Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ketahui Berat Badan Ideal Anak 0-12 Tahun Menurut WHO

Ketahui Berat Badan Ideal Anak 0-12 Tahun Menurut WHO

Setiap orang tua tentunya akan selalu memperhatikan tumbuh kembang anak, termasuk memastikan berat badannya tetap ideal dan sehat sesuai dengan usianya.

Namun, apakah Moms sudah tahu berapa berat badan ideal anak sesuai dengan usianya menurut standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)? Ini adalah standar berat badan anak ideal yang disetujui oleh semua negara di seluruh dunia.

Yuk, ketahui berat badan ideal anak sesuai dengan usianya menurut standar WHO berikut ini, Moms!

Rumus untuk menentukan berat badan ideal anak sesuai dengan usianya menurut WHO

Anak usia 1 hingga 12 bulan

Buat Moms yang punya anak usia 1 hingga 12 bulan, Anda bisa mengetahui berapa berat badan ideal Si Kecil sesuai dengan usianya menggunakan rumus:

Berat badan (kg) = [umur anak dengan satuan bulan + 9] : 2

Anak usia 1 hingga 5 tahun

Untuk Si Kecil yang berusia 1 sampai 5 tahun, Moms bisa memakai rumus menghitung berat badan ideal sesuai dengan usianya, yakni: 

Berat badan (kg) = [2 x umur anak dengan satuan tahun] + 8

Anak usia 6 hingga 12 tahun

Untuk anak usia 6 sampai 12 tahun, Moms bisa menggunakan rumus menghitung berat badan ideal anak sesuai dengan usianya, yakni: 

Berat badan (kg) = [(umur anak dengan satuan tahun x 7) - 5] : 2

Tabel berat badan ideal anak menurut WHO

Selain menggunakan rumus tersebut, untuk mengetahui berat badan ideal anak dengan lebih mudah, Moms juga bisa mengacu pada tabel berikut ini.

 

Untuk anak usia 6 sampai 12 tahun, pengukurannya lebih luas karena standar berat badan ideal juga dilihat berdasarkan tinggi badan ideal anak.

Pada usia di atas 5 tahun, standar berat badan ideal anak mengacu pada tabel berat badan ideal anak dan tinggi badan ideal anak, menurut Centers for Disease and Control Prevention (CDC).

Perlu dipahami, meskipun setiap anak memiliki proses tumbuh kembangnya masing-masing, Moms tetap perlu memastikan Si Kecil punya berat badan yang ideal menurut usianya serta tumbuh dengan baik dan sehat.

Itulah daftar berat badan ideal anak menurut WHO dan CDC berdasarkan kategori usianya. Kini Moms sudah bisa mengetahui berapa berat badan yang ideal untuk anak Anda ya, Moms. (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: Tatiana Syrikova/Pexels)