Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Kampanye #SaveIbuku, Tingkatkan Kesadaran untuk Pencegahan Kanker Payudara

Kampanye #SaveIbuku, Tingkatkan Kesadaran untuk Pencegahan Kanker Payudara

Moms, Anda mungkin sudah paham dengan bahayanya kanker payudara. Penyakit ini bahkan menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, jumlah kasus kanker payudara pada tahun 2020 mencapai 68.858 atau 16,6% dari total 396.914 kasus kanker di Indonesia. Yang memprihatinkan, jumlah kasus kematian akibat kanker payudara mencapai lebih dari 22 ribu jiwa.

Sayangnya, data juga menunjukkan bahwa masih banyak ibu yang tidak melakukan skrining karena takut membayangkan prosesnya dan juga adanya ketakutan untuk meninggalkan urusan rumah terutama jika berkaitan dengan anak.

Padahal, prosedur ini bisa menyelamatkan nyawa, karena masih di stadium awal sehingga bisa dilakukan pengobatan secara optimal. Salah satu cara untuk mencegah kanker payudara adalah dengan mammografi.

Untuk itu, Grup RS Siloam menggandeng Dompet Aman, sebuah platform gaya hidup loyalty digital untuk meningkatkan kesadaran terhadap tindakan pencegahan kanker payudara melalui kampanye #SaveIbuku.

Dengan adanya kampanye #SaveIbuku, maka gaungan dan aktivitas yang akan dilakukan dapat menjangkau lebih banyak anak-anak muda lagi dan semakin banyak para Ibu melakukan prosedur mammografi.

Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI yang juga merupakan penyintas kanker, mengatakan, “Kanker memang mematikan, tetapi tidak mampu membunuh harapan dan cinta. Menjadi penderita, dan kemudian penyintas, adalah kesempatan kedua yang diberikan oleh-Nya kepada kita untuk menjadi lebih baik dan berguna. Dalam melewati setiap tahapan pengobatan, kita menguatkan diri sendiri demi semua yang mencintai kita, dengan semangat terus merayakan kehidupan.”

Program Buy 1 Give 1

Untuk satu tahun ke depan, kampanye #SaveIbuku menargetkan 125.000 pemeriksaan kanker payudara dengan mammografi. Agar target tersebut dapat dipenuhi, Dompet Aman menawarkan beragam program yang menarik.

Salah satu program ini adalah Buy 1 Give 1, di mana setiap 1 ibu yang melakukan pemeriksaan mammogram berbayar, akan ada 1 ibu kurang mampu yang akan mendapatkan pemeriksaan gratis.

Dompet Aman juga menggunakan skema insentif yang inovatif untuk pendekatan pada anak muda yang kerap mengumpulkan atau menggunakan loyalty points dalam kesehariannya. Untuk bulan September ini, akan ada doorprize di mana 10 pendaftar referral yang beruntung akan diundi untuk mendapatkan masing-masing Rp1.000.000.

Selain mendapatkan fasilitas dan layanan mammografi dari RS Siloam, Dompet Aman juga memberikan layanan berkelanjutan bernama Aman Concierge yang akan menjawab semua kebutuhan para ibu, pemesanan via chat dengan dokter, akses ke psikolog terpilih, data manajemen, dan tentunya loyalty point/voucher yang akan mereka dapatkan dari pembelian paket #SaveIbuku x Selangkah.

“Anak-anak muda Indonesia sekarang hanya “selangkah” saja untuk mendapatkan informasi dan juga membantu untuk menyelamatkan para ibu yang mereka cintai dengan layanan end-to-end solution. #SaveIbuku adalah langkah penting yang bisa kita lakukan bersama untuk mencerahkan masa depan para ibu tersayang dengan hidup sehat” jelas Salina Nordin, Founder dan CEO Dompet Aman.

Sementara itu, Caroline Riady, Managing Director Grup RS Siloam, juga menyambut baik kampanye #SaveIbuku ini. “Kolaborasi ini adalah wujud dukungan kami pada kesamaan misi dan visi dari Grup RS Siloam dan Dompet Aman. Kami mengajak semua pihak agar dapat mengambil peran dan langkah untuk memastikan setiap individu bisa mengakses layanan pemeriksaan kanker serta mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan, kapan pun dan di mana pun mereka berada.”

“Saya senang karena keterlibatan anak-anak muda pada kampanye #SaveIbuku ini bukan saja membantu mengedukasi pencegahan kanker payudara dan mendorong para ibu melakukan skrining mamografi di RS Siloam dengan mudah, tapi juga sekaligus memberikan sustainable solution ke para ibu yang kurang mampu yang membutuhkan pemeriksaan. Mari kita bersama-sama bergerak untuk membuat perubahan nyata untuk wanita-wanita di Indonesia,” tambahnya.

Kampanye #SaveIbuku bertujuan untuk membangkitkan kesadaran mereka yang berada pada usia produktif yaitu generasi Y & Z agar memberikan cinta dan perhatian kepada orang yang paling penting dalam hidup mereka, yang mungkin memiliki keterbatasan pada pengetahuan dan kemudahan akses dalam memeriksakan diri dengan skrining mamografi.

Dompet Aman mengundang semua untuk bergabung dan mendukung kampanye #SaveIbuku. Anda bisa mendaftarkan diri di Dompet Aman sebagai langkah pertama untuk menyelamatkan orang yang Anda cintai. (M&B/SW/Foto: Dok. Siloam Hospitals)