewasa, tepatnya ketika masa puber. Maka dari itu, banyak orang mulai mengalami permasalahan bau badan atau bau ketiak di masa remaja.

Penyakit atau kondisi medis tertentu juga bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat berlebih, sehingga memicu bau ketiak yang tidak sedap. Kondisi ini disebut sebagai hyperhidrosis. Mengutip Medical News Today, hyperhidrosis sendiri dialami sekitar 3% dari seluruh populasi dunia. Hyperhidrosis biasanya tidak berbahaya, tapi terkadang disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Mengatasi bau keringat bisa berbeda-beda, tergantung kepada keparahan dan penyebabnya. Aroma yang tidak enak dapat muncul akibat kebersihan tubuh yang buruk, produk kulit yang tidak sesuai, atau kondisi medis tertentu.

Meskipun begitu, ada beberapa langkah alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi bau ketiak yang tidak sedap, yakni:

1. Menggunakan deodoran atau anti-perspirant setelah mandi setiap hari dapat membantu mengatasi bau ketiak yang muncul. Terkadang, Anda perlu mencoba beberapa produk sebelum mendapatkan yang cocok buat Anda. Anti-perspirant dapat membantu mengurangi jumlah keringat dengan menyumbat pori-pori kulit. Semakin sedikit keringat yang muncul ke permukaan kulit, maka semakin ringan pula bau ketiak Anda. Sedangkan deodoran dapat mencegah keringat agar tidak berbau dengan mengubah keasaman kulit sehingga mencegah bakteri berkembang berlebihan.

2. Mandi dengan sabun setiap hari dan setelah selesai berolahraga.

3. Selalu gunakan pakaian bersih setiap hari dan mengganti pakaian setiap usai berolahraga. Utamakan untuk menggunakan pakaian yang longgar dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun atau linen.

4. Mencukur buku ketiak bisa membantu mengurangi jumlah keringat pada ketiak dan memudahkan proses pembersihan kulit ketiak, sehingga bisa mencegah bau ketiak yang tidak sedap. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menemukan bahwa mencukur atau waxing bulu ketiak mampu mengurangi bau ketiak secara signifkan.

5. Jika Anda berkeringat secara berlebih, periksakan ke dokter tentang kondisi Hyperhidrosis. Kondisi kesehatan ini menyebabkan Anda berkeringat secara berlebihan dan membutuhkan bantuan medis.

6. Mengurangi atau menghindari stres, karena reaksi stres dapat menyebabkan kelenjar keringat memproduksi keringat. Oleh karena itu, manajemen stres dan berbagai teknik untuk mengurangi kecemasan akan bisa membantu Anda mengatasi bau ketiak yang tak sedap.

Semoga beberapa cara di atas bisa membantu Anda mengatasi bau ketiak. Selamat mencoba! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: wayhomestudio/Freepik)