Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

4 Cara Ampuh Membersihkan Sepatu Putih

4 Cara Ampuh Membersihkan Sepatu Putih

Sepatu putih adalah salah satu fashion item paling populer dan tak lekang oleh zaman. Alasannya, sepatu putih mudah dipadupadankan dengan fashion item lain dan bisa memberikan kesan sederhana tapi tetap keren. Namun, sepatu putih dapat lebih mudah kotor jika dibandingkan sepatu warna lain. Tak hanya itu, kotoran atau noda pun akan terlihat lebih jelas pada sepatu putih.

Akan tetapi, hal-hal tersebut tak perlu menurunkan minat Anda pada sepatu putih, karena ada langkah-langkah pembersihan agar sepatu putih tetap terlihat bersih dan cerah. Mau tahu triknya? Cek cara ampuh membersihkan sepatu putih berikut ini, Moms!

1. Air hangat

Larutan air sabun yang hangat ampuh membersihkan sepatu putih dengan berbagai jenis bahan. Caranya, tambahkan 1 sendok teh sabun cair ke dalam 1 cangkir air hangat, lalu aduk hingga larut sepenuhnya. Dengan menggunakan kain lap atau sikat gigi, bersihkan sepatu dengan larutan sabun hangat hingga bersih. Jangan lupa lap sisa air sabun pada sepatu dan biarkan mengering.

2. Baking soda dan vinegar

Metode ini sangat baik untuk sepatu berbahan canvas dan sepatu dengan jenis bahan lainnya. Caranya, campur 1 sendok makan air panas dengan 1 sendok makan vinegar putih dan 1 sendok makan baking soda, lalu aduk hingga mengental seperti pasta. Kemudian, bersihkan sepatu menggunakan sikat gigi dengan pasta dalam gerakan memutar dan diamkan sepatu hingga mengering. Setelah itu, bersihkan pasta yang kering dari sepatu.

3. Pemutih

Tak hanya untuk pakaian, pemutih juga bisa membersihkan sepatu putih Anda dengan maksimal, lho. Terutama sepatu yang berbahan kain atau kanvas. Caranya, buat larutan pembersih dari pemutih dan air dengan perbandingan 1:5. Pastikan Moms tidak menggunakan pemutih melebihi perbandingan tersebut, karena hal tersebut malah bisa membuat sepatu menguning. Setelah itu, sikat sepatu Anda menggunakan sikat gigi dan larutan pembersih yang baru Anda buat, lap larutan pembersih dari sepatu Anda dengan kain basah atau lembap, kemudian biarkan mengering sendiri setidaknya selama 5 jam. Jika Moms melakukan metode ini, pastikan untuk melakukannya di ruang terbuka untuk menghindari risiko keracunan, ya.

4. Pasta gigi

Moms juga bisa gunakan pasta gigi untuk membersihkan sepatu putih, lho. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang creamy dan berwarna putih, bukan gel yang berwarna-warni. Caranya, balurkan pasta gigi pada seluruh permukaan gigi dalam gerakan memutar, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan pasta gigi dengan lap yang lembap. Moms bisa ulangi metode ini beberapa kali jika dibutuhkan.

Ingat ini!

Selain dengan trik di atas, ada beberapa hal yang Moms perlu ingat untuk menjaga kebersihan sepatu putih. Beberapa di antaranya, yakni:

1. Jangan cuci sepatu putih dengan mesin cuci, karena mesin cuci dapat merusak sepatu Anda dan membuatnya lusuh lebih cepat.

2. Usahakan untuk membersihkan sepatu putih sesegera mungkin setelah Anda mendapati adanya noda atau kotoran di sepatu.

3. Moms bisa lindungi sepatu putih Anda dengan semprotan khusus setiap beberapa minggu sekali.

4. Upayakan untuk membersihkan sepatu setiap setelah digunakan, baik mengelap dengan kain lembap atau menggunakan sikat gigi.

5. Untuk membersihkan sepatu putih dari bahan kulit, gunakan kapas atau lap basah dengan sabun.

Selamat mencoba, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)