Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ingin Sepatu kulit Anda Tetap Awet? Begini Cara Merawatnya

Ingin Sepatu kulit Anda Tetap Awet? Begini Cara Merawatnya

Sepatu memainkan peran penting dalam meningkatkan penampilan sehari-hari. Ada berbagai jenis sepatu yang bisa digunakan untuk menambah daya tarik penampilan, contohnya sepatu kulit.

Tidak peduli jenis sepatunya, penting bagi Anda untuk merawatnya dengan baik dan benar agar tidak cepat rusak. Setiap jenis sepatu memerlukan perawatan khusus. Sebagai contoh, perawatan sepatu berbahan kanvas tentunya berbeda dengan perawatan sepatu berbahan kulit.

Merawat sepatu melibatkan lebih dari sekadar mencucinya. Cara penggunaan sepatu kulit yang sembarangan bisa menyebabkan kerusakan yang cepat. Jika sepatu mengalami kerusakan, tentu saja penampilan Anda akan terpengaruh.

Sepatu berbahan kulit memiliki metode perawatan khusus. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips tepat merawat sepatu kulit berikut ini, Moms.

1. Jangan gunakan terlalu sering

Kulit perlu bernapas, sehingga Anda harus memiliki setidaknya dua pasang sepatu untuk dipakai bergantian. Kaki Anda berkeringat sepanjang hari dan kulit menyerap kelembapan tersebut. Kulit lembap lebih rentan terhadap peregangan, lecet, kusut, dan noda. Tidak memakainya setiap hari akan memberikan waktu yang cukup buat sepatu untuk mengering dan meningkatkan umur panjang alas kaki anda secara signifikan.

2. Bersihkan setiap habis digunakan

Siapkan sikat sepatu atau kain mikrofiber dan bersihkan sepatu anda dengan cepat setelah dipakai. Ini akan menjaga kotoran tidak merusak kulit seiring berjalannya waktu, sehingga warna sepatu tidak akan memudar dan Anda tidak perlu berurusan dengan pewarnaan di kemudian hari.

3. Gunakan penyangga sepatu

Ada salah satu produk yang jarang diketahui orang, tapi sebenarnya penting untuk sepatu, yaitu pengganjal sepatu atau sering juga disebut dengan shoe tree. Fungsinya adalah untuk menjaga bentuk sepatu tetap utuh ketika tidak digunakan. Shoe tree umumnya terbuat dari cedarwood (kayu aras), karena jenis kayu ini dapat melindungi sepatu dari ngengat dan serangga, menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, dan menyerap kelembapan pada sepatu kulit. Namun, ada juga shoe tree yang dibuat dari bahan plastik.

4. Pakai shoehorn saat menggunakan sepatu

Moms pernah melihat benda seperti gambar di atas belum? Ada berbagai macam nama untuk benda tersebut seperti lidah sepatu, sendok sepatu, atau tanduk sepatu. Namun, dalam bahasa inggris, benda ini disebut shoehorn.

Mungkin biasanya moms, langsung memasukkan kaki ke dalam sepatu kulit agar lebih cepat terpasang, tapi hal tersebut bisa merusak tekstur sepatu kulit. Karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan shoehorn saat memakai sepatu agar sepatu kulit tetap awet.

5. Hindari air dan lembap

Memang tidak mungkin untuk menghindari air secara total apalagi jika Moms sering beraktivitas di luar ruangan atau sebagai pengendara motor, akan sulit untuk menghindari air.

Jika memungkinkan, saat hujan turun, sebaiknya lepas sepatu Anda dan ganti dengan sepatu boots hujan atau sandal. Jika sepatu sudah terkena air, segeralah mengeringkannya dengan baik agar tidak lembap terlalu lama. Kondisi sepatu yang lembap terlalu lama bisa menyebabkan jamur tumbuh dan membuat kulit sepatu retak.

6. Gunakan kondisioner

Untuk merawat kulit sepatu tetap lembut dan kenyal, Moms bisa gunakan kondisioner kulit. Kondisioner kulit akan membantu menjaga serat mikroskopis pada sepatu agar tetap lentur dan mencegah retak. Anda tidak harus menggunakan kondisioner setiap kali memakai sepatu. Melindungi sepatu kulit dengan lapisan kondisioner setiap beberapa bulan sekali sudah lebih dari cukup.

Cara penggunaannya pun mudah, gosokkan kondisioner ke kulit menggunakan kain lembut atau sikat semir. Gunakan kondisioner sebanyak yang anda butuhkan. Setelah digosokkan, Anda bisa membiarkan sepatu mengering. Keesokan harinya, Anda usap kembali dengan kain kering untuk menghilangkan kelebihan kondisioner.

7. Semir sepatu dengan gerakan searah

Anda perlu menggosok sepatu kulit secara teratur meskipun tidak digunakan. Namun, penting untuk melakukannya dengan hati-hati agar kulitnya tetap terjaga dan warnanya tidak pudar. Pastikan untuk menggosok sepatu dengan gerakan searah untuk menjaga keindahan warna kulitnya.

8. Simpan di tas khusus

Selain memperhatikan lokasi penyimpanan, Moms juga bisa simpan setiap pasang sepatu terpisah dengan menggunakan tas khusus. Setelah dimasukkan ke dalam tas penyimpanan terpisah, Anda disarankan untuk menggunakan kotak penyimpanan sepatu. Menyimpan sepatu terpisah bisa melindunginya dari debu, kotoran, dan potensi pertumbuhan jamur yang disebabkan oleh kelembapan di dalam sepatu.

Nah, itu dia beberapa tips untuk merawat sepatu kulit Anda, Moms. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Freepik)