Type Keyword(s) to Search
BABY

Moms, Ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Gelisah saat Tidur di Malam Hari

Moms, Ini Bisa Jadi Penyebab Bayi Gelisah saat Tidur di Malam Hari

Moms, Anda pasti pernah mendapati bayi gelisah saat tidur di malam hari. Kondisi ini salah satunya ditandai dengan bayi yang lebih sering terbangun dari tidur, sehingga Anda pun ikut terjaga untuk menemaninya.

Menurut Stony Brook University Hospital, kondisi bayi gelisah saat tidur di malam hari sering disebut dengan sleep regression, salah satu masalah tidur yang biasanya terjadi pada bayi hingga usia 1,5 tahun dan bisa berlangsung selama beberapa hari.

Sleep regression pada bayi disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari stres, sakit, hingga perubahan aktivitas sehari-hari. Jika Si Kecil mengalaminya, Moms tak perlu khawatir, karena ini merupakan bagian dari tahap tumbuh kembang otak bayi.

Baca juga: 5 Cara untuk Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Namun, ada beberapa penyebab umum yang membuat bayi gelisah saat tidur di malam hari. Simak penjelasannya berikut ini, Moms!

1. Tidak enak badan

Sedang sakit atau tidak enak badan merupakan salah satu penyebab paling umum bayi gelisah saat tidur di malam hari. Saat sakit, bayi akan lebih rewel dan mudah terbangun dari tidur, karena merasakan sakit atau tidak nyaman yang dialaminya.

2. Lapar

Penyebab bayi gelisah saat tidur berikutnya adalah karena ia merasa lapar. Saat lapar, bayi cenderung akan menangis dan gelisah, karena ia belum mampu untuk mengutarakan rasa laparnya itu kepada Anda. Moms bisa mencoba menenangkan bayi dengan cara memberikannya ASI hingga Si Kecil merasa kenyang dan bisa tidur pulas kembali.

3. Belum memiliki jam biologis tubuh

Setiap manusia memiliki jam biologis (ritme sirkadian) yang berfungsi mengatur seluruh proses tubuh berjalan maksimal selama 24 jam. Namun, tubuh bayi belum memiliki jam biologis, Moms. Itu membuatnya sulit membedakan antara siang dan malam. Karenanya, tak heran jika jam tidur bayi masih belum teratur. Si Kecil bisa tidur dengan nyenyak di siang hari, tapi kemudian terjaga di malam hari.

4. Mengalami kelelahan

Ada banyak hal yang membuat bayi tidur dalam kondisi gelisah, salah satunya karena ia merasa kelelahan. Kelelahan bisa terjadi saat bayi terlalu banyak bermain di siang hari atau menjelang waktu tidurnya. Untuk mencegah hal ini, pastikan Si Kecil dalam kondisi tenang serta tidak melakukan aktivitas berat, sekitar 2-3 jam sebelum waktu tidurnya ya, Moms.

Baca juga: 8 Makanan yang Bisa Membuat Bayi Tidur Nyenyak

5. Sedang tumbuh gigi

Proses tumbuh gigi juga bisa jadi penyebab bayi mengalami gelisah saat tidur malam. Ini terjadi karena proses tumbuh gigi membuat tubuh Si Kecil jadi tidak nyaman, sehingga ia pun rewel dan sulit tidur. Untuk mengatasinya, Moms bisa menyusuinya lebih sering, mengompres tubuh Si Kecil jika demam, atau memberikan teether untuk merangsang pertumbuhan giginya dan mengurangi ketidaknyamanan di gusinya.

6. Mengalami stres karena suasana sekitar

Bayi juga bisa mengalami stres karena lingkungan sekitar, misalnya saja karena suara berisik, cahaya yang terlalu terang, atau suhu ruangan yang kurang nyaman. Kondisi yang kurang kondusif ini bisa membuat bayi gelisah, sehingga Si Kecil pun mudah terbangun di malam hari. Moms bisa atasi hal ini dengan cara memastikan lingkungan sekitar nyaman, terutama di waktu tidur bayi.

Itulah beberapa penyebab umum bayi gelisah saat tidur di malam hari. Tidak perlu khawatir atau stres ya Moms, karena makin bertambah usianya, Si Kecil akan memiliki jam tidur yang lebih teratur. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)