Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

6 Resep Finger Food Lezat dan Mudah Dibuat, Si Kecil Pasti Suka!

6 Resep Finger Food Lezat dan Mudah Dibuat, Si Kecil Pasti Suka!

Bayi tumbuh amat cepat. Dan tanpa Anda sadari, Si Kecil sudah makin siap makan makanan dengan tekstur yang lebih padat. Bahkan, ia sudah mulai bisa menggunakan tangannya sendiri untuk mengambil dan mencoba memasukkannya ke dalam mulut.

Di usia ini—sekitar 8 bulan—Moms bisa memberikan finger food atau makanan yang mudah dipegang, digigit, dan dikunyah bayi Anda.

Selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, memberikan finger food juga dapat melatih kemampuan menggenggam Si Kecil, yang termasuk cara efektif untuk menstimulasi keterampilan motorik halus anak.

Berikut ini M&B telah mengumpulkan 6 resep finger food yang lezat, mudah dibuat, dan pastinya disukai Si Kecil. Simak resepnya, Moms!

1. Stik sayuran kukus

Ini adalah resep finger food yang sangat mudah dibuat di rumah. Stik sayuran yang dikukus punya tekstur lembut serta mudah dikunyah dan dicerna Si Kecil. Sayuran yang bisa dibuat sebagai bahan dasar stik sayuran kukus misalnya wortel, buncis, zucchini, dan ubi jalar. Sayuran-sayuran tersebut terkenal tinggi kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Bahan: 

  • Sayuran pilihan Anda
  • Air secukupnya untuk mengukus.

Cara membuat:

1. Kupas dan potong sayuran menjadi potongan stik memanjang yang kecil dan tipis. Kemudian bersihkan sayuran dengan air mengalir hingga bersih.

2. Kukus potongan sayuran tersebut hingga cukup lunak untuk dikunyah Si Kecil.

3. Biarkan stik sayuran kukus dingin pada suhu ruang sebelum diberikan kepada Si Kecil.

2. Pancake pisang

Pisang merupakan salah satu buah (dan camilan) sehat untuk anak. Pisang termasuk buah dengan tekstur lembut serta mudah dikunyah dan dicerna Si Kecil, menjadikannya ideal untuk bahan dasar finger food. Pisang juga punya rasa manis alami dan padat nutrisi. Anda bisa membuat pancake pisang yang lezat dan menyehatkan dengan 3 bahan saja.

Bahan:

  • 1 buah pisang matang berukuran sedang
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan tepung gandum utuh.

Cara membuat:

1. Haluskan pisang menggunakan garpu sampai lumat dalam mangkuk.

2. Tambahkan telur dan tepung gandum utuh, lalu aduk hingga rata dan mendapatkan konsistensi adonan yang halus.

3. Panaskan teflon antilengket dan olesi sedikit butter. Gunakan scoop atau sendok untuk menakar dan menuangkan adonan ke dalam teflon. Buat pancake pisang dalam ukuran mini untuk memudahkan Si Kecil menggenggam dan menggigitnya. Masak hingga kedua sisinya matang dan kecokelatan.

4. Biarkan pancake pisang dingin sebelum disajikan kepada Si Kecil. Jika perlu, Anda bisa potong pancake pisang mini lebih kecil, seukuran sekali gigitannya.

3. Telur scramble

Telur merupakan sumber protein yang baik untuk bayi. Telur juga dikemas dengan banyak nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Moms bisa membuat telur scramble sebagai menu finger food bayi 8 bulan.

Bahan:

  • 1 butir telur
  • 2 sendok teh Greek yoghurt atau bisa diganti dengan cream cheese.

Cara membuat:

1. Campurkan kedua bahan dalam mangkuk. Aduk hingga tercampur rata.

2. Panaskan teflon antilengket dan olesi dengan sedikit butter.

3. Masukkan kocokan telur ke dalam teflon dan tunggu selama 15 detik sebelum diorak-arik. Masak hingga matang.

4. Biarkan telur scramble dingin sebelum disajikan kepada Si Kecil.

4. Kentang panggang

Ini adalah ​​resep finger food kentang paling mudah yang bisa Moms coba buat di rumah. Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik dan kaya serat yang sangat baik untuk Si Kecil. Anda bisa membuat kentang panggang yang lezat dan menyehatkan sebagai menu finger food bayi 8 bulan.

Bahan:

  • 1 buah kentang berukuran sedang.

Cara membuat:

1. Kupas kentang, lalu potong menjadi potongan stik yang kecil dan tipis. Kemudian bersihkan dengan air mengalir hingga bersih.

2. Panggang kentang dalam oven atau air fryer selama 15-20 menit hingga matang dan kecokelatan.

3. Biarkan kentang panggang dingin sebelum disajikan kepada Si Kecil.

5. Irisan buah segar

Moms bisa memberikan irisan buah segar sebagai finger food kepada Si Kecil. Beberapa jenis buah yang bisa dijadikan finger food adalah pisang, alpukat, strawberry, mangga, dan semangka. Buah-buahan segar ini dikemas dengan banyak vitamin yang tentu saja baik untuk Si Kecil.

Bahan:

  • Siapkan buah pilihan Anda.

Cara membuat:

1. Bersihkan buah dengan air mengalir hingga bersih.

2. Potong buah kecil-kecil seukuran sekali gigitan bayi.

3. Sajikan kepada Si Kecil.

6. Stik apel panggang

Apel merupakan buah dengan tekstur sedikit keras. Memanggang apel bisa membuat teksturnya lebih lembut, mudah dikunyah dan dicerna Si Kecil. Stik apel panggang juga punya rasa lezat dan manis, yang disukai Si Kecil.

Bahan:

  • 1 buah apel berukuran sedang
  • Sejumput kayu manis (opsional).

Cara membuat:

1. Bersihkan dan kupas apel, lalu potong menjadi potongan stik kecil dan tipis. Taburi dengan sedikit kayu manis.

2. Panggang stik apel dalam oven hingga empuk.

3. Biarkan dingin sebelum disajikan kepada Si Kecil.

Itulah 6 resep finger food yang lezat dan pasti disukai Si Kecil. Namun perlu diingat ya, Moms, penting untuk selalu mengawasi Si Kecil saat makan untuk memastikannya aman dan tidak tersedak. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Freepik)