Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Sering Lapar saat Hamil Muda, Normal Enggak, Sih?

Sering Lapar saat Hamil Muda, Normal Enggak, Sih?

Kehamilan memang memberikan banyak pengalaman baru ya, Moms. Banyak hal yang berubah, mulai dari perut yang membesar, sampai ke nafsu makan yang ikut membesar. Umumnya, awal kehamilan atau trimester satu diwarnai dengan morning sickness.

Hal ini tentu membuat bumil yang hamil muda jadi lebih malas makan karena gampang mual. Namun, kalau justru sering merasa lapar saat hamil muda, normal enggak, sih? Untuk menjawabnya, simak penjelasan di bawah ini yuk, Moms!

Nafsu makan bumil

Perjalanan kehamilan setiap wanita tentu berbeda-beda, ada yang mual sepanjang hari, ada juga yang "hamil kebo" atau tidak ada keluhan kehamilan sama sekali. Begitu juga dengan nafsu makan saat hamil, tentunya berbeda-beda juga. Umumnya, trimester satu memang muncul drama malas makan karena masih sering mual.

Menurut dr. Grace Valentine, Sp.OG, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dari RS Pondok Indah – Puri Indah, mual dan muntah biasanya memuncak di kehamilan minggu ke-12 sampai 14. Mual muntah ini hal yang normal terjadi kok, Moms. Disebutkan oleh dr. Grace, ini terjadi pada 80-85 persen kehamilan selama trimester pertama.

Berita baiknya, mual muntah saat hamil ini akan mereda di kehamilan minggu ke-22. Nah, inilah fase di mana nafsu makan bumil kembali membaik (atau bahkan bisa meningkat).

Bumil sering lapar

Mengutip What to Expect, sering lapar adalah keluhan kehamilan yang umum terjadi. Ada yang nafsu makannya baru meningkat di minggu ke-22 kehamilan, ada juga yang langsung meningkat sejak trimester awal. Sering lapar saat hamil muda, normalkah? Jawabannya normal saja kok, Moms.

What to Expect menyebutkan bumil mungkin akan lebih mudah lapar, terutama di malam dan pagi hari. Ini karena kadar gula darah perlahan menurun di malam hari dan jeda waktu antara makan malam dengan sarapan cukup jauh.

Sering lapar saat hamil muda adalah hal normal, karena janin di dalam perut Anda memang memberi sinyal untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sehat tinggi nutrisi. Jangan takut berat badan naik, karena itu memang harus terjadi saat hamil. Bahkan pada bumil dengan kondisi obesitas pun tetap harus ada kenaikan berat badan, tetapi tentu kenaikannya harus tetap terkontrol sesuai anjuran dokter Anda.

Penyebab bumil sering lapar

Wajar jika bumil sering lapar saat hamil muda. Beberapa penyebabnya antara lain:

1. Fluktuasi hormon. Tak perlu khawatir, perubahan hormon kehamilan yang tak menentu memang bisa jadi penyebab bumil sering lapar. Ini kondisi yang normal terjadi, tapi pastikan lapar yang Anda rasakan masih normal atau tidak berlebihan, ya.

2. Dehidrasi. Kebutuhan cairan bumil lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, karena cairan yang Anda konsumsi dipakai untuk menghidupi Si Kecil di dalam perut. Jika bumil kurang cairan, maka salah satu dampaknya adalah munculnya rasa lapar berlebih.

3. Stres. Buat Moms yang menjalani kehamilan dengan situasi penuh tekanan stres, maka hormonnya pun bisa semakin fluktuatif. Jika tidak ditangani dengan baik, stres bisa menyebabkan gangguan tidur malam hari yang berkaitan erat dengan munculnya hormon-hormon pencetus rasa lapar.

4. Kurang tidur. Jika bumil kurang tidur, khususnya tidur panjang di malam hari, maka tubuh akan meningkatkan produksi hormon ghrelin (yang mengirim sinyal lapar ke otak), dan menurunkan hormon leptin (yang bertugas mengirim sinyal kenyang ke otak).

5. Kurang makanan bergizi

Sudah makan banyak tapi masih sering lapar? Tubuh Anda mungkin sebenarnya sedang memohon untuk diberi makanan tinggi nutrisi. Makan saat hamil bukan harus banyak kuantitasnya, tapi harus banyak gizinya. Beberapa contoh gizi penting saat hamil adalah:

  • Asam folat: Sayuran hijau, jeruk, mangga, tomat, kiwi, kacang-kacangan, sereal
  • Protein: Daging sapi, ayam, ikan, telur
  • Zat besi: Kacang merah, brokoli, bayam, ayam, ikan
  • Kalsium: Produk susu, ikan teri, almond, bayam
  • Serat: Sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Karbohidrat: Kentang, nasi, roti gandum, mi
  • Vitamin D: Jus jeruk, sereal, telur, ikan
  • Lemak: Alpukat, salmon, kacang-kacangan, minyak zaitun
  • Vitamin C: Kiwi, jeruk, mangga, strawberry, tomat.

Ketika Anda sering lapar saat hamil muda, coba siasati dengan mengonsumsi makanan porsi kecil tapi sering ya, Moms. Jika biasanya makan 3 kali sehari, mungkin sekarang bisa dibagi porsinya jadi lebih kecil, tetapi 5-6 kali sehari.

Snacking saat hamil juga penting lho, Moms, tapi pastikan camilannya sehat, ya. Yoghurt dengan potongan buah segar cocok banget untuk mengisi snacking sore. Enak dan segar! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)