Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Musim Pancaroba Picu Banyak Penyakit! Ini Tips dari Ahli untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Musim Pancaroba Picu Banyak Penyakit! Ini Tips dari Ahli untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Moms merasa akhir-akhir ini cuaca makin tak menentu? Kadang panas terik, tapi tak lama kemudian langsung turun hujan lebat. Ya, kita memang sudah memasuki musim pancaroba nih, Moms. Kalau sudah begini, tak hanya cuaca yang terasa tidak nyaman, badan pun ikut terasa tidak fit.

Perubahan cuaca yang drastis di musim pancaroba ini memang memaksa tubuh kita untuk terus beradaptasi dengan kondisi ini. Akibatnya, jika imun tubuh kita sedang kurang baik, maka akan mudah terserang penyakit seperti diare, flu, DBD, dan ISPA.

Meskipun musim pancaroba memang tak bisa dihindari, kondisi ini tentu bisa diantisipasi dengan berbagai upaya agar imunitas tubuh tetap terjaga sehingga Moms dan keluarga tidak mudah sakit.

Untuk membantu Moms dan keluarga menghadapi perubahan cuaca kali ini, berikut tips dari para ahli yang dirangkum dari HealthTalk "Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Menjaga Kondisi Tubuh saat Musim Pancaroba" yang diadakan oleh Nestlé BEAR BRAND untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional beberapa waktu lalu. 

1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Dokter Ademalla Kirana Nungtjik, Sp.PKR, spesialis pulmonologist dan kedokteran respirasi, menjelaskan bahwa beberapa penyakit yang sering kali muncul di musim pancaroba, antara lain flu, demam berdarah, diare, dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang diawali dengan gejala batuk, pilek, demam, sakit tenggorokan, sulit bernapas, lemah, pusing, nyeri otot dan sendi. Karena itu, untuk menjaga kondisi tubuh, khususnya di musim pancaroba, pastikan Moms dan keluarga selalu mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang.

2. Cukupkan asupan air putih

Selain mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih ya, Moms. Sesuai dengan saran dr. Ademalla, minum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Karena musim pancaroba juga identik dengan penyakit batuk, pilek, dan radang tenggorokan, sebaiknya hindari air dingin dan minuman manis. 

3. Jaga stamina dengan rutin berolahraga

Jangan lupa olahraga! Saran dari dr. Ademalla, usahakan untuk berolahraga secara rutin minimal 150 menit per minggu. Dokter Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga RS Pondok Indah juga membenarkan bahwa kurang berolahraga bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, apalagi saat ini kondisi cuaca yang tidak tentu. Beberapa pilihan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan, antara lain yoga, zumba, sepeda statis, treadmill, dan lompat tali.

Apabila kondisi udara baik, jalan kaki, jogging, bulu tangkis, tenis, dan renang bisa menjadi pilihan. Saat berolahraga, tubuh akan membakar kalori di dalam tubuh, menyehatkan jantung dan paru, mencegah terjadinya obesitas, serta melepas hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood serta membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

Satu lagi tips penting dari dr. Antonius, di saat tingkat polusi cenderung lebih tinggi pada sore dan malam hari seperti sekarang ini, gunakan masker olahraga, perhatikan kesehatan diri jika mempunyai masalah kesehatan seperti pernapasan atau jantung, pastikan untuk selalu membawa obat-obatan yang dibutuhkan, serta periksa kualitas udara sebelum berolahraga di luar ruangan dengan menggunakan aplikasi atau situs web yang menyediakan informasi tentang polusi udara.

4. Istirahat cukup dan kendalikan stres

Bukan rahasia lagi jika kurang istirahat serta stres yang tidak bisa diatasi dengan baik adalah salah satu hal yang membuat daya tahan tubuh menurun. Karena itu, pastikan Moms dan keluarga selalu mendapatkan tidur berkualitas 7-9 jam setiap hari, dan lakukan kegiatan favorit yang dapat membuat diri kita lebih bahagia dan terhindar dari stres.

5. Minum susu!

Eka Hardiana, Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia, mengatakan bahwa dalam menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari bahaya penyakit yang timbul akibat pancaroba diantaranya dengan pemenuhan gizi seimbang. Salah satu upaya pemenuhan gizi seimbang adalah dengan mengonsumsi susu yang merupakan protein hewani.

Namun, memilih susu pun tidak boleh dilakukan secara asal, ya. Apalagi, susu pilihan Moms ini akan dikonsumsi juga oleh Si Kecil. Nah, Moms bisa memilih Nestlé BEAR BRAND yang merupakan 100% susu murni berkualitas tinggi yang telah mengalami proses sterilisasi, tanpa gula tambahan, tingkat bakteri konsisten di bawah batas maksimum, serta total solid susu yang tinggi sehingga bisa langsung dikonsumsi untuk melengkapi asupan gizi harian. Tak perlu banyak-banyak, cukup minum satu kaleng setiap hari untuk mendukung aktivitas agar dapat berjalan dengan lancar. (M&B/Nanda Djohan/SW/Foto: Freepik, Nestlé BEAR BRAND/Image Dynamics PR)