Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

7 Tanda Moms Sedang Mengalami Hamil Kebo

7 Tanda Moms Sedang Mengalami Hamil Kebo

Moms pasti pernah mendengar istilah hamil kebo, ya? Walau hamil kebo mungkin tak ada dalam kamus kedokteran, bumil pasti paham dengan istilah yang satu ini. Ya, hamil kebo adalah istilah yang menggambarkan kondisi kehamilan yang nyaris tanpa keluhan.

Sebut saja beberapa keluhan kehamilan yang umum dirasakan, seperti mual, muntah, pusing, mudah lelah, sakit punggung, kaki bengkak, cepat marah, atau sekadar ngidam makanan asam. Nah, pada bumil yang tergolong hamil kebo, segala keluhan kehamilan tersebut tidak ia rasakan. Asyik banget, ya!

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Membantu Atasi Mual pada Ibu Hamil

Alih-alih banyak yang iri dengan kelancaran kehamilan seperti itu, banyak juga yang merasa khawatir dengan kesehatan ibu yang mengalami hamil kebo. Sebenarnya, apa sih tanda-tanda seseorang mengalami hamil kebo? Baca faktanya yuk, Moms!

1. Tidak mual dan muntah saat hamil

Hadirnya hormon-hormon kehamilan menyebabkan bumil, khususnya di trimester satu, mengalami mual dan muntah. Hal ini juga sering disebut sebagai morning sickness. Namun, mual dan muntah saat hamil bisa jadi berlangsung sepanjang hari, tidak hanya pagi (morning) seperti sebutannya.

Mual dan muntah sendiri dialami 70-80 persen ibu hamil. Jika Anda tidak mengalaminya, maka bisa jadi Anda tergolong ke dalam Moms yang hamil kebo.

2. Tidak sakit kepala

Perubahan hormon saat hamil sangat normal menyebabkan bumil sakit kepala atau pusing. Nah, jika Anda tidak mengalaminya, mungkin Anda mengalami hamil kebo nih, Moms.

Baca juga: Cara Alami untuk Redakan Sakit Kepala pada Ibu Hamil

3. Tidak ngidam

Rasa mual yang hebat di trimester pertama (atau sampai akhir kehamilan) biasanya menimbulkan rasa ingin mengonsumsi jenis makanan tertentu, atau yang biasa disebut ngidam. Nah, pada hamil kebo, ngidam tidak muncul dan bahkan bumil cenderung menyukai segala jenis makanan.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Ngidam Berlebih saat Hamil

4. Tidak suka malas-malasan

Biasanya kehamilan membuat bumil lebih pasif atau lebih suka bermalas-malasan di rumah. Namun, uniknya, wanita yang hamil kebo justru tidak malas dan suka bepergian. Ya, ia justru ingin terus aktif melakukan berbagai kegiatan dan menikmati berbagai tempat yang seru!

5. Tidak sakit punggung

Sakit punggung atau biasa disebut back pain memang umum terjadi saat Anda hamil. Sekitar 80 persen wanita akan mengalami nyeri punggung di beberapa titik selama kehamilan. Tingkat keparahan rasa sakit ini berkisar dari ketidaknyamanan ringan setelah berdiri dalam jangka waktu yang lama hingga rasa sakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Namun, pada Moms yang hamil kebo, sakit punggung ini tidak dirasakan, karena mungkin sebelum hamil ia sudah memiliki postur tubuh yang baik dan kebiasaan yang baik pula.

6. Tidak mudah lelah

Bukan rahasia lagi, makin besar kehamilan, maka bumil pun akan merasa makin mudah lelah. Namun pada hamil kebo, bumil tetap bertenaga dan tidak mudah lelah hingga akhir kehamilan. Kok bisa, ya? Bisa dong, karena mungkin bumil tersebut sudah rajin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat sejak sebelum hamil, sehingga saat hamil tubuhnya tetap bugar bertenaga.

7. Tidak moody

Entah moody, mudah tersinggung, atau mudah marah, sebenarnya itu semua biasa terjadi saat tengah hamil. Penyebabnya sederhana saja, yaitu adanya perubahan hormon-hormon selama masa kehamilan. Nah, Moms yang hamil kebo biasanya tidak mengalami perubahan mood yang naik-turun bagaikan roller coaster. Beruntung sekali! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Freepik)