Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Biang Keringat di Ketiak Anak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biang Keringat di Ketiak Anak, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Biang keringat merupakan masalah kesehatan kulit ringan yang bisa dialami siapa saja, terutama pada anak-anak. Biang keringat di ketiak adalah jenis biang keringat yang sering ditemui pada anak-anak.

Tanda-tanda gangguan ini bisa berupa ruam kemerahan yang disertai dengan gatal dan sensasi panas di bagian ketiak. Tentunya ini bisa memberikan rasa tidak nyaman pada Si Kecil ya, Moms. Pemberian obat biasanya bisa membantu mengurangi gejalanya. Namun, apa sih penyebab biang keringat di ketiak pada anak?

Penyebab biang keringat di ketiak pada anak

Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab biang keringat di ketiak pada anak, Moms, yakni:

1. Cuaca panas dan suhu lembap

Salah satu penyebab pertama munculnya biang keringat di ketiak anak adalah akibat cuaca panas dan suhu yang lembap. Bagaimana tidak, cuaca panas dan suhu yang lembap bisa merangsang kelenjar keringat untuk menghasilkan lebih banyak keringat. Keringat yang dihasilkan ini akan bercampur dengan bakteri dan kuman kulit ketiak. Inilah yang menyebabkan munculnya ruam-ruam merah dan gatal di ketiak anak.

2. Pakaian yang tidak menyerap keringat

Tak hanya cuaca panas dan suhu yang lembap, ternyata mengenakan pakaian dengan bahan yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik juga bisa menjadi penyebab munculnya biang keringat pada anak. Pilihlah pakaian berbahan katun yang nyaman sekaligus bisa menyerap keringat dengan baik. Pakaian jenis ini bisa mencegah munculnya biang keringat.

3. Mengonsumsi makanan tertentu

Mengonsumsi makanan tentu juga bisa menjadi penyebab munculnya biang keringat di ketiak. Beberapa makanan memang diketahui bisa memicu munculnya keringat berlebih, misalnya, makanan pedas dan panas. Mengurangi makanan-makanan tersebut bisa membantu mencegah munculnya biang keringat di ketiak anak.

4. Belum berkembangnya kelenjar keringat

Satu lagi penyebab munculnya biang keringat di ketiak anak adalah karena belum berkembangnya kelenjar keringat dengan sempurna. Ini merupakan kondisi yang normal ditemui pada anak-anak.

Untuk menyiasatinya, sering-seringlah menyeka keringat anak dengan tisu kering atau handuk kering bersih, agar keringat tidak menumpuk dan bercampur kuman, yang bisa menyebabkan munculnya biang keringat pada Si Kecil.

Cara mengatasi biang keringat di ketiak pada anak

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi biang keringat di ketiak anak, antara lain:

1. Batasi waktu bermain anak di bawah terik matahari

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi biang keringat pada anak adalah dengan membatasi waktu bermainnya di bawah terik matahari. Seperti yang diketahui, cuaca panas dan suhu yang lembap bisa menjadi faktor pemicu munculnya biang keringat pada anak.

Namun, bukan berarti Anda harus melarang Si Kecil main di luar ruangan. Cukup batasi saja waktu bermainnya. Dan setelah bermain di bawah panasnya sinar matahari, ajak Si Kecil ke tempat teduh dan segera ganti bajunya dengan baju yang bersih dan kering.

2. Cukupi kebutuhan cairan anak

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan anak, terlebih saat ia sangat aktif main di luar ruangan. Selain mencegahnya mengalami dehidrasi, mencukupi cairan juga bisa mencegah Si Kecil dari biang keringat di ketiak lho, Moms.

3. Berikan pakaian yang menyerap keringat

Cara terakhir untuk mengatasi biang keringat pada anak adalah dengan memastikan Si Kecil mengenakan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik, misalnya pakaian yang berbahan katun. Selain bisa memberikan kenyamanan dan membuat kulit Si Kecil tetap sejuk di cuaca panas, daya serap yang baik pada bahan katun juga bisa mencegah munculnya biang keringat pada anak.

Jenis-jenis biang keringat pada anak

Meskipun sering dianggap sebagai masalah kesehatan kulit yang ringan, biang keringat tidak bisa Anda sepelekan begitu saja lho, Moms. Pasalnya, ada beberapa jenis biang keringat lain yang membutuhkan cara penyembuhan yang berbeda dengan jenis biang keringat pada umumnya. Berikut ini jenis-jenis biang keringat pada anak.

Miliaria rubra. Jenis biang keringat yang satu ini ditandai dengan munculnya ruam dan benjolan merah disertai rasa gatal. Miliaria rubra biasanya muncul di tempat paling dalam di bagian kulit, sehingga bisa memunculkan rasa tidak nyaman pada Si Kecil.

Miliaria crystalline. Jenis biang keringat yang satu ini merupakan jenis yang paling sering ditemui pada Si Kecil. Miliaria crystalline biasanya ditandai dengan munculnya benjolan, tetapi tidak gatal dan tidak terasa sakit.

Miliarina profunda. Miliarina profunda merupakan jenis biang kering yang biasanya muncul akibat keringat berlebih, yang ditandai dengan benjolan seperti jerawat, tetapi tidak berwarna merah, dan memiliki sensasi panas yang intens.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi biang keringat pada anak. Menjaga kebersihan tubuh Si Kecil dan mencukupi kebutuhan cairannya setiap hari bisa membantunya terhindar dari masalah biang keringat, Moms. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Freepik)


Read Next

More Fromtoddler