Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ampuh Tanpa Obat! Ini 7 Cara Menghilangkan Vertigo Secara Alami

Ampuh Tanpa Obat! Ini 7 Cara Menghilangkan Vertigo Secara Alami

Pernah merasa pusing hebat sampai sekeliling Anda tiba-tiba terasa berputar kencang? Jika ya, yang Anda alami itu adalah vertigo. “Vertigo merupakan kondisi ketika penderita merasa pusing berputar, atau bisa juga dipahami sebagai sensasi tubuh terasa melayang seakan mau jatuh,” tulis dr. Achmad Ichsan, Sp.S, Dokter Spesialis Saraf RS Hermina Serpong.

Mengutip Web MD, vertigo paling sering disebabkan karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Salah satu jenis gangguan tersebut adalah vestibular neuritis, suatu peradangan pada sistem yang mengolah informasi sensorik dan pengendali keseimbangan tubuh. Akibatnya, penderita vertigo sering merasa berputar dan kehilangan keseimbangan tubuh.

Banyak lagi penyebab lain dari keluhan vertigo, yang tentunya bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Namun, jika Anda tiba-tiba terserang vertigo, jangan panik dulu karena masalah ini bisa diredakan dengan cara-cara alami kok, Moms. Apa saja?

1. Banyak minum

Terkadang, vertigo disebabkan oleh hal sesederhana dehidrasi. Maka cara terbaik untuk mencegah dan meredakan vertigo adalah mencukupi kebutuhan harian tubuh akan cairan. Moms juga bisa minum lebih banyak air jika aktivitas meningkat atau udara sedang panas.

Kenali tanda-tanda awal vertigo: pusing, berkeringat, telinga berdengung, mual, gerak mata tidak normal, dan pandangan agak kabur. Jika tanda-tanda tersebut terjadi, Moms bisa mengonsumsi lebih banyak air putih agar vertigo cepat hilang secara alami.

2. Jangan panik

Vertigo sering terjadi secara tiba-tiba, dan wajar jika Anda panik saat sekeliling Anda terasa berputar. Jika ini terjadi, usahakan untuk jangan panik. Cobalah untuk tetap tenang, atur napas, dan jangan menggerakkan tubuh (khususnya kepala) secara mendadak.

Di kondisi ini, sistem keseimbangan tubuh sedang tidak bagus, maka gerakan kepala mendadak bisa membuat Anda hilang keseimbangan dan terjatuh. Pejamkan mata, duduk (berbaring lebih baik), dan tarik napas dalam-dalam ya, Moms.

3. Lakukan manuver Epley

Ini adalah beberapa gerakan yang ampuh mengatasi vertigo secara alami dan sudah terbukti secara penelitian. Mengutip Healthline, Moms bisa coba lakukan manuver Epley atau yang disebut manuver canalith.

1. Duduk tegak di permukaan datar dengan bantal di belakang Anda, kemudian regangkan kaki.

2. Putar kepala 45 derajat ke kanan.

3. Dengan posisi kepala masih miring ke kanan, dengan cepat rebahkan kepala ke bantal. Tahan posisi ini selama setidaknya 30 detik.

4. Perlahan putar kepala 90 derajat ke kiri, tanpa menaikkan leher.

5. Putar seluruh tubuh ke kiri.

6. Perlahan kembali ke posisi awas, menghadap depan, dan duduk tegak. Rangkaian gerakan ini bisa diulang 3 kali berturut-turut ya, Moms.

4. Mengonsumsi ginkgo biloba

Ini sudah terbukti secara penelitian bisa membantu meredakan vertigo. Ginkgo biloba bahkan sama efektifnya dengan pengobatan yang biasa dokter berikan untuk meredakan vertigo. Sekarang sudah banyak ekstrak ginkgo biloba dalam bentuk kapsul atau cairan yang bisa Moms beli di pasaran. Mengutip Healthline, sekitar 240 miligram ginkgo biloba setiap hari bisa mengurangi tanda vertigo dan membuat keseimbangan Anda membaik.

5. Jangan lupa vitamin D

Sebuah penelitian menguak fakta bahwa kekurangan vitamin D bisa memperburuk gejala pada orang dengan BPPV (benign positional paroxysmal vertigo), suatu kelainan pada telinga dalam yang dipicu oleh perubahan posisi kepala. Maka jika Anda sering mengalami vertigo, coba pastikan asupan vitamin D Anda sudah terpenuhi ya, Moms.

6. Minum air jahe

Jahe dikenal baik untuk mengurangi berbagai gejala vertigo, seperti mual, pusing, dan kepala berputar. Segelas air jahe hangat bisa menenangkan kepanikan sekaligus meredakan keluhan vertigo. Cara membuatnya: rebus jahe yang sudah dibersihkan, saring airnya, boleh ditambah madu agar lebih manis. Minum air jahe 2 kali sehari ya, Moms.

7. Cukup tidur

Ketika vertigo menyerang, tak ada cara yang lebih baik daripada mengistirahatkan tubuh Anda hingga serangan menghilang. Selain itu, memastikan kebutuhan tidur harian Anda tercukupi juga bisa mencegah vertigo, Moms. Di tengah kesibukan yang Anda jalani, cobalah untuk melakukan power nap atau tidur siang sebentar, sekitar 15 menit saja sudah cukup untuk mengembalikan tenaga dan mencegah vertigo. Bye bye, begadang! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Cookie_studio/Freepik)