Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Cara Ampuh Membersihkan Noda pada Baju Putih

6 Cara Ampuh Membersihkan Noda pada Baju Putih

Bisa dibilang, baju putih adalah salah satu must have item bagi banyak orang. Pasalnya baju putih bisa memenuhi aspek estetika maupun fungsional, sehingga bisa dipadupadankan dengan banyak fashion item lainnya dan digunakan untuk berbagai kegiatan. Meskipun begitu, baju putih rentan kotor. Terlebih jika sudah terkena noda membandel.

Eits, tapi Moms tak perlu khawatir berlebih, karena ada kiat ampuh membersihkan noda di baju putih, kok. Mau tahu caranya? Yuk, simak tips berikut ini, Moms!

1. Rendam sebelum mencuci

Untuk noda membandel, Moms bisa merendam baju putih dengan air hangat dan detergen selama 30-40 menit sebelum dicuci. Selain dengan detergen, Anda juga bisa gunakan cairan penghilang noda dengan mengoleskannya pada noda sebelum direndam. Setelah itu, Moms bisa cuci baju putih sesuai dengan ritual mencuci Anda.

2. Digosok lembut

Biasanya, merendam dengan air hangat, detergen, dan cairan penghilang noda mampu membersihkan noda pada pakaian putih. Meskipun begitu, ada noda yang lebih sulit hilang. Biasanya noda seperti ini sudah dibiarkan terlalu lama sehingga menempel erat pada bahan pakaian. Untuk membersihkannya, Moms bisa oleskan detergen pada area noda dan menggosoknya dengan tangan sebelum dicuci dengan mesin cuci.

Baca juga: 4 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Jamur di Baju

3. Soda kue

Sodium bicarbonate atau yang lebih sering disebut dengan soda kue adalah salah satu pembersih alami terbaik, tak terkecuali saat membersihkan noda di pakaian putih. Caranya, buat pasta soda kue dengan mencampur 1 sendok makan soda kue dengan air, vinegar putih, atau hidroperoksida, lalu oleskan pada noda. Moms juga bisa menambah soda kue pada ritual mencuci sehari-hari Anda atau merendam pakaian dalam air campuran baking soda semalaman.

4. Gunakan pemutih pakaian

Jangan ragu untuk menggunakan pemutih pakaian pada baju putih Anda yang memiliki noda membandel, Moms. Anda bisa menggunakan pemutih pakaian dalam ritual mencuci sehari-hari atau mengoleskannya hanya pada noda membandel.

Namun, pastikan Anda memisahkan pakaian berwarna putih dengan pakaian berwarna lainnya untuk mencegah kelunturan atau berpindahnya warna pakaian. Selain itu, jangan lupa juga untuk periksa label pakaian Anda sebelum mencuci dengan pemutih, karena ada beberapa bahan pakaian yang bisa rusak jika dicuci menggunakan pemutih.

5. Vinegar putih

Selain sebagai bahan atau bumbu makanan, vinegar putih bisa berperan sebagai pembersih pakaian yang ampuh lho, Moms. Vinegar putih terbukti mampu membersihkan berbagai jenis noda, termasuk noda darah, keringat, atau noda kekuningan lainnya. Caranya, oleskan vinegar putih pada area noda di baju sebelum Anda mencucinya. Selain itu, Moms bisa campur vinegar putih dengan soda kue agar khasiat pembersihnya lebih ampuh.

6. Garam

Tahukah Moms bahwa garam bisa membantu membersihkan noda di baju putih? Ya, ternyata menambahkan garam pada air dingin sebagai rendaman pakaian putih bisa mendorong pembersihan noda di baju putih. Diamkan rendaman selama beberapa jam, lalu tambahkan detergen dan cuci seperti biasa. Cara ini ampuh untuk mengatasi noda wine dan berbagai jenis noda lainnya di baju putih.

Selamat mencoba, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)