Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Kulit

6 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Kulit

Konsumsi vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Vitamin yang satu ini terkenal akan manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu penyerapan kalsium dan fosfor.

Vitamin D sendiri bisa didapatkan dengan bantuan paparan sinar matahari. Secara alami tubuh memproduksi vitamin D dengan cara mengubah kolesterol dalam sel kulit menjadi vitamin D ketika terkena sinar matahari langsung. Selain itu, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari luar tubuh dengan cara mengonsumsi ikan, telur, susu dan produk olahannya, minyak ikan, dan suplemen vitamin D.

Namun, tidak hanya menjaga kesehatan tulang dan gigi, vitamin D ternyata juga punya banyak manfaat untuk kulit lho, Moms. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di bawah ini, Moms!

1. Mengurangi peradangan

Suplemen yang mengandung vitamin D bisa membantu mengurangi peradangan yang ringan hingga sedang. Karena sifatnya yang dapat menjaga kelembaban kulit, vitamin D tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi atau kering.

Karena alasan ini, vitamin D sering kali digunakan untuk merawat beberapa jenis penyakit kulit, seperti psoriasis yang merupakan kondisi di mana sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan bercak bersisik yang gatal, eczema yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan muncul ruam merah, serta vitiligo yang menyebabkan depigmentasi pada kulit.

2. Melindungi kulit

Vitamin D berperan sebagai steroid yang bekerja dalam inti sel untuk merangsang proliferasi, mengatur fungsi, dan berpotensi memelihara kestabilan gen. Dikutip dari Byrdie, menurut penelitian, terdapat indikasi bahwa vitamin D bisa memiliki peran pelindung terhadap berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit.

3. Mempercepat regenerasi kulit

Vitamin D mampu merangsang produksi sel-sel kulit baru di lapisan epidermis dan menggantikan sel-sel kulit lama yang telah mati dengan sel-sel kulit baru yang lebih sehat dan segar. Vitamin D juga telah terbukti berperan dalam proses penyembuhan luka danmembantu luka kulit sembuh lebih cepat dengan merangsang produksi kolagen yang mempercepat regenerasi jaringan.

4. Mengatasi kulit gatal

Vitamin D bekerja di kulit dengan meningkatkan produksi protein antimikroba. Protein ini bertanggung jawab untuk mengatasi bakteri dan virus yang mungkin mengancam tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, pertahanan antimikroba di lapisan kulit juga menjadi lebih rapuh. Kekurangan vitamin D bisa mengganggu mekanisme pertahanan alami terhadap alergen tertentu, seperti tungau dan debu, yang dapat menyebabkan timbulnya gejala gatal dan ruam pada kulit.

5. Mengurangi risiko penuaan dini

Vitamin D membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, seperti keriput dan garis-garis halus. Ini karena perannya dalam merangsang produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

6. Membantu keseimbangan hormon kulit

Vitamin D berperan dalam menjaga keseimbangan hormon tubuh, yang juga bisa memengaruhi kesehatan kulit. Gangguan hormonal dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan peradangan. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin D, Moms bisa menjaga keseimbangan hormon dan kulit yang sehat.

Namun, penting diingat, meskipun vitamin D punya banyak manfaat untuk kulit, paparan berlebihan terhadap sinar matahari tanpa perlindungan yang tepat tetap bisa menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit. Karena itu, Moms harus menjaga keseimbangan yang baik antara mendapatkan cukup sinar matahari untuk sintesis vitamin D alami dan melindungi kulit Anda dari kerusakan UV dengan menggunakan tabir surya dan pakaian pelindung. (M&B/Talitha Putik Arawanda/SW/Foto: Kroshka_nastya/Freepik)