Type Keyword(s) to Search
BABY

Catat! Ini Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Dimiliki

Catat! Ini Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Dimiliki

Salah satu hal menantang dari merawat bayi baru lahir adalah memandikannya. Betul enggak, Moms? Apalagi bila sesi memandikan bayi merupakan pengalaman pertama Anda, rasa panik pun mungkin akan menghampiri.

Namun kekhawatiran atau ketakutan Anda saat sesi memandikan bayi baru lahir bisa ditumpas dengan cara menyiapkan berbagai perlengkapan mandi khusus untuk bayi baru lahir. Nah, apa saja perlengkapan mandi Si Kecil yang harus dimiliki? Cek daftarnya berikut ini ya, Moms!

1. Bak mandi bayi

Setelah tali pusarnya lepas, Moms bisa mandikan buah hati Anda di bak mandi khusus bayi. Selain lebih aman, penggunaan bak mandi bayi ini bisa lebih mempermudah sesi memandikan Si Kecil. Pasalnya, bak mandi bayi biasanya didesain khusus untuk menggendong bayi saat mandi dan memiliki penyangga leher. Pastikan Moms memilih bak mandi berbahan plastik yang kuat, bertekstur dan memiliki kaitan pelindung untuk mencegah bayi tergelincir.

2. Termometer air mandi

Bila Moms memilih memandikan Si Kecil di bak mandi, pastikan ia mandi dengan suhu air yang ideal. Seperti diketahui, bayi belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri, sehingga ia bisa dengan mudah merasa kedinginan atau kepanasan. Untuk itu, memiliki termometer air mandi bisa menjadi solusi mudah untuk memastikan Si Kecil mandi dengan suhu air yang tepat.

3. Gayung bilas

Membilas tubuh bayi setelah mandi menggunakan tangan rasanya mungkin kurang praktis dan efisien. Karena itu, Moms perlu memiliki gayung bilas agar sesi membilas tubuh Si Kecil lebih cepat dan efektif. Moms bisa memilih gayung bilas berbahan plastik dan bila memungkinkan pilih juga jenis gayung bilas yang dilengkapi pelindung untuk mencegah air masuk ke mata bayi Anda.

4. Perlak mandi

Bila Moms belum siap atau masih takut memandikan Si Kecil di bak mandi, Anda bisa menggunakan perlak sebagai alas mandinya. Pastikan Anda memilih perlak mandi yang memiliki fitur antiselip untuk membuat Si Kecil tetap stabil saat Moms memandikannya. Biasanya perlak mandi dengan fitur ini berbahan vinyl atau PVC. Pilih juga perlak bak mandi yang tidak mengandung BPA atau alergen seperti lateks.

5. Waslap

Bayi baru lahir kerap mengalami cradle crap dan kulit kering, sehingga sesi menggosok tubuh Si Kecil saat mandi tentunya tak boleh dilewatkan, Moms. Untuk membersihkannya, Anda perlu menggunakan benda yang higienis seperti waslap. Pilihlah waslap atau kain lap berbahan katun yang lembut dan tipis untuk menggosok tubuh Si Kecil. Untuk lebih memudahkan Anda, Moms juga bisa memilih waslap yang berbentuk sarung tangan.

6. Sabun dan sampo

Kulit Si Kecil yang lembut dan halus memerlukan perawatan khusus. Pastikan Moms memilih produk sabun dan sampo khusus bayi, karena jika Moms mengaplikasikan produk perawatan tubuh orang dewasa kepada bayi baru lahir, produk tersebut akan terlalu keras untuk kulitnya yang masih sensitif dan produk tersebut kemungkinan juga mengandung iritasi atau alergen. Pilihlah sabun dan sampo yang terbuat dari bahan-bahan natural, tidak mengandung banyak bahan kimia berbahaya, dan lulus uji hypoallergenic.

7. Mainan

Mandi tak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan sesi bermain. Adanya mainan saat mandi juga memungkinan bayi Anda belajar hal baru. Karena itu, tak ada salahnya jika Moms menyediakan mainan saat Si Kecil mandi. Bebek karet merupakan mainan mandi klasik untuk bayi yang paling mudah ditemukan. Untuk mengasah keterampilan motoriknya, Moms juga bisa memberikan mainan cangkir berbahan plastik atau bersenang-senang dengan busa.

8. Handuk

Setelah mandi, tentunya Moms perlu membasuh tubuh Si Kecil hingga kering. Untuk bayi baru lahir, sebaiknya Moms memilih handuk yang dilengkapi hoodie atau penutup kepala yang bisa melindungi area kepala bayi setelah mandi. Dengan begitu, Moms tak perlu khawatir Si Kecil kedinginan. Pastikan juga Anda memilih handuk dengan bahan katun yang lembut dan cepat menyerap.

So Moms, tak perlu bingung lagi, ya. Yuk, segera lengkapi perlengkapan mandi buah hati Anda! (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)