Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Hati-hati Bisa Bikin Iritasi, Ini Cara Menggunakan Face Scrub yang Benar

Hati-hati Bisa Bikin Iritasi, Ini Cara Menggunakan Face Scrub yang Benar

Kulit wajah yang sehat dan tampak cerah tentu menjadi dambaan banyak orang. Untuk itu, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Salah satunya adalah dengan mengeksfoliasi kulit. Langkah eksfoliasi kulit pun bisa ditempuh dengan berbagai metode, termasuk menggunakan face scrub untuk membersihkan sel kulit mati yang menempel di wajah.

Ya, mengeksfoliasi kulit dengan face scrub terkenal ampuh menghilangkan sisa-sisa kotoran kulit wajah, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan optimal. Meskipun begitu, menggunakan face scrub perlu dilakukan dengan benar. Soalnya, kulit bisa mengalami iritasi jika penggunaan face scrub tidak tepat.

Tak perlu khawatir Moms, karena kali ini M&B sudah merangkum cara menggunakan face scrub yang baik dan benar. Siap-siap ucapkan selamat tinggal pada wajah kusam, deh!

Cara menggunakan face scrub yang benar

1. Bersihkan wajah

Jika Anda menggunakan makeup, maka ada baiknya Anda membersihkan kulit wajah terlebih dahulu menggunakan micellar water ataupun pembersih makeup lainnya. Setelah itu, cuci wajah Anda menggunakan sabun wajah untuk membersihkan kulit dari debu atau kotoran, sehingga face scrub bisa lebih efektif membersihkan kotoran lebih halus yang menempel di kulit. Selain itu, mencuci wajah sebelum menggunakan face scrub bisa membantu face scrub membersihkan kulit lebih dalam.

2. Pijat dengan halus

Setelah mengoleskan face scrub pada seluruh wajah, pijat halus kulit Anda dengan gerakan memutar. Fokuskan pijatan Anda pada area-area yang rentan tertimbun kotoran atau yang lebih sering terpapar, seperti pipi, kening, hidung, dagu, dan lipatan cuping hidung. Hindari menggosok wajah dengan kasar menggunakan scrub, karena bisa meningkatkan risiko iritasi kulit.

3. Hindari area berlendir

Yang perlu diingat, selalu cegah scrub masuk ke dalam mata, hidung, ataupun mulut. Jika produk sudah telanjur masuk ke mata, hidung, maupun mulut, segera bilas dengan air dan lap dengan waslap maupun tisu kering untuk mengeluarkan partikel scrub. Jika sudah masuk, scrub bisa menyebabkan iritasi dan mata pun jadi terasa perih.

4. Bilas dengan air hangat

Usai memijat lembut wajah dengan face scrub selama beberapa menit, Moms bisa bilas wajah dengan air hangat. Air hangat bisa membantu membersihkan wajah dari residu eksfoliasi dengan optimal. Pastikan wajah benar-benar terbilas bersih sebelum Anda mengeringkannya dengan handuk lembut ya, Moms.

5. Gunakan langkah perawatan selanjutnya

Ini adalah bagian yang paling sering dilupakan, yaitu menjaga kelembapan kulit dengan melakukan langkah perawatan kulit selanjutnya. Pori-pori kulit bisa terbuka dan tampak membesar akibat eksfoliasi menggunakan face scrub.

Oleh karena itu, segera gunakan face toner setelah tahapan eksfoliasi selesai, untuk menenangkan, mengurangi tampilan pori yang membesar, dan menyeimbangkan pH kulit wajah sehingga tidak memproduksi minyak berlebih.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kelembapan wajah dengan moisturizer atau pelembap wajah. American Academy of Dermatology menyarankan penggunaan moisturizer setelah face scrub untuk menjaga kelembapan dan menenangkan kulit Anda. Hindari menggunakan produk pelembap wajah baru setelah mengeksfoliasi, karena kondisinya yang rawan iritasi setelah eksfoliasi.

Yang perlu diingat soal face scrub

Selain cara penggunaan, ada beberapa hal yang perlu Moms ingat perihal face scrub, yakni:

1. Jangan gunakan face scrub setiap hari. Pada dasarnya, mengeksfoliasi kulit wajah setiap hari dengan metode apa pun akan mengikis pertahanan kulit Anda, sehingga bisa membuatnya kering dan rentan iritasi alih-alih bersih dan sehat.

2. Perhatikan kandungan face scrub. Ada beberapa bahan scrub yang partikelnya cukup besar sehingga bisa membuat kulit terluka dan meradang. Beberapa bahan yang perlu Anda hindari adalah kulit kacang dan biji buah-buahan.

3. Pahami jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka lebih baik Anda mengeksfoliasi kulit dengan eksfolian kimia atau chemical exfoliant. Face scrub termasuk eksfolian fisik atau physical exfoliant, sedangkan chemical exfoliant umumnya berupa toner maupun serum. Physical exfoliant seperti face scrub hanya akan meningkatkan risiko iritasi bagi kulit sensitif Anda. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)