Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Cara Cepat dan Sehat Menggemukkan Badan buat yang Susah Gemuk

7 Cara Cepat dan Sehat Menggemukkan Badan buat yang Susah Gemuk
cara menggemukkan badan buat Anda yang susah gemuk

Percaya atau tidak, buat sebagian orang, menambah berat badan bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan, lho. Kekurangan berat badan sama tidak sehatnya dengan kelebihan berat badan, menurut Marjorie Nolan, MS, RD, juru bicara American Dietetic Association.

Jika Anda telah mencoba berbagai cara untuk menggemukkan badan, tapi masih belum mendapatkan hasil yang diharapkan, yuk, ikuti beberapa cara untuk menggemukkan badan buat Anda yang susah gemuk berikut ini!

1. Lebih sering makan

Memperbanyak frekuensi makan menjadi lebih sering merupakan salah satu cara efektif untuk menambah berat badan. “Ketika Anda makan lebih sering setiap beberapa jam sekali, Anda akan mengonsumsi lebih banyak kalori sekaligus mencegah Anda kehilangan massa tubuh. Itulah yang bisa membantu Anda menambah berat badan,” kata Nolan.

Supaya Anda tidak cepat merasa kenyang dan mengurangi keinginan Anda untuk lebih banyak makan dalam beberapa jam, Anda bisa menyiasatinya dengan makan dalam porsi kecil setiap kali makan.

Baca juga: 7 Makanan Sumber Energi yang Tidak Bikin Tubuh Jadi Gemuk

2. Pilih makanan yang kaya nutrisi

Nolan menjelaskan, “Makan berlebihan, terutama makan makanan rendah nutrisi dan makanan cepat saji olahan, bukanlah solusi untuk Anda yang ingin menambah berat badan.” Makanan “kosong” seperti itu hanya akan berdampak buruk buat tubuh Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap mengonsumsi makanan padat nutrisi, termasuk protein, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak sehat, sebagai makanan penambah berat badan yang lebih sehat.

3. Perhatikan minuman yang Anda konsumsi

Ketika ingin menggemukkan badan, alih-alih minum lebih banyak minuman bersoda–karena dianggap bisa menambah berat badan secara cepat–Nolan menyarankan untuk minum lebih banyak minuman berkalori tinggi yang lebih sehat, seperti jus dari 100 persen buah, smoothie, dan susu. Minuman-minuman ini akan memberi Anda lebih banyak kalori untuk menambah berat badan, bersama dengan vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh.

Akan tetapi, bagi beberapa orang, minum minuman berkalori tinggi bisa mengurangi nafsu makan. Dalam hal ini, mungkin lebih baik jika Anda menyesap minuman berkalori tinggi bersamaan dengan makanan utama. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan tambahan kalori bersama nutrisi lainnya sekaligus.

Atau, Anda juga bisa menyesap minuman berkalori tinggi 30 menit setelah makan, tidak bersamaan. Ini mungkin berhasil menambah berat badan Anda.

4. Istirahat yang cukup dan kurangi stres

Kurangnya istirahat dan stres yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab Anda susah gemuk. Faktanya, ketika Anda stres dan kurang istirahat, itu bisa menyebabkan hilangnya selera makan yang berakibat pada penurunan berat badan. Tentu bukan itu yang Anda harapkan. Karenanya, mengistirahatkan tubuh dengan cukup dan mengontrol stres bisa sangat membantu menggemukkan badan.

5. Tetap aktif berolahraga

Nolan menjelaskan bahwa, berolahraga adalah cara untuk membentuk otot. ini akan membangun jaringan otot untuk memastikan penambahan berat badan yang sehat. Selain itu, kalori yang dibuang selama Anda berolahraga juga bisa membuat lebih lapar, sehingga Anda akan makan lebih banyak.

Anda disarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 2-3 hari dalam seminggu untuk membantu penambahan berat badan yang sehat.

6. Menambah asupan karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menambah berat badan. “Jika Anda ingin menggemukkan badan, Anda perlu mengonsumsi lebih banyak pati atau karbohidrat,” kata Nolan.

Namun, ia menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyak karbohidrat sehat yang mampu membuat berat badan Anda bertambah dengan tidak mengganggu kadar glukosa dan insulin yang malah bisa menyebabkan diabetes.

Beberapa makanan tinggi karbohidrat yang lebih sehat antara lain roti multigrain, gandum, quinoa, nasi merah, barley, ubi jalar, dan kacang-kacangan.

7. Lebih banyak ngemil

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menggemukkan badan adalah dengan mengambil lebih banyak camilan. “Di malam hari tubuh menjadi sangat aktif. Sel-sel tubuh beregenerasi dan memperbaiki. Dengan ngemil sehat sebelum tidur, Anda membiarkan tubuh Anda mendapatkan lebih banyak kalori di hari itu,” kata Nolan.

Namun, Anda sebaiknya pilih camilan sehat seperti kacang-kacangan, keju, alpukat, selai kacang, dan buah-buahan kering. Nikmati camilan sebelum tidur, misalnya, roti multigrain dengan selai kacang dan alpukat.

Itulah 7 cara efektif untuk menggemukkan badan buat Anda yang susah gemuk. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Shvets Production/Pexels)