Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Pria Juga Perlu Pakai Skincare, Ini Tips Mudah Menggunakannya

Pria Juga Perlu Pakai Skincare, Ini Tips Mudah Menggunakannya

Merawat kulit wajah sangatlah penting. Bukan hanya untuk kesehatan, merawat kulit juga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri kita saat berpenampilan. Dan urusan merawat kulit wajah penting tak hanya buat wanita tapi juga buat pria.

Ya, jangan pernah beranggapan bahwa hanya wanita yang butuh skincare, Dads. Pria juga butuh, karena perawatan kulit tidak mengenal jenis kelamin. Baik kulit wanita maupun kulit pria perlu sama-sama dirawat agar tak rusak dan kehilangan fungsinya. Bahkan penggunaan skincare pada pria dibutuhkan karena jenis kulitnya yang cenderung lebih kasar.

Menurut dr. Hari Darmawan, Sp.KK, dokter kulit, kelamin, dan estetik, pemakaian skincare adalah rutinitas yang penting dilakukan baik oleh wanita maupun pria. Kulit pria, khususnya mereka yang sering beraktivitas di luar ruang, bahkan memerlukan perawatan yang lebih intens. Ini karena aktivitas di luar ruang akan membuat kulit lebih gampang kotor akibat paparan debu dan polusi udara. Belum lagi ditambah dengan paparan sinar UV dan keringat berlebih.

“Tekstur kulit pria 20% lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit wanita, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam,” ujar dr. Hari.

Selain itu, kulit pria juga memiliki banyak folikel rambut, kandungan kolagen dan minyak atau sebum. Karena kondisi tersebut, pria sebenarnya lebih rentan mengalami masalah kulit, terutama pada wajah.

Bagaimana langkah memakai skincare buat pria?

Memang, banyak pria yang masih salah paham soal perawatan kulit wajah, karena menurut mereka itu merupakan hal yang rumit untuk dilakukan. Padahal langkah untuk melakukan perawatan kulit cukup simpel dan bisa dibuat sebagai rutinitas harian.

“Tahapan dasar pada skincare pria cukup dimulai dengan membersihkan wajah memakai sabun muka, menggunakan moisturizer untuk menjaga kelembapan wajah, dan memakai sunscreen di pagi atau siang hari,” saran dr. Hari.

Anda juga perlu mengenali jenis kulit sebelum memakai skincare. “Pria dengan kulit berminyak dapat menggunakan toner AHA dan BHA untuk memperkecil pori-pori wajah. Sedangkan pria dengan kulit kering bisa memakai pembersih wajah oil-based atau berbahan dasar minyak,” jelas dr. Hari.

Dokter Hari juga mengingatkan untuk tidak lupa menggunakan eye cream. “Ciri penuaan dini pada pria yang paling sering ditemukan yaitu munculnya noda hitam, kerutan atau kantung mata. Eye cream merupakan produk skincare yang efektif untuk memperlambat terjadinya penuaan dini,” ujarnya.

Langkah terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya. Hal ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV saat beraktivitas di luar ruangan. Manfaat lainnya adalah mencegah kulit terbakar, noda hitam, warna kulit tidak merata, penuaan dini, hingga kanker kulit.

“Salah satu penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar radiasi ultraviolet (UVA dan UVB) yang berlebihan. Gunakanlah sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++ untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit,” kata dr. Hari. Rutin memakai sunscreen akan meminimalisasi risiko kanker kulit. (M&B/SW/Foto: Zinkevych/Freepik)