Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Lindungi Kesehatan Keluarga dengan Konsultasi Dokter Online Gratis

Lindungi Kesehatan Keluarga dengan Konsultasi Dokter Online Gratis

Sebagai orang tua, adalah hal yang wajar jika Moms merasa cemas saat mendapati anak sakit walaupun sakitnya ringan. Ingin membawa Si Kecil ke dokter, Anda khawatir penanganannya akan lama karena harus antre dan anak pun bisa tambah merasa tidak nyaman.

Salah satu pilihan yang dibuat oleh kebanyakan orang tua saat anak mereka sakit adalah dengan melakukan swamedikasi atau pengobatan sendiri, yakni tindakan yang dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan dengan menggunakan obat-obatan yang dapat dikonsumsi tanpa pengawasan dari dokter.

Namun, yang perlu Anda ketahui, pemberian obat untuk swamedikasi hanya boleh dilakukan untuk jenis obat bebas dan obat bebas terbatas (yang ada bulatan hijau dan biru). Dosisnya pun tidak boleh diberikan secara asal-asalan dan harus sesuai dengan instruksi pada kemasan.

Sayangnya, orang tua bisa saja mengabaikan hal tersebut. Anda mungkin saja memberikan obat pada anak karena merasa panik, tetapi tindakan ini tentu tidak dibenarkan. Memberikan obat-obatan dengan sembarangan pada anak, seperti saat ia sedang demam, justru dapat membuat kondisinya semakin parah. Sebab, apa pun jenis penyakitnya akan lebih baik jika anak mendapat penanganan yang tepat, yaitu secara medis dan dilakukan oleh dokter.

“Perlu diingat bahwa anak bukan miniatur orang dewasa, sehingga obat-obat yang aman diberikan kepada orang dewasa belum tentu aman untuk anak-anak. Dosis pada anak juga harus dihitung sesuai usia dan berat badannya, sehingga lebih baik jika orang tua berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memberikan obat kepada Si Kecil,” jelas dr. Devie Kristiani, Sp.A, dokter spesialis anak.

Kolaborasi untuk lakukan perlindungan keluarga sehat

Kehadiran layanan konsultasi dokter secara daring bisa Moms manfaatkan agar anak bisa cepat diobati. Hal tersebut yang membuat Lifebuoy bekerja sama dengan aplikasi medis, Halodoc mengadakan kampanye #PerlindunganKeluargaSehat. Kolaborasi ini dapat memberikan layanan konsultasi dokter gratis selama 24 jam di seluruh Indonesia.

Moms pun bisa lebih mudah berkonsultasi dengan dokter ahli yang tepercaya, terutama dokter anak. Dengan begitu, Si Kecil bisa mendapatkan penanganan kesehatan yang cepat, mudah, dan tepat, serta bisa diakses kapan pun dan di mana pun melalui platform aplikasi Halodoc.

“Kami memiliki harapan di mana masyarakat Indonesia bisa terbiasa untuk berkonsultasi ke dokter. Itulah yang mendasari inisiatif kolaborasi dengan Halodoc dalam kampanye #PerlindunganKeluargaSehat untuk menyediakan layanan konsultasi dokter gratis ini. Kami juga percaya bahwa peran telehealth seperti Halodoc mampu menjawab kebutuhan orang tua akan layanan kesehatan yang bisa diakses secara cepat, mudah, dan tepercaya,” tutur Erfan Hidayat, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia.

Melalui kampanye ini, orang tua dapat lebih mudah melakukan proses konsultasi dengan layanan kesehatan yang tepat. “Dengan kemudahan yang sudah diberikan, saya berharap akan lebih banyak lagi orang yang tidak ragu berkonsultasi ke dokter agar keluarga Indonesia jadi sehat dan tidak mudah jatuh sakit,” Prof. Dr. Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, Dewan Penasihat Satgas COVID-19 PB IDI pada acara peluncuran kampanye ini.

Dengan cara yang mudah, Moms pun sudah bisa memberikan penanganan yang tepat pada Si Kecil yang sedang sakit. Hal ini tentunya sangat membantu orang tua agar anak bisa tetap sehat, tidak terkecuali bagi Nagita Slavina. Celebrity mom sekaligus ibu dari Rafathar dan Rayyanza ini pun sangat senang dengan adanya layanan ini.

“Kalau ada masalah kesehatan apalagi pada anak-anak, saya termasuk ibu yang akan langsung berkonsultasikan dengan dokter. Konsultasi dokter secara langsung atau secara daring tentu sama-sama bermanfaat. Tapi secara daring, rasanya bisa lebih mudah dan cepat, tanpa antre. Kalau sudah ke dokter, obatnya juga lebih aman dan pengobatan juga lebih tepat. Jadi, saya juga lebih tenang,” ujar Nagita.

Moms tentu sudah bisa mendapatkan layanan konsultasi dokter gratis kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc ini. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Halodoc, kemudian klik ‘Chat dengan Dokter’ dan pilih dokter dari empat pilihan spesialisasi yang tersedia. Masukkan kode ‘LIFEBUOYHALODOC’ pada halaman pembayaran dan konsultasi segera dapat dilakukan. Layanan sebagai bentuk #PerlindunganKeluargaSehat ini akan tersedia hingga pertengahan tahun 2023. Semoga bisa bermanfaat untuk Moms dan keluarga, ya. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Drazenzigic/Freepik, Lifebuoy Indonesia)