Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Melegakan Hidung Tersumbat dengan Pijat Sinus

Cara Melegakan Hidung Tersumbat dengan Pijat Sinus

Apa yang biasa Moms lakukan saat mengalami hidung tersumbat? Selain mengonsumsi obat-obatan atau terapi dengan uap, hidung tersumbat ternyata bisa diatasi dengan pijat sinus lho, Moms.

Meski tak termasuk sebagai kondisi medis yang serius, hidung tersumbat tetap bisa menyebabkan beberapa gejala yang mengganggu keseharian. Area wajah yang terasa nyeri, lendir hidung yang bertambah, sakit kepala, hingga kesulitan bernapas bisa menjadi sejumlah contoh gejala utamanya.

Hidung yang tersumbat bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Alergi dan infeksi saluran pernapasan adalah yang paling utama. Dalam istilah medis, hidung tersumbat yang parah sering disebut sebagai sinusitis. Untuk mengatasinya, yuk, coba beberapa metode pijat sinus berikut ini, Moms!

Pijat sinus untuk legakan hidung tersumbat

Dilansir dari Medical News Today, pijat sinus memanfatkan tekanan lembut dan rasa hangat dari jari untuk melegakan lendir yang terkumpul di hidung. Teknik memijat dinamakan sesuai dengan letak sinusnya. Berikut ini beberapa teknik pijat sinus yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Pijat sinus frontal

Sinus frontal ada di tengah kening, melebar dari tulang alis hingga atas hidung. Peradangan pada sinus frontal bisa menyebabkan tekanan intens atau rasa sakit di belakang mata atau kening. Cara pijat sinus frontal, yakni:

1. Hangatkan telapak tangan dengan menggosokkan kedua tangan bersamaan atau rendam tangan dalam air hangat.

2. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah kedua tangan di antara tulang alis.

3. Pijat lembut dalam gerakan memutar ke arah kening luar.

4. Kembalikan arah pijatan ke tengah kening dan terus pijat ke arah kening luar.

5. Lakukan teknik ini selama 30 detik.

Pijat sinus maksilaris

Sinus maksilaris adalah rongga berbentuk piramida yang berada di belakang pipi kedua sisi hidung. Peradangan sinus maksilaris melebar dari bawah mata hingga rongga mulut. Peradangan pada sinus maksilaris dapat menyebabkan nyeri wajah dan mengucurnya ingus. Cara pijat sinus maksilaris, yakni:

1. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah di samping kedua hidung, di area tepat di bawah tulang pipi dan di atas rahang.

2. Pijat area tersebut dalam gerakan memutar.

3. Lakukan teknik ini selama 30 detik.

Pijat sinus sphenoid dan ethmoid

Sinus sphenoid berada di tengah tengkorak, belakang hidung dan di antara kedua mata. Sedangkan sinus ethmoid berada di depan sinus sphenoid. Kedua sinus ini berada di antara pangkal hidung dan tepi bagian dalam rongga mata. Peradangan pada sinus sphenoid dan ethmoid bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri wajah, dan mengucurnya ingus. Berikut ini cara pijat sinus sphenoid dan ethmoid:

1. Letakkan jempol dan jari telunjuk di pangkal hidung.

2. Temukan ruang di antara hidung dan tepi bagian dalam rongga mata, lalu tekan secara lembut area tersebut selama 15 detik.

3. Terus lakukan langkah di atas sembari membelainya dengan jempol dan jari telunjuk di sepanjang sisi hidung.

4. Lakukan langkah di atas selama 30 detik.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Wayhomestudio/Freepik)


Read Next

More Fromfamily & lifestyle