Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

10 Ciri-ciri Hamil Sebelum Telat Haid yang Perlu Moms Tahu

10 Ciri-ciri Hamil Sebelum Telat Haid yang Perlu Moms Tahu

Kehamilan memang terkadang bisa cukup membingungkan ya, Moms, karena tanda dan gejalanya bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Salah satu ciri awal kehamilan yang paling umum adalah telat haid atau menstruasi.

Namun, tahukah Moms, kalau ternyata ada ciri lain yang mungkin muncul sebelum telat haid? Ciri ini bisa berupa perubahan pada tubuh di awal kehamilan, misalnya saja, payudara yang terasa bengkak, peningkatan suhu tubuh basal, hingga perubahan selera makan, yang disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang perlu Moms tahu.

1. Terjadi perubahan suhu tubuh

Ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang pertama adalah adanya peningkatan suhu tubuh. Biasanya, di awal kehamilan, suhu tubuh Anda meningkat 0,4-0,6 derajat Celsius dari suhu normal, lalu berubah di hari berikutnya. Salah satu penyebabnya adalah adanya perubahan hormonal di dalam tubuh.

2. Mual dan muntah

Mual dan muntah merupakan gejala paling umum dirasakan wanita di awal kehamilan yang sering disebut dengan istilah morning sickness. Ciri ini biasanya sudah mulai Anda rasakan sebelum telat haid. Mual dan muntah merupakan penanda proses pembuahan sel sperma dan sel telur di minggu pertama kehamilan. Selain itu, mual dan muntah juga muncul karena adanya peningkatan hormon hCG dan estrogen di dalam tubuh.

3. Payudara terasa lebih sensitif

Menurut International Journal of Women’s Dermatology, perubahan hormon di awal kehamilan juga bisa menyebabkan pembengkakan payudara. Pembengkakan ini membuat payudara jadi terasa nyeri dan muncul kemerahan. Selain itu, bagian puting payudara juga turut mengalami perubahan, warnanya bisa berubah menjadi lebih gelap daripada sebelumnya.

4. Tubuh jadi mudah lelah

Saat hamil, Moms mungkin merasa tubuh jadi mudah lelah daripada sebelumnya. Ini karena adanya perubahan hormon serta volume darah yang berdampak pada perubahan sistem metabolisme tubuh. Tak heran, meski sudah mengonsumsi banyak makanan, tubuh tetap terasa lelah dibandingkan biasanya.

5. Perubahan suasana hati

Melansir Healthline, sebelum mengalami telat haid, beberapa wanita juga merasakan suasana hati yang tidak menentu di awal kehamilan. Penyebabnya karena adanya fluktuasi hormon di dalam tubuh, yang kemudian membuat Anda jadi lebih mudah marah, tersinggung, atau bahkan sedih.

6. Lebih sering buang air kecil

Peningkatan frekuensi buang air kecil merupakan ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang kerap muncul berikutnya. Hal ini disebabkan oleh peningkatan aliran darah dari dan menuju panggul, yang berdampak pada sistem kerja organ ginjal dan kandung kemih. Tak heran jika kondisi ini bikin Anda jadi lebih sering buang air kecil daripada biasanya.

7. Nafsu makan meningkat

Saat hamil, hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh mengalami peningkatan. Tanpa disadari, ini bisa memengaruhi rasa lapar, sehingga Moms mungkin mengalami peningkatan nafsu makan yang signifikan. Namun di fase yang sama, indra pengecapan dan penciuman juga turut berubah, yang justru juga bisa menurunkan selera dan nafsu makan Anda.

8. Perubahan pada kulit

Selain telat haid, Moms mungkin juga mengalami perubahan warna kulit di awal kehamilan. Penyebabnya karena adanya fluktuasi hormon MSH (Melanosit Stimulating Hormone), yang bisa memengaruhi melanin di kulit. Selain itu, perubahan hormon lainnya di tubuh saat hamil juga membuat produksi minyak alami di kulit meningkat, yang membuat kulit Anda lebih mudah berjerawat dan jadi tampak kusam.

9. Perut kembung

Perubahan hormon di tubuh saat hamil juga bisa memengaruhi sistem pencernaan dan pergerakan usus Anda. Saat hamil, proses gerak usus jadi melambat, yang kemudian menimbulkan tumpukan gas di perut. Inilah yang kemudian membuat Anda merasakan sensasi perut kembung atau terasa penuh.

10. Mengalami pendarahan

Pendarahan yang terjadi di awal kehamilan biasanya berupa flek ringan dengan darah berwarna merah segar. Umumnya pendarahan terjadi satu minggu sebelum Anda memasuki masa menstruasi. Pendarahan ini biasanya cukup ringan, menjadi tanda bahwa sel telur telah berhasil dibuahi sperma dan tertanam di dinding rahim.

Baca juga: 4 Ciri Flek saat Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Itulah beberapa ciri kehamilan sebelum telat haid yang perlu Moms ketahui. Penting untuk diingat bahwa setiap wanita punya kondisi tubuh yang berbeda-beda, sehingga ciri yang muncul mungkin akan bervariasi. Untuk memastikannya, Anda bisa segera melakukan konsultasi ke dokter, Moms. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)