Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Ampuh Mencerahkannya

Penyebab Bibir Hitam dan Cara Ampuh Mencerahkannya

Seperti warna kulit, warna bibir setiap orang juga bisa berbeda-beda. Pasalnya, warna bibir juga banyak dipengaruhi oleh faktor genetik dan ras. Orang dengan kulit yang lebih berwarna maupun gelap cenderung memiliki bibir yang gelap pula, begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu, memang wajar jika ada beberapa orang mempunyai bibir berwarna gelap.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang juga bisa memengaruhi warna bibir. Ya, gaya hidup dan pola makan bisa sangat berperan, lho. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang juga bisa membuat bibir menjadi hitam. Mau tahu penyebab bibir menjadi hitam dan gelap? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab bibir hitam

Perubahan warna bibir menjadi gelap alias hiperpigmentasi bisa menjadi pertanda bahaya lho, Moms. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir menghitam.

1. Meningkatnya waktu paparan sinar matahari. Jumlah sinar matahari pada kulit akan meningkatkan produksi melanin, sehingga pigmentasi pada kulit maupun bibir juga akan bertambah.

2. Kasus pigmentasi seperti ini, yakni penggelapan warna bibir, sering disebut sebagai melanosis. Melanosis bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok yang berlebihan dalam jangka panjang.

3. Hiperpigmentasi pada bibir bisa menjadi reaksi alergi terhadap produk tertentu, seperti pasta gigi, lipstick, dan lainnya.

4. Terapi medis untuk beberapa kondisi tertentu, seperti sindrom Laugier-Hunziker dan sindrom Peutz-Jeghers, serta pigmentasi pascatrauma juga bisa membuat bibir tampak lebih gelap dari normal.

5. Dehidrasi pun bisa membuat bibir tampak lebih gelap dari biasanya.

6. Konsumsi kafein yang berlebihan juga bisa memicu hiperpigmentasi pada bibir.

Cara mencerahkan bibir hitam

Hiperpigmentasi pada bibir bisa diatasi dengan tindakan kosmetik seperti terapi laser maupun kimia dengan cara kerja menghambat produksi melanin pada bibir. Selain itu, ada pula beberapa cara alami yang dilakukan untuk membantu mengatasi bibir yang hitam. Dilansir dari Healthline, berikut ini cara alami yang Moms bisa lakukan untuk mencerahkan warna bibir.

1. Potong buah lemon, lalu gosok bibir Anda dengan potongan buah lemon tersebut setiap sebelum tidur. Paginya, bilas bibir Anda dengan air dingin. Ulangi rutinitas ini setiap malam setidaknya selama 30 hari. Sebuah studi mengungkap bahwa kupasan buah sitrus bisa membantu menghambat melanin.

2. Potong buah lemon lalu rendam dalam gula. Setelah itu, gosok bibir Anda dengan potongan lemon tersebut saat sebelum tidur. Bilas bibir Anda dengan air hangat keesokan paginya.

3. Selain lemon, Moms bisa gunakan jeruk nipis. Campur 1,5 sendok teh perasan jeruk nipis, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh glycerin. Kemudian oleskan campuran tersebut pada bibir Anda sebelum tidur dan bilas bibir ketika pagi.

4. Campurkan 1 sendok makan susu dan bubuk kunyit secukupnya hingga membentuk pasta. Sesudah itu, oleskan pasta kunyit tersebut pada bibir Anda dan diamkan hingga 5 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Jangan lupa kenakan pelembap bibir Anda setelahnya. Menurut sebuah studi, kunyit memiliki kemampuan menghambat melanin.

5. Lidah buaya juga dipercaya mampu menghambat melanin pada bibir. Oleh karena itu, Moms bisa oleskan daging lidah buaya pada bibir Anda, lalu bilas dengan air hangat ketika sudah mengering.

6. Campur 1 sendok makan biji buah delima, 1 sendok teh air mawar, dan 1 sendok makan krim. Setelah itu, usapkan pasta delima tersebut pada bibir selama 3 menit, lalu bilas dengan air dingin. Moms bisa ulangi rutinitas ini setiap hari.

7. Oleskan minyak kelapa pada bibir dan pijat selama beberapa menit. Moms bisa lakukan langkah ini beberapa kali sehari.

8. Haluskan setengah potong mentimun, lalu dinginkan di dalam kulkas. Setelah jus mentimun dingin, Moms bisa celupkan kapas ke dalam jus lalu kompres bibir Anda dengan kapas tersebut selama kurang lebih 30 menit. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)