Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda

Manfaat Blueberry untuk Kesehatan, Bisa Bikin Awet Muda

Ada banyak buah yang berukuran kecil, tapi ternyata punya kandungan nutrisi yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah blueberry, jenis buah beri yang sangat identik dengan warna birunya.

Blueberry sendiri merupakan buah yang berasal dari Amerika Utara, tapi juga tumbuh di wilayah Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Tak hanya rasanya yang enak–manis dan menyegarkan–buah ini juga padat nutrisi, lho.

Blueberry kaya akan vitamin, seperti vitamin B6, C, E, dan K. Vitamin C dalam blueberry bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Antioksidan lain yang ada dalam buah ini yaitu antosianin dan flavonoid. Tak hanya itu, blueberry juga punya kandungan mineral penting, seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan folat.

Dengan beragam kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, rutin mengonsumsi blueberry tentunya akan membuat Moms memperoleh berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan seperti berikut ini.

1. Melindungi organ otak

Di dalam blueberry terkandung antioksidan yang mampu melindungi organ otak, terutama pada bagian intelegensi. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan saraf otak dan memperlambat penurunan kognitif, terutama pada lansia. Nutrisi pada blueberry juga bisa membantu menjaga konsentrasi dan fokus kita saat melakukan kegiatan.

2. Mencegah kanker

Selain mempercepat proses penyembuhan, adanya antiokasidan yang terkandung dalam blueberry juga membantu tubuh menangkal berbagai radikal bebas. Hal ini akan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Dengan begitu, kemungkinan risiko munculnya kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker prostat, dan jenis kanker lainnya juga akan lebih rendah.

3. Menjaga kesehatan jantung

Nutrisi seperti vitamin dan mineral serta antioksidan pada blueberry pun terbukti bisa menjaga kesehatan jantung kita. Kandungan nutrisi tersebut akan mencegah penumpukan lemak dan kerusakan di pembuluh darah jantung. Buah ini juga kaya serat dan membantu membuat kadar kolesterol tetap stabil, sehingga menurunkan risiko terjadinya kondisi serangan jantung.

4. Mencegah penuaan

Bukan rahasia lagi kalau antioksidan juga mampu mencegah penuaan dini dan membuat Anda tampak awet muda. Kuncinya, Moms bisa mengonsumsi blueberry segar atau yang diolah menjadi jus. Kandungan vitamin C pada blueberry juga bisa memproduksi kolagen secara alami untuk mengencangkan dan meremajakan kulit.

5. Mengurangi kerusakan otot

Olahraga memang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, jika dilakukan terlalu berat, olahraga justru bisa menyebabkan nyeri otot dan kelelahan. Kandungan blueberry mampu mengurangi risiko terjadinya kerusakan akibat otot yang menjadi kaku. Tak hanya itu, kinerja otot juga akan bisa berkurang, sehingga tidak menegang dan rasa nyeri atau pegal juga bisa mereda.

6. Memperkuat tulang dan sendi

Kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang ada dalam blueberry akan membantu menjaga kepadatan tulang Anda jadi lebih baik. Masalah pada persendian juga bisa teratasi jika Anda mengonsumsi blueberry secara rutin sesuai porsinya.

7. Mengobati infeksi saluran kemih

Blueberry juga membantu mencegah perkembangan bakteri, khususnya pada organ intim perempuan. Jika Anda minum jus blueberry, ada kandungan antiperekat yang bisa membantu mencegah Escherichia coli menempel pada dinding kandung kemih. Dengan begitu, risiko terjadinya infeksi saluran kemih (ISK) akan bisa teratasi.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Sama halnya jika Anda terlalu banyak mengonsumsi blueberry. Jika porsi blueberry yang Moms konsumsi lebih dari seharusnya, hal tersebut justru bisa meningkatkan risiko gangguan proses pembekuan darah. Jadi, Anda disarankan untuk mengonsumsi 100 gram blueberry setiap hari agar bisa mendapatkan manfaat optimal dari buah ini, Moms. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Dashu83/Freepik)