Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Cara Membuat Badan Wangi Secara Alami Tanpa Parfum

Cara Membuat Badan Wangi Secara Alami Tanpa Parfum

Aktivitas yang padat dan dilakukan di luar ruangan sering kali bikin tubuh gampang berkeringat, yang bisa menimbulkan bau badan. Buat Anda yang mungkin sering mengalaminya, hal ini tentu bisa menurunkan percaya diri dan menyebabkan rasa tak nyaman. Tapi tenang, Anda bisa usir bau badan dan bikin badan wangi secara alami tanpa bantuan parfum. Yuk, ikuti caranya di bawah ini!

1. Menggunakan deodoran

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat badan tetap wangi meski tidak memakai parfum adalah dengan menggunakan deodoran. Faktanya, deodoran memang dirancang untuk mencegah keluarnya keringat berlebih di area ketiak dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Saat ini sudah tersedia beragam jenis deodoran, mulai dari yang berbentuk roll on, powder, hingga spray. Pilih salah satu yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

2. Memakai bedak

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh tetap wangi tanpa parfum adalah dengan memakai bedak. Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang mungkin tidak cocok menggunakan deodoran berbahan kimiawi.

Bedak yang Anda pakai adalah bedak khusus untuk menghilangkan bau badan tak sedap dengan cara mencegah keluarnya keringat berlebih. Anda bisa taburkan bedak khusus ini setiap selesai mandi di area ketiak dan bagian tubuh lainnya yang mudah mengeluarkan keringat. Ini akan membuat tubuh Anda wangi sepanjang hari.

3. Menjaga badan tetap lembap

Cara berikutnya untuk membuat tubuh tetap wangi adalah dengan menjaganya tetap lembap. Salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga tubuh tetap lembap adalah dengan memakai pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat dengan baik. Atau, untuk mengatasi rasa gerah, bawalah selalu kipas angin portable yang bisa meminimalisir produksi keringat yang keluar.

4. Mengenakan pakaian yang bersih dan wangi

Memakai pakaian yang wangi, bersih, dan nyaman juga bisa membantu menjaga tubuh tetap wangi meski tanpa parfum. Sebaliknya, menggunakan pakaian kotor ditambah dengan keringat dan kotoran bisa menyebabkan munculnya bau badan.

Karena itu, pastikan Anda mengganti pakaian setiap harinya. Cuci pakaian, jaket, dan kaus kaki secara rutin, sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap dari tubuh. Saat mencuci pakaian, gunakan pewangi pakaian yang bisa membantu menyamarkan bau badan dengan lebih baik.

5. Mandi secara teratur

Selain menggunakan pakaian yang bersih dan wangi, mandi secara teratur, setidaknya 2 kali sehari, bisa membantu membersihkan dan menjaga kelembapan kulit, sehingga tubuh lebih segar dan harum. Setelah mandi, pastikan untuk mengeringkan tubuh dengan benar, sehingga tidak berisiko menimbulkan bau tidak sedap di tubuh.

6. Menjaga kebersihan kaki dan ketiak

Sangat penting untuk bisa menjaga kebersihan area tubuh tertentu seperti bagian kaki dan ketiak. Alasannya, area tubuh tersebut merupakan bagian tubuh yang sering kali menimbulkan bau badan ketika tidak terjaga kebersihannya dengan benar. Cara menjaga kebersihan kaki dan ketiak adalah dengan selalu mencuci kaki setelah beraktivitas di luar ruangan dan mencukur bulu ketiak secara teratur (dan benar) untuk mengurangi ekskresi keringat.

7. Menggunakan body scrub

Mandi teratur saja mungkin tidak cukup untuk mengangkat kotoran-kotoran di tubuh secara optimal. Untuk itu, Anda perlu memasukkan penggunaan body scrub, setidaknya 2 kali seminggu, ke dalam rutinitas perawatan tubuh Anda. Body scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Menggunakan body scrub juga bisa membuat kulit terlihat lebih bersih, cerah, dan wangi.

8. Mengurangi konsumsi makanan yang berisiko menyebabkan bau badan

Satu lagi cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh lebih wangi meski tanpa parfum, yaitu dengan mengurangi makanan yang berisiko menyebabkan bau badan. Beberapa makanan memang bisa berisiko menyebabkan bau badan, seperti bawang putih, petai, dan jengkol.

Meskipun sudah menggosok gigi setelah makan makanan tersebut, sari-sari dari makanan berbau tajam itu bisa terserap ke dalam pori-pori kulit tubuh, yang kemudian bisa keluar melalui keringat. Itulah yang menyebabkan munculnya bau badan. Namun, bukan berarti Anda harus menghindari makanan berbau tajam itu selamanya, tetapi cukup kurangi konsumsinya.

Itulah 8 cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap wangi meski tanpa parfum. Setelah mengetahui cara-cara di atas, tidaklah sulit untuk tampil segar dan wangi sepanjang hari, bukan? (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Master1305/Freepik)