Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

5 Makanan yang Menjadi Penyebab Bau Badan

5 Makanan yang Menjadi Penyebab Bau Badan

Bau badan bisa bikin kita jadi merasa minder dan tidak pede. Bau badan sendiri sebenarnya ditentukan oleh 3 faktor: genetik, kesehatan secara keseluruhan, dan kebersihan pribadi.

Namun, jika Anda sudah berusaha menjaga kesehatan dan kebersihan diri, tapi Anda merasa bau badan masih tidak sedap, bisa saja hal tersebut berasal dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Ya, ternyata pola makan juga bisa berpengaruh terhadap bau badan lho, Moms. Pasalnya, beberapa makanan memang bisa menjadi penyebab bau badan. Makanan bisa mengubah bau badan karena produk sampingannya akan dikeluarkan tubuh melalui keringat setelah dipecah tubuh. Nah, jika Anda sedang berkeringat, makanan penyebab bau badan ini bisa semakin memperkuat aroma tak sedap yang keluar dari tubuh Anda.

Bahkan beberapa makanan yang terkenal sehat juga bisa menyebabkan timbulnya bau badan. Namun, Anda tak harus menghindari makanan tersebut, karena nutrisi yang dikandungnya sangat penting buat tubuh kita. Anda hanya perlu mengontrol makanan yang dikonsumsi untuk bisa membantu mengurangi dan mengatasi bau badan yang tak sedap.

Berikut ini adalah 5 makanan yang bisa menyebabkan bau badan.

1. Bawang-bawangan

Makanan pertama yang menjadi penyebab bau badan adalah bawang-bawangan seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai. Setelah dikonsumsi, bawang akan terurai di dalam tubuh dan diubah menjadi zat berbau lain yang bercampur dengan bakteri dan keluar melalui keringat. Jika ingin makan-makanan yang mengandung banyak bawang, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya guna membantu membuang partikel makanan dengan cepat.

2. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous merupakan sayuran yang masuk dalam klasifikasi Brassica. Sayuran ini mengandung sulfur yang cukup tinggi sehingga menimbulkan rasa pahit dan bau yang tajam. Sulfur yang diserap oleh tubuh akan dikeluarkan dalam bentuk keringat sehingga memengaruhi bau badan Anda.

Beberapa contoh sayuran cruciferous adalah brokoli, kubis, lobak, kale, dan kembang kol. Sering mengonsumsinya bisa menyebabkan bau badan. Karena itu, tak ada salahnya jika Anda sesekali menggantinya. Pilih buah dan sayuran yang tidak mengandung banyak sulfur seperti labu, ubi jalar, terung, jeruk, dan persik.

Namun, jika Moms tetap ingin memasak sayuran cruciferous, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu untuk menghilangkan sebagian besar baunya. Anda juga bisa menambahkan bumbu seperti ketumbar, jahe, dan kunyit untuk menghilangkan aroma sulfur.

3. Daging merah

Inilah alasan lain Anda harus membatasi konsumsi daging, terutama daging merah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Chemical Senses, wanita menilai sampel keringat pria yang vegetarian jauh lebih menarik dibandingkan pria yang baru saja mengonsumsi daging merah.

Hal ini dikarenakan daging merah lebih sulit dicerna, sehingga meninggalkan residu di saluran pencernaan yang akhirnya bercampur dengan bakteri dan kemudian dikeluarkan melalui keringat. Namun, jika Anda penyuka daging, Anda bisa mengurangi konsumsi daging merah dengan makan lebih banyak daging putih seperti daging ayam.

4. Makanan berempah

Rempah-rempah yang memiliki cita rasa kuat juga bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap, seperti jinten, bumbu kari, cabai rawit, dan lobak pedas. Rempah-rempah bisa menambah rasa pada makanan dan membuat anda berkeringat. Semakin banyak anda berkeringat, semakin besar kemungkinan bakteri muncul.

Menurut Medical Daily, Ibu hamil yang rutin mengonsumsi makanan berempah seperti kari dan jinten bisa memengaruhi bau badan bayi yang baru lahir. Jadi, sebagai gantinya Moms bisa menggunakan kapulaga, biji aromatik dari keluarga jahe yang meninggalkan aroma yang jauh lebih menyenangkan.

5. Alkohol

Minuman yang satu ini bisa menjadi alasan terbesar anda punya bau badan tak sedap. Saat Anda mengonsumsi alkohol, sebagian besar diproses oleh hati menjadi asam asetat dan sebagian dilepaskan melalui keringat dan sistem pernapasan. Sekarang Anda tahu, bukan hanya napas Anda yang berbau alkohol keesokan harinya, tetapi juga tubuh Anda.

Itu dia 5 makanan yang menyebabkan bau badan. Meskipun makanan ini mungkin bertanggung jawab atas bau badan Anda, penting juga untuk menjaga kebersihan pribadi Anda buat menghindari munculnya bau badan tak sedap. Pastikan juga asupan air Anda tercukupi ya, Moms. (M&B/Thalita Putik Arawanda/SW/Foto: KamranAydinov/Freepik)