Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Meditasi Bisa Mengurangi Stres

Meditasi Bisa Mengurangi Stres

Padatnya aktivitas sering membuat kita stres. Tapi Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab sebuah studi terbaru menyebutkan meditasi dapat berdampak instan untuk mengurangi stres yang dialami. “Banyak orang yang melaporkan bahwa berlatih meditasi dapat mengurangi stres. Meski begitu kami melakukan penelitian berapa lama waktu meditasi yang harus dilakukan agar bisa bermanfaat bagi kesehatan dan mengurangi stres,” ujar J. David Creswell, selaku pemimpin studi, seperti dikutip melalui Dailymail UK.

 

Dalam studi ini, Creswell dan timnya melakukan penelitian selama tiga hari berturut-turut kepada 66 orang berusia 18-30 tahun. Saat penelitian, beberapa partisipan melakukan teknik meditasi bernama 'mindful meditation' yang sudah berkembang sejak tahun 1970-an sekitar 25 menit dan diberikan latihan pernapasan. Sedangkan partisipan lainnya dalam kelompok ke-2 mengikuti program latihan kognitif. Mereka diminta untuk secara kritis menganalisis puisi sebagai upaya meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

 

Para ilmuwan kemudian meminta semua partisipan untuk berpidato dan mengerjakan tugas matematika di depan penilai-penilai berwajah tegas. Setelah memeriksa tingkat stres dan didukung oleh pemeriksaan sampel air liur setiap individu, partisipan yang mengikuti latihan mindful meditation tidak terlalu stres sewaktu berpidato dan mengikuti tes matematika. Dengan kata lain, meditasi dapat memupuk ketahanan psikologis terhadap stres. Menariknya, dari sisi biologi, berlatih meditasi juga berperan menurunkan reaktivitas hormon kortisol. Jadi sediakan waktu Anda selama 25 menit dalam sehari untuk meditasi ya, Moms! (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)