Type Keyword(s) to Search
BABY

5 Cara untuk Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

5 Cara untuk Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan bayi. Umumnya, bayi menghabiskan 14-17 jam untuk tidur. Dan untuk memperoleh tumbuh kembang yang optimal, Si Kecil memang sebaiknya mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Sayangnya, tak sedikit bayi yang mengalami susah tidur. Hal ini tentu bisa berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya, Moms. Ya, masalah susah tidur tidak hanya dialami orang dewasa, bayi pun juga mengalami susah tidur, terutama di malam hari.

Bayi, terutama yang baru lahir, memang belum bisa membedakan antara malam dan siang hari. Tak heran bila Si Kecil kerap terbangun di malam hari dan susah tidur kembali. Saat sulit tidur, bayi umumnya rewel dan menangis. Tak jarang kondisi ini membuat Moms jadi kerepotan dan bingung, bagaimana membuat bayi tidur kembali dengan mudah.

Mengutip laman Children’s Health, Dawn Denise Johnson MD, seorang dokter spesialis anak di Dallas, Texas, mengatakan ada beberapa penyebab bayi susah tidur di malam hari, antara lain:

  • Perutnya lapar
  • Popoknya basah
  • Si Kecil tidak bisa tidur kembali dan minta ditemani
  • Kondisi ruang tidurnya tidak nyaman.

Nah, buat Moms yang bayinya mengalami kesulitan tidur, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar Anda bisa menidurkan Si Kecil dengan mudah.

1. Bangun rutinitas tidur

Bayi baru lahir memang belum memiliki pola tidur yang teratur. Karena itu, Moms perlu membentuk pola tidur Si Kecil dengan cara membangun rutinitas tidurnya. Caranya, Anda bisa berikan stimulan yang konsisten dan menenangkan seperti memeluknya, menimangnya, menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya, atau membacakannya cerita.

Meskipun begitu, Moms mesti ingat, terlalu banyak stimulan di malam hari justru bisa membuat Si Kecil jadi susah tidur. Karena itu, Anda sebaiknya pilih beberapa saja yang sesuai untuk Si Kecil agar ia bisa tidur dengan mudah dan berikan stimulan ini di ruang yang sunyi dan tenang sebagai tanda pengantar tidur bayi.

2. Gendong bayi ke tempat tidurnya saat ia mulai mengantuk

Saat bayi sudah menunjukkan tanda-tanda ia mulai mengantuk, segera bawa Si Kecil ke tempat tidurnya. Hal ini bisa membantu untuk memberikan pengertian kepadanya bahwa tempat tidur merupakan kode buatnya untuk tidur.

Perlu diperhatikan, Moms sebaiknya memosisikan bayi tidur dalam posisi telentang. Pastikan juga tempat tidurnya bersih dari mainan atau barang-barang lain yang tidak ada hubungannya dengan tidur Si Kecil agar ia bisa tidur dengan nyaman.

Baca juga: Bolehkah Bayi Tidur Miring? Ini Penjelasannya, Moms

3. Tenangkan bayi

Si Kecil bisa saja akan rewel atau menangis sebelum ia menemukan posisi yang nyaman untuk tidur. Jika tangisannya tak kunjung reda, Moms bisa coba periksa kondisi bayi, misalnya apakah popoknya basah. Setelah itu, berikan kata-kata yang menenangkan sebagai pengantar tidurnya.

4. Buat ruangan tidur bayi nyaman

Bayi Anda mungkin saja susah tidur di malam hari karena ruangan tidurnya yang terlalu silau, ia merasa gerah, atau suasana kamar yang berisik. Untuk membantu bayi Anda tidur, Moms sebaiknya mengatur ruangan tidur Si Kecil. Anda bisa redupkan lampu ruangan sebagai tanda sudah saatnya ia tidur, lalu atur suhu ruangan senyaman mungkin, dan kondisikan ruangan agar tenang sehingga Si Kecil bisa tidur dengan mudah dan nyaman.

5. Sesuaikan jam tidur bayi

Seperti disebutkan di atas, bayi, terutama yang baru lahir, memang belum memiliki pola tidur yang teratur. Bisa saja Si Kecil suka tidur di siang hari dan susah tidur di malam hari. Karena itu, Moms perlu menyesuaikan rutinitasnya berdasarkan pola alaminya. Di awal-awal, mungkin saja Anda mengalami kesulitan untuk menyesuaikan jam tidur bayi. Namun, seiring berjalannya waktu, Moms bisa kok, mengubah pola tersebut perlahan-lahan.

Nah, dengan kesabaran dan kasih sayang, Anda bisa membangun rutinitas tidur Si Kecil hingga ia tidak susah tidur. (M&B/SW/Foto: Jcomp/Freepik)