Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Ini Manfaat Melatih Otot Kaki Secara Rutin

Ini Manfaat Melatih Otot Kaki Secara Rutin

Seperti menjaga pola makan sehat seimbang, rutin berolahraga merupakan salah satu kunci untuk menjaga tubuh tetap bugar dan mood bahagia. Sayangnya, enggak sedikit orang yang berfokus hanya pada tubuh bagian atas saat berolahraga. Padahal, melatih otot kaki (leg day) dan tubuh bagian bawah juga penting, lho.

Melatih otot kaki merupakan aspek penting dari rangkaian olahraga seimbang untuk mendukung kekuatan, kecepatan, dan kestabilan tubuh. Latihan otot kaki pun perlu dilakukan secara konsisten, karena otot-otot kaki punya peran besar dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Otot kaki yang kuat bisa menjaga tubuh Anda tetap seimbang, sehingga bisa mendukung Anda beraktivitas atau bahkan berolahraga berat lainnya. Ada beberapa gerakan olahraga yang bisa Moms lakukan untuk melatih otot kaki, seperti squat jump, high jump, lunges, atau leg raise. Tak hanya itu, otot kaki juga bisa dilatih dengan melakukan kegiatan sehari-hari, seperti naik turun tangga atau berlari pagi.

Lalu, apa saja manfaat lain dari melatih otot kaki? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat dari melatih otot kaki secara rutin.

1. Menstimulasi hormon

Latihan otot kaki bisa menstimulasi pelepasan banyak hormon, sehingga bisa membantu produksi hormon kortisol, testosteron, serta human growth hormone (HGH). Hormon kortisol bisa membantu tubuh mengatasi stres dan memperbaiki metabolisme tubuh dalam mengolah lemak. Hormon testosteron bisa membantu memulihkan otot yang meradang dan membangun otot yang menempel pada tulang. Adapun HGH mendukung pertumbuhan otot, mendorong imunitas, serta mengatur metabolisme tubuh terhadap lemak.

2. Menyeimbangkan tubuh

Melatih kaki satu per satu akan membantu menyeimbangkan tubuh Anda dan mengoreksi otot yang tumbuh tidak seimbang. Kondisi ini membuat salah satu kaki yang lebih dominan tidak bekerja lebih keras daripada kaki yang lain, baik dalam hal kekuatan, kegesitan, maupun kelenturan. Hasilnya, tubuh akan jadi lebih seimbang, stabil, dan kokoh.

3. Menguatkan tubuh bagian tengah

Melatih otot kaki secara rutin bisa membantu Anda untuk menguatkan tubuh bagian tengah, bergerak lebih stabil dan seimbang, serta mencegah munculnya cedera. Latihan otot kaki juga secara tidak langsung akan menstimulasi penyembuhan dan penguatan tubuh setelah cedera.

4. Mencegah cedera

Saat Anda melatih otot kaki, kekuatan dan kegesitan tubuh akan turut terlatih. Tulang dan otot kaki yang kuat berarti fondasi tubuh yang lebih stabil, sehingga bisa mengurangi risiko cedera akibat terjatuh atau kecelakaan lainnya. Selain itu, tubuh yang gesit juga bisa menghindarkan Anda dari cedera. Pasalnya, banyak cedera yang disebabkan oleh kemampuan gerak tubuh yang buruk.

5. Mengurangi sakit punggung

Sebuah studi di Singapura menemukan bahwa latihan daya tahan tubuh dengan otot kaki merupakan cara yang efektif untuk mengurangi sakit punggung bagian bawah. Kaki yang kuat akan bisa membantu memperbaiki kesehatan tulang belakang.

6. Memperbaiki kesehatan secara keseluruhan

Otot kaki dan tubuh bagian bawah yang kuat juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan, mulai dari membakar lebih banyak kalori, mendorong penurunan berat badan, mengurangi nyeri sendi, menguatkan tulang, meningkatkan fungsi kognitif, membantu mengatasi stres, dan memperbaiki postur tubuh.

Itulah sejumlah manfaat leg day buat kesehatan. Yuk, latih otot kaki kita secara rutin, Moms! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)