Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

Makanan yang Efektif Mengurangi Mual saat Hamil

Makanan yang Efektif Mengurangi Mual saat Hamil

Mual dan muntah merupakan keluhan yang sering dialami ibu hamil. Keluhan yang populer dengan istilah morning sickness ini dialami lebih dari 50 persen bumil di trimester pertama kehamilan mereka.

Kondisi ini pastinya membuat Anda merasa tidak nyaman saat hamil ya, Moms. Apalagi, jika Anda mengalami mual saat mencoba makan sesuatu, sehingga Anda pun kehilangan nafsu makan.

Walaupun begitu, Moms harus tetap mengonsumsi makanan, karena Anda membutuhkan berbagai nutrisi penting buat kesehatan kehamilan Anda dan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah mual Anda? Salah satu kuncinya, Moms bisa makan dalam porsi sedikit tapi sering. Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa makanan berikut ini yang akan membantu mengurangi rasa mual.

1. Biskuit

Anda bisa memilih biskuit yang punya kandungan karbohidrat tinggi untuk mengatasi masalah mual yang Anda alami di pagi hari. Selain untuk mengembalikan tenaga setelah mengalami mual dan muntah, mengonsumsi biskuit juga akan membantu menyerap asam di lambung sehingga mengurangi rasa mual di perut Anda.

2. Yoghurt

Anda rutin mengonsumsi yoghurt selama hamil, Moms? Jika tidak, Anda sepertinya mesti membiasakan diri makan yoghurt. Perpaduan rasa manis dan asamnya sangat disukai bumil karena bisa menetralisir rasa mual. Selain itu, yoghurt penuh dengan bakteri baik yang bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan Anda dan menenangkan perut yang mengalami mual.

Namun, ada sejumlah hal yang perlu Moms perhatikan saat hendak mengonsumsi yoghurt, yaitu:

  • Pilih yoghurt yang tidak mengandung gula tambahan
  • Tidak terlalu asam. Yoghurt yang rasa asamnya terlalu kuat dikhawatirkan bisa membuat Anda sakit perut
  • Yoghurt terbuat dari susu pasteurisasi, karena lebih aman dan sehat dikonsumsi bumil
  • Lebih disarankan memilih yoghurt yang dibuat dari susu pasteurisasi rendah lemak
  • Tidak dikonsumsi berlebihan atau tidak boleh lebih dari 600 gram per hari yang dibagi menjadi 200 gram per 1 kali makan
  • Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi plain yoghurt dan menambahkan buah-buahan segar sebagai pemanisnya.

3. Buah-buahan

Beberapa jenis buah sangat baik untuk membantu Anda mengurangi rasa mual saat hamil. Buah-buahan tersebut di antaranya adalah:

  • Pisang. Buah ini kaya vitamin B6 yang sangat efektif meredakan mual dan muntah saat hamil
  • Pepaya. Selain mengatasi sembelit, pepaya juga ampuh menangani mual dan muntah bagi Moms yang sedang hamil
  • Apel. Secara umum, apel mengandung tinggi serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan dan menangani masalah mual bumil
  • Lemon. Perasan buah ini bisa mengatasi rasa mual. Aroma dan rasa lemon yang menyegarkan bisa membantu menenangkan perut Anda dan mengurangi mual.

4. Kacang almond

Almond bisa menjadi camilan yang sangat sehat saat hamil, dan yang juga penting, mampu mencegah mual, terutama di pagi hari, serta mengurangi stres berlebihan selama kehamilan karena kandungan riboflavin yang ada di dalamnya.

Kacang almond juga mengandung vitamin E yang membantu pembentukan sel kulit dan rambut bagi janin serta kalsium yang meningkatkan pembentukan jaringan tulang dan gigi pada janin.

5. Jahe

Jahe sangat baik karena mengandung zat antiemesis alami. Zat ini mampu mengurangi rasa tidak nyaman akibat mual. Selain itu, jahe juga membantu sistem sirkulasi darah dalam tubuh kembali normal dan senyawanya bisa membuat mood Anda jadi lebih baik.

Bumil bisa mengonsumsinya dengan cara membuatnya menjadi campuran minuman, misalnya minuman yang terbuat dari jahe, seperti teh jahe dan wedang jahe. Cara lain yang lebih simpel, makan saja permen jahe untuk meminimalisir rasa mual saat hamil.

6. Labu

Labu punya kandungan magnesium cukup tinggi dan baik untuk mengatasi mual pada bumil. Mineral ini berfungsi meningkatkan sirkulasi darah yang sangat baik untuk mengatasi perubahan hormon yang Anda alami di masa kehamilan. (M&B/SW/Foto: Freepik)