Type Keyword(s) to Search
BABY

6 Cara Menurunkan Panas pada Bayi Tanpa Obat

6 Cara Menurunkan Panas pada Bayi Tanpa Obat

Bayi yang mengalami demam atau panas biasanya akan cenderung lebih rewel daripada biasanya. Kondisi ini tentu saja bisa membuat Moms sebagai orang tua merasa khawatir dan panik. Padahal, demam bukanlah penyakit, melainkan suatu respons tubuh terhadap hal-hal yang membuat bayi tidak nyaman.

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) bayi dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celsius atau lebih. Demam pada bayi bisa terjadi karena infeksi bakteri atau virus, KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), peradangan, proses tumbuh gigi, trauma, hingga perubahan suhu di lingkungannya.

Baca juga: 8 Obat Alami untuk Atasi Demam saat Bayi Tumbuh Gigi

Jika bayi Anda mengalami demam, jangan panik dan langsung memberikannya obat ya, Moms. Sebaliknya, Anda bisa lakukan 6 cara berikut ini untuk menurunkan panas pada bayi.

1. Kompres dengan air hangat

Cara pertama yang bisa Moms lakukan untuk menurunkan panas pada bayi adalah dengan melakukan kompres air hangat. Kompres air hangat sangat dianjurkan karena bisa memberikan efek evaporasi dan penguapan melalui pori-pori kulit Si Kecil, sehingga nantinya kompres akan menjadi bentuk rangsangan agar panas di tubuh bayi bisa keluar dan suhu tubuhnya pun akan menurun. Moms bisa mengompres Si Kecil di area dahi, leher, ketiak, atau pangkal paha.

2. Mandikan dengan air hangat

Saat bayi mengalami demam, Moms disarankan untuk memandikan Si Kecil dengan air hangat untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya. Menurut jurnal Annals of Tropical Paediatrics, telah terbukti bahwa memandikan bayi (mengelap) dengan waslap yang dibasahi air hangat bisa membantu mengurangi demam pada bayi. Setelah memandikan bayi, segera keringkan tubuh Si Kecil dengan handuk lembut untuk mencegahnya kedinginan dan menggigil.

3. Kenakan pakaian yang nyaman

Setelah itu, Moms bisa mengenakan pakaian yang nyaman untuk bayi sesuai kondisi tubuhnya. Jika Si Kecil demam tinggi, pilihlah baju yang tidak terlalu tebal, tapi tetap nyaman saat digunakan. Namun, jika Si Kecil demam tinggi hingga menggigil, Moms bisa memakaikan baju yang tebal dengan kaus kaki dan selimut.

4. Berikan ASI lebih sering

Selain bisa membuat bayi merasa tidak nyaman, demam tinggi juga bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mencegah dan mengatasi hal tersebut, saat Si Kecil demam, Moms bisa berikan ASI lebih sering. Berikan ASI sedikit demi sedikit, tapi sering. Selain itu, ASI juga dikenal memiliki antibodi yang sangat penting untuk melawan infeksi bakteri dan virus dalam tubuh bayi. Pada akhirnya, memberikan ASI yang cukup bisa membantu menurunkan panas Si Kecil.

5. Pastikan suhu kamar tetap sejuk

Selanjutnya, Moms harus memastikan suhu kamar tetap sejuk dan nyaman untuk bayi Anda. Jika suhu kamar terasa panas, tak ada salahnya untuk menggunakan AC atau kipas angin. namun, pastikan alat penyejuk udara yang digunakan memiliki kecepatan rendah dan tidak diarahkan langsung ke tubuh bayi Anda—sehingga tidak memperparah kondisinya dan ia pun bisa lekas pulih.

6. Bayi harus mendapat istirahat yang cukup

Saat sedang demam, Moms tidak disarankan untuk membawa bayi bermain atau keluar rumah. Sebaliknya, pastikan Si Kecil mendapat istirahat dan tidur yang cukup untuk sementara waktu. Cara ini bisa membantu menurunkan panas bayi dan membuat kondisinya lekas membaik.

Itulah 6 cara yang bisa Moms lakukan untuk menurunkan panas pada bayi tanpa obat. Namun, jika cara di atas belum bisa memberikan hasil yang optimal, sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter, ya! (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)