Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tak Hanya untuk Percantik Hidangan, Ini 7 Manfaat Peterseli untuk Kesehatan

Tak Hanya untuk Percantik Hidangan, Ini 7 Manfaat Peterseli untuk Kesehatan

Bagi Moms yang suka masak, Anda tentu familiar dengan daun parsley atau peterseli. Daun ini biasanya dipakai untuk mempermanis tampilan hidangan. Ukuran daunnya lebih kecil dibandingkan seledri, dengan bentuk yang cenderung keriting dan bergerombol. Aroma peterseli cukup lembut dengan rasa yang segar dan ringan, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai garnish menu istimewa.

Meski ukurannya kecil, ternyata ada segudang gizi di dalam daun peterseli yang sangat baik buat kesehatan tubuh, mulai dari vitamin A, C, dan K, mineral, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. Ingin tahu beragam manfaat dari daun peterseli, Moms? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Mengandung antioksidan tinggi

Seperti diketahui, antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Di dalam daun peterseli, terkandung vitamin C yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mampu meningkatkan imunitas. Sedangkan karotenoid dan flavonoid menjadi zat yang terbukti mampu mengurangi risiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan karotenoid pada peterseli juga bisa membantu membuat jantung Anda lebih sehat. Zat tersebut mampu mengurangi terjadinya peradangan kronis di jantung serta mencegah tekanan darah dan kadar kolesterol LDL yang tinggi. Adanya vitamin B9 pada peterseli juga bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung, karena penurunan kadar asam amino homosistein yang dapat memengaruhi fungsi kerja arteri.

3. Memperkuat ketahanan tulang

Folat merupakan salah satu jenis zat yang bisa meningkatkan kinerja otak sekaligus menjaga kesehatan tulang. Peterseli juga mengandung folat serta vitamin K yang akan membuat tulang Anda menjadi lebih kuat seiring bertambahnya usia dan menurunkan risiko terjadinya osteoporosis dini. Si Kecil juga disarankan untuk rutin mengonsumsi peterseli, sehingga pembentukan tulang di masa pertumbuhan akan lebih optimal.

4. Membuat kulit lebih sehat

Baik kulit di area wajah maupun kulit di bagian tubuh lainnya sangat perlu untuk dijaga agar tetap sehat. Daun peterseli dengan kandungan vitamin C, kalium, zinc, dan beragam mineral ini bisa membantu Anda mengatasi hal tersebut. Vitamin C bisa memperlambat tanda-tanda penuaan dini, seperti munculnya garis dan kerutan halus pada wajah.

Sedangkan antioksidan dapat membantu memperbaiki sel dan merangsang produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih kenyal, halus, dan cerah. Sifat antimikroba pada peterseli juga bisa membantu membunuh bakteri dan mengurangi timbulnya jerawat. Kandungan dari daun peterseli ini juga mampu mengatasi sebum yang berlebihan yang bisa menyebabkan kulit kusam dan berjerawat, mengecilkan pori-pori, serta mengurangi hiperpigmentasi.

5. Menyehatkan mata

Kandungan beta karoten pada peterseli juga berperan dalam menyehatkan mata dengan mencegah degenerasi makula yang meningkatkan risiko kebutaan. Daun peterseli juga mengandung vitamin A yang baik untuk melindungi mata dari gangguan penglihatan seiring bertambahnya usia.

6. Mengatasi masalah rambut

Adanya antioksidan dalam daun peterseli juga berfungsi untuk mengatasi permasalahan rambut seperti kerontokan dan munculnya ketombe. Rutin mengonsumsi daun ini juga bisa mempertahankan warna rambut tetap berkilau dan membuat tekstur rambut menjadi lebih halus. Menggosokkan daun peterseli yang sudah dihaluskan pada kulit kepala juga bisa membantu pertumbuhan rambut.

7. Solusi untuk menjaga berat badan

Moms yang mau menurunkan berat badan bisa terbantu dengan rutin mengonsumsi minuman yang dicampur dengan peterseli. Keberadaan serat pada daun ini bisa membantu menahan nafsu makan sekaligus menjaga kinerja sistem pencernaan jadi lebih baik. Para ahli juga menyebutkan bahwa kandungan myricetin yang dimiliki daun peterseli berperan untuk mengobati dan mencegah penyakit diabetes.

Ternyata, penting juga untuk mengonsumsi daun peterseli setiap hari. Selalu sedia stoknya di rumah yuk, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Belchonock/123rf)