Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Tidak Hanya Usir Bau Badan, Ini 5 Manfaat Tawas untuk Ketiak

Tidak Hanya Usir Bau Badan, Ini 5 Manfaat Tawas untuk Ketiak

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang benar-benar perlu dijaga kebersihannya, karena bagian tubuh ini paling rentan menimbulkan bau tak sedap dan keringat berlebih. 

Untuk merawat dan membersihkan ketiak, selain dengan deodoran, Anda juga bisa menggunakan tawas sebagai pilihan. Tawas, atau dikenal juga dengan nama alum, adalah bahan alami yang telah lama digunakan dalam perawatan tubuh, terutama untuk mengatasi masalah bau badan. Penggunaan tawas untuk ketiak makin populer karena manfaatnya yang beragam dan sifatnya yang aman bagi kulit. Berikut ini manfaat tawas untuk ketiak.

1. Mengatasi bau tak sedap dari ketiak

Salah satu manfaat utama tawas adalah kemampuannya mengatasi bau tak sedap di ketiak. Bau tak sedap di ketiak sebenarnya muncul dari kuman dan bakteri yang berkembang biak. Dikutip dari Journal of Clinical and Health Sciences, tawas bekerja dengan cara menetralkan bakteri penyebab bau. Ketika diaplikasikan pada ketiak, tawas membantu menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat mengurangi bau yang tidak sedap.

2. Mengurangi keringat berlebih

Meskipun tawas tidak sepenuhnya mencegah keluarnya keringat, penggunaannya bisa membantu mengurangi kelembapan di area ketiak. Tawas membentuk lapisan pelindung tipis di permukaan kulit yang membantu mengurangi produksi keringat berlebih.

3. Mencerahkan kulit ketiak

Ketiak yang gelap bisa sangat mengganggu penampilan dan percaya diri ya, Moms. Ada beberapa penyebab ketiak menjadi gelap, seperti penumpukan sel kulit mati, iritasi akibat penggunaan deodoran, dan kebiasaan mencukur bulu ketiak. Untuk membantu mengatasi ini, Moms bisa gunakan tawas. Penggunaan tawas secara teratur bisa membantu mencerahkan kulit ketiak. Sifat astringen tawas membantu dalam proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah.

4. Melembutkan ketiak saat habis dicukur

Kebiasaan mencukur bulu ketiak bisa membuat kulit jadi kasar. Namun, Anda bisa menghindari kulit ketiak jadi kasar dengan menggunakan tawas. Tawas bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi setelah bercukur. Penggunaan tawas setelah bercukur mampu mengurangi rasa gatal dan mencegah ruam, sehingga kelembapan kulit ketiak pun terjaga.

5. Alami dan aman untuk kulit sensitif

Buat Moms yang memiliki kulit sensitif, menggunakan deodoran berbahan kimia akan menyebabkan iritasi pada kulit ketiak. Pasalnya, deodoran tersebut umumnya mengandung senyawa kimia yang dapat mengiritasi kulit sensitif, seperti paraben, triklosan, dan alkohol. Sebagai pengganti deodoran, Anda bisa gunakan tawas. Dengan kandungan alaminya, tawas tidak menyebabkan iritasi pada kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Ini menjadikannya alternatif yang aman dibandingkan deodoran berbahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi.

Cara menggunakan tawas untuk ketiak

Jika Moms ingin memakai tawas, Anda bisa ikuti langkah-langkah penggunaannya berikut ini.

1. Setelah mandi, keringkan tubuh terlebih dahulu dengan handuk.

2. Basahi tawas dengan air secukupnya.

3. Oleskan tawas pada ketiak, lalu gosok dengan gerakan atas bawah atau memutar.

4. Pastikan tidak ada bagian tawas yang kasar, yang bisa melukai kulit Anda.

5. Biarkan ketiak mengering dengan sendirinya, setelah itu Anda bisa memakai baju.

Itulah manfaat tawas untuk ketiak dan cara menggunakannya. Tawas bisa menjadi solusi alami untuk perawatan ketiak. Selain harganya yang terjangkau, tawas mudah ditemukan di pasaran. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)