Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Yuk, Deep Talk dengan Si Kecil Supaya Bebas Drama!

Yuk, Deep Talk dengan Si Kecil Supaya Bebas Drama!

Moms pastinya mau dong jadi orang yang paling mengerti Si Kecil, baik mengerti kesukaannya, karakternya, hingga mengerti perspektifnya dalam menghadapi suatu hal. Kalau ibu dan anak lebih connect, artinya parenting pun jadi bebas drama juga kan, Moms. Nah, salah satu cara mudah untuk mengerti anak adalah dengan rutin melakukan deep talk, di mana orang tua fokus ngobrol dengan anak secara mendalam.

Mengerti akan pentingnya deep talk, Mother & Beyond x Morinaga menghadirkan webinar Dunia Generasi Platinum 2022 Spesial Hari Ibu, dengan judul “Deep Talk dengan Si Kecil untuk Parenting Bebas Drama” yang diadakan pada Sabtu, 17 Desember 2022. Webinar ini mengupas tuntas seputar deep talk bersama Krista Endinda (Early Childhood Educator) dan Reisa Broto Asmoro (Mom Influencer).

Penasaran mau tahu manfaat deep talk? Bisa nggak sih deep talk dengan anak batita? Kapan waktu terbaik untuk melakukan deep talk? Biar enggak penasaran, langsung simak ringkasan webinar ini, yuk!

Ngobrolin deep talk, yuk!

Menurut Krista Endinda, deep talk adalah pembicaraan dengan anak secara mendalam. “Membahas apa yang dipikirkan dan dirasakan anak, bukan yang ada di permukaan saja,” tambahnya. Deep talk enggak cuma bisa dilakukan dengan anak yang sudah lancar berbicara saja lho, Moms. Bayi 4 bulan ke atas atau yang sudah bisa membuat kontak mata ternyata juga sudah bisa diajak deep talk.

Anak usia bayi sampai 3 tahun mungkin belum lancar berbicara, tetapi sudah bisa diajak deep talk. Hanya saja bentuknya adalah orang tua yang mencontohkan, bukan anak yang bercerita. Orang tua bisa cerita ke anak mengenai perasaannya secara mendalam, bisa juga orang tua yang membuat asumsi perasaan anak untuk kemudian dikonfirmasi ke anak. Ini semacam pertanyaan "pancingan" untuk deep talk buat membantu anak merefleksikan emosinya.

“Deep talk membantu menstimulasi 2 dari 9 kecerdasan majemuk anak, yaitu kecerdasan berbahasa dan kecerdasan intrapersonal (kemampuan mengenali diri sendiri),” jelas Krista. 

Bunda Reisa juga rutin deep talk, lho!

Moms pasti sudah kenal dengan Reisa Broto Asmoro, mom influencer yang dekat dengan dunia kesehatan. Ternyata, Bunda Reisa juga rutin melakukan deep talk dengan kedua anaknya, Ania dan Yoda. “Sejak bayi sampai sekarang, Ania sudah rutin saya ajak deep talk. Terasa sekali manfaat rutin deep talk. Sekarang Ania memiliki kecerdasan berkomunikasi yang baik, terbuka, percaya diri saat presentasi di sekolah atau saat berbicara dengan orang banyak,” cerita Reisa.

Mengajak anak deep talk tidak selamanya lancar, Moms. Reisa pun mengaku terkadang harus lebih sabar dan kreatif dalam mengajak anak deep talk, terutama pada putranya, Yoda, yang kalau sedang tidak mood bercerita sering memberi jawaban singkat dan cepat.

Reisa mengaku tidak mau memaksa anak jika sedang tidak mood, karena deep talk harus dilakukan dengan bahagia. Maka, Reisa mengulik waktu terbaik untuk deep talk dengan kedua anaknya: Ania di pagi hari karena ia lebih morning person, sedangkan Yoda di malam hari menjelang tidur karena sudah lebih santai.

Selain dengan deep talk, mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak juga perlu stimulasi dan nutrisi terbaik, seperti nutrisi lengkap yang ada pada susu pertumbuhan Morinaga Platinum. Untuk itu, Bunda Reisa selalu memberikan susu pertumbuhan Morinaga Platinum untuk Ania dan Yoda, karena nutrisinya dibutuhkan untuk menunjang kecerdasan, daya tahan tubuh, dan tumbuh kembang anak. Morinaga Platinum juga mengandung Prebiotik GOS dan Probiotik Triple Bifidus, Tinggi AA dan DHA, Tinggi Vitamin D dan Kalsium, serta Zero sugar. Lengkap dan penting banget untuk pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil.

Kejutan seru di akhir acara

Enggak cuma bagi-bagi ilmu dan tips, webinar Morinaga ini juga bagi-bagi banyak hadiah, lho. Grace Tania sebagai host sigap banget memandu momen bagi-bagi hadiah, salah satu yang ditunggu adalah Wheel of Fortune. Di sesi ini semua nama peserta webinar yang sudah mendaftar dimasukkan ke dalam aplikasi Wheel of Fortune, kemudian pemenangnya dipilih secara acak. Kebayang dong deg-degan dan serunya? Selain itu, masih ada juga hadiah untuk penanya terbaik, lho.

Buat Moms yang belum berkesempatan untuk mengikuti serunya acara ini, silakan menonton ulang videonya di Youtube Mother & Beyond ya, Moms. Jangan lupa pantau terus akun Instagram @motherandbeyond_id dan @morinagaplatinum untuk tahu lebih banyak info acara, ya. Sampai jumpa di lain kesempatan, Moms. Terus jaga daya tahan tubuh anak dan jangan lupa dukung terus mimpi besar Si Kecil karena #WaktuTakBisaKembali.

(M&B/Tiffany Warrantyasri/Foto: Dok. M&B)