Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Perlu Anda Tahu

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Tunangan dan Lamaran yang Perlu Anda Tahu
perbedaan tunangan dan lamaran

Moms, Anda tentu sudah akrab dengan istilah tunangan maupun lamaran, dan seringnya menganggap keduanya adalah hal yang sama. Baik tunangan maupun lamaran, keduanya memang sama-sama prosesi atau tahapan untuk menunjukkan komitmen antara kedua pihak sebelum melangsungkan pernikahan. Namun, tahukah Anda, ternyata tunangan dan lamaran itu adalah dua hal yang berbeda.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini M&B akan menjelaskan mengenai perbedaan antara tunangan dan lamaran.

Apa itu tunangan?

Tunangan merupakan prosesi atau tahapan sebelum pernikahan yang bertujuan untuk menyatakan dan menunjukkan keinginan seorang pria untuk menikahi wanita kekasihnya, sekaligus janji untuk menikah. Dengan kata lain, tunangan bisa berarti sebuah tahapan untuk menyatakan komitmen pasangan tersebut untuk sama-sama yakin melanjutkan hubungan ke jenjang berikutnya, yakni pernikahan.

Prosesi tunangan umumnya tidak perlu dilakukan di hadapan seluruh orang, tapi cukup disaksikan oleh keluarga maupun kerabat dekat saja. Pada prosesi ini, si pria akan menyematkan cincin di jari manis tangan kiri si wanita. Tidak jarang pihak keluarga pria juga akan membawa bingkisan sederhana, bukan seserahan, sebagai buah tangan untuk menghargai dan menghormati pihak keluarga wanita.

Untuk waktu penyelenggaraan, tunangan biasanya dilakukan sekitar 3-4 bulan sebelum resepsi pernikahan.

Tunangan merupakan suatu tahapan yang sebenarnya tidak wajib dilakukan, sifatnya opsional, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan sebuah pasangan. Jadi, tidak apa-apa jika Anda dan pasangan memutuskan untuk langsung ke tahapan lamaran sebelum menuju jenjang pernikahan.

Apa itu lamaran?

Lamaran merupakan prosesi atau tahapan sebelum pernikahan yang bertujuan untuk menanyakan perihal kesediaan wanita untuk nantinya menjadi pasangan hidup si pria. Prosesi lamaran biasanya bersifat formal serta berkaitan dengan adat dan budaya. Maka dari itu, prosesi lamaran umumnya dilakukan dengan cara melakukan pertemuan intim di antara kedua belah pihak, dengan turut mengundang pemuka agama atau pemuka adat dalam prosesi ini.

Pada acara lamaran, si pria akan menyematkan cincin di jari manis tangan kiri si wanita dan memberikan beberapa seserahan, seperti perhiasan, alat kecantikan, tas, sepatu, ataupun barang lainnya yang digemari si wanita.

Prosesi lamaran bisa diselenggarakan beberapa hari menjelang pernikahan, atau jika melewatkan prosesi tunangan, Anda bisa menyelenggarakan prosesi lamaran beberapa bulan sebelum prosesi pernikahan.

Ini perbedaan tunangan dan lamaran

Secara keseluruhan, tunangan merupakan tahapan sebelum pernikahan untuk menyatakan komitmen kedua pasangan untuk sama-sama yakin melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Prosesi ini cukup disaksikan oleh keluarga maupun kerabat dekat saja.

Sementara lamaran merupakan tahapan sebelum pernikahan yang bertujuan untuk menanyakan perihal kesediaan wanita untuk nantinya menjadi pasangan hidup dari si pria. Prosesi ini biasanya diadakan dengan cara melakukan pertemuan intim di antara kedua belah pihak dengan melibatkan pemuka agama atau pemuka adat.

Baik pada prosesi tunangan maupun lamaran, si pria sama-sama menyematkan cincin di jari manis tangan kiri si wanita. Namun secara spesifik, pada prosesi lamaran, pihak pria harus membawa beberapa seserahan untuk diberikan kepada pihak wanita. Sementara pada prosesi tunangan, pihak pria tidak diharuskan. Mereka hanya sekadar membawa bingkisan untuk buah tangan.

Untuk waktu penyelenggaraan, tunangan biasanya dilakukan 3-4 bulan sebelum pernikahan, sedangkan lamaran biasanya dilakukan beberapa hari menjelang hari pernikahan. Namun, terlepas dari hal tersebut, sebenarnya tidak ada suatu aturan khusus soal kapan waktu yang tepat untuk menyelenggarakan acara tunangan maupun lamaran. Itu semua tergantung kepada kesepakatan pasangan tersebut.

Karena tujuan tunangan dan lamaran yang tidak jauh berbeda, beberapa pasangan justru menggabungkan kedua prosesi ini menjadi satu acara besar. Ini dinilai lebih praktis, tapi tidak menghilangkan tujuan dan maknanya.

Baca Juga: 10 Tanda Pernikahan Anda Akan Langgeng Sepanjang Masa

Jadi, itulah yang perlu Anda ketahui tentang perbedaan tunangan dan lamaran. Terlepas dari mana proses yang wajib dan tidak wajib dilakukan sebelum pernikahan, tentunya itu semua kembali kepada Anda dan pasangan. Yang paling penting, jangan pernah ragu untuk berkomunikasi secara terbuka kepada pasangan ketika mempersiapkan pernikahan. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Samantha Gades/Unsplash)