Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

10 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Tubuh

Buah naga merah merupakan salah satu jenis buah yang jadi favorit banyak orang. Warnanya yang menarik dan rasanya yang menyegarkan membuat buah ini disukai oleh orang dewasa maupun anak-anak. Buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai sajian untuk keluarga, lho.

Yang tak kalah penting, buah naga merah juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, bahkan kecantikan Anda. Lebih lengkapnya, berikut ini beragam manfaat buah naga untuk tubuh Anda.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Buah naga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 yang bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Selain itu, terdapat juga kandungan kalium, likopen, dan karoten yang mampu menurunkan risiko penumpukan plak di pembuluh darah.

2. Menjaga kadar kolesterol

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 dalam buah naga juga bisa membantu kadar kolesterol tetap normal. Hal ini akan mencegah terjadinya kondisi darah mengental atau pembuluh darah pecah yang bisa menyebabkan stroke.

3. Mencegah penyakit kronis

Di dalam buah naga merah juga terdapat antioksidan yang mampu mencegah timbulnya penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan radang sendi. Hal ini dikarenakan warna merah pada daging buah naga mengandung fitokimia. Zat ini dapat melawan dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas serta melindungi pertumbuhan sel-sel dalam tubuh.

Baca juga: Lezat dan Segar, Ini Manfaat Buah Naga untuk MPASI Bayi Anda

4. Menjaga kesehatan kulit

Zat antioksidan pada buah naga merah juga berfungsi untuk membangun dan meningkatkan pertahanan sel kulit untuk tetap sehat dan kuat. Hal ini tentunya akan membuat kulit lebih kencang dan risiko penuaan dini pun menurun. Tak hanya itu, beragam nutrisi di dalam buah ini juga mampu mengobati jerawat serta mengurangi rasa nyeri akibat kulit terbakar.

5. Kaya akan vitamin C

Moms tentu sudah tahu bahwa vitamin C punya banyak khasiat untuk tubuh, di antaranya meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan melawan kuman penyebab infeksi. Buah naga merah pun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh serta menurunkan risiko oksidasi lensa mata yang bisa menyebabkan katarak.

buah naga merah yang baik untuk kesehatan tubuh

6. Mencegah anemia

Seperti diketahui, berbagai makanan berwarna merah mampu menambah produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini pun bisa diperoleh dari buah naga merah untuk mencegah terjadinya anemia. Pasalnya, warna merah pada dagingnya yang mengandung vitamin C mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi, yang penting untuk proses produksi sel darah merah.

7. Melindungi kerja sistem pencernaan

Manfaat lain dari buah naga merah adalah mampu menjaga kinerja sistem pencernaan tetap baik. Pasalnya, buah ini mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dapat memperlancar buang air besar. Mengonsumsi buah naga merah secara rutin tentu mampu mencegah dan mengatasi masalahan sistem pencernaan, seperti sembelit.

8. Mengontrol gula darah

Adanya serat dan antioksidan pada buah naga merah dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Karena itu, kadar hormon insulin bisa meningkat dan membantu memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak. Hal ini juga sekaligus menjaga berat badan karena buah ini termasuk sebagai camilan yang rendah kalori.

Baca juga: Wah! Ternyata Ini Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

9. Menurunkan tekanan darah

Pada buah naga merah terdapat kandungan vitamin B2 atau riboflavin. Ini merupakan vitamin yang membantu mengontrol kadar tekanan darah, terutama pada ibu hamil. Dengan begitu, risiko preeklampsia atau komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau kadar protein tinggi dalam urine bisa turun.

10. Mencegah depresi

Buah naga merah juga kaya akan mineral seperti magnesium yang membantu mengatur suasana hati. Mineral ini bisa mencegah risiko terjadinya depresi serta menurunkan gejala kecemasan. Magnesium juga dapat meningkatkan fungsi otak sehingga Anda bisa lebih fokus.

Anda tidak perlu takut jika urine berubah menjadi warna merah saat mengonsumsi buah naga merah. Kondisi ini terjadi karena adanya pigmen anthocyanin. Meski begitu, hal ini tidak berbahaya, kok.

Selain enak dimakan langsung, Moms juga bisa mengolah buah naga merah menjadi jus, es krim buatan sendiri, atau sebagai campuran es buah maupun smoothies. Buah ini juga pasti bisa jadi favorit Si Kecil karena warnanya yang cantik dan rasanya juga pas untuk lidah Si Kecil. (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Freepik)