Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

8 Manfaat Kailan, Sayuran Hijau Khas Chinese Food, untuk Kesehatan

8 Manfaat Kailan, Sayuran Hijau Khas Chinese Food, untuk Kesehatan

Kalau ngomongin chinese food, kailan mungkin jadi salah satu primadonanya ya, Moms. Sayuran ini memang sering digunakan dalam masakan China, terutama dalam masakan Kanton, lazim ditumis dengan bumbu jahe dan bawang putih, atau direbus dan dihidangkan bersama saus tiram.

Meski memasaknya cukup sederhana, mudah, dan cepat, kailan kaya akan nutrisi yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, Moms.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Setidaknya ada 41 mg kandungan vitamin C di dalam kailan. Artinya, sayuran ini mampu membantu menambah daya tahan tubuh sehingga Anda dan keluarga jadi tidak mudah sakit. Selain itu, kailan mengandung vitamin E yang tidak hanya meningkatkan fungsi sistem imun, tetapi juga mencegah infeksi virus maupun bakteri dalam tubuh.

2. Menangkal radikal bebas

Antioksidan merupakan zat yang bisa membantu tubuh menangkal kerusakan oksidatif karena radikal bebas dalam tubuh. Jadi, risiko kanker juga akan menurun dan metabolisme tubuh bisa meningkat. Kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang membantu penyerapan vitamin C ini juga terdapat di dalam kailan yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

3. Menjaga kesehatan mata

Kailan juga tinggi akan kandungan beta karoten yang serupa dengan vitamin A. Kandungan ini mampu mencegah berbagai masalah pada kesehatan mata, mulai dari katarak, gangguan penglihatan di malam hari, serta retinitis pigmentosa, yaitu kelainan genetik langka yang mengakibatkan kerusakan pada sel retina.

4. Menguatkan tulang dan sendi

Selain vitamin C, ada berbagai jenis vitamin lainnya dalam kailan. Salah satunya vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah dengan "mengaktifkan" protein tertentu dan memberinya kemampuan untuk mengikat kalsium untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Tak hanya itu, kailan juga mengandung vitamin B6 yang bisa mencegah peradangan serta nyeri sendi, sehingga Anda pun bisa bergerak lebih aktif.

5. Menurunkan berat badan

Kailan merupakan jenis sayuran yang rendah kalori dan tinggi protein. Hal ini bisa membuat Moms merasakan kenyang lebih lama. Sayur ini juga tinggi akan kandungan air dengan kepadatan energi yang rendah, sehingga membantu menurunkan berat badan jika Anda rutin mengonsumsinya.

6. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Seperti disebutkan, ada banyak kandungan vitamin dan mineral dalam kailan. Vitamin K yang tidak hanya menjaga kepadatan tulang, tetapi juga menurunkan risiko penyakit jantung. Ada juga kandungan asam omega-3 yang bisa mengurangi kadar gula dalam darah sehingga mencegah terjadinya diabetes. Belum lagi vitamin B6 yang bisa memperbaiki kerusakan pembuluh darah.

7. Melancarkan pencernaan

Kailan juga kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Efeknya akan membuat sistem pencernaan kita jadi lebih lancar. Dengan begitu, buang air besar pun akan lancar dan mencegah munculnya gangguan sembelit.

8. Meningkatkan produksi ASI

Untuk ibu menyusui, sangat baik jika Anda mengonsumsi kailan secara rutin, karena di dalamnya terkandung kalsium dan zinc yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Nutrisi lain pada kailan, seperti asam folat, juga akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan otak dan saraf bayi.

Selain ditumis, Moms juga bisa mengolah kailan menjadi menu lainnya, seperti dijadikan hidangan cah atau dibuat krispi. Apa pun sajiannya, semoga manfaat dari kailan bisa membuat Anda dan keluarga jadi lebih sehat ya, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Topntp26/Freepik)