Type Keyword(s) to Search
TODDLER

7 Rekomendasi Mainan untuk Anak Usia 2 Tahun

7 Rekomendasi Mainan untuk Anak Usia 2 Tahun

Mainan jadi satu benda yang kerap digunakan anak-anak untuk bermain, belajar, dan mengeksplorasi berbagai hal baru di sekitarnya. Karena itu, penting buat Moms memberikan mainan yang sesuai dengan usia Si Kecil. Misalnya, untuk anak usia 2 tahun, Moms bisa berikan mainan edukatif yang dapat membantu mendukung tumbuh kembangnya.

Melansir laman WebMD, di usia 2 tahun anak umumnya sudah mulai belajar berdiri dan berjalan, berbicara serta melafalkan kata, menendang atau melempar bola, naik turun tangga sambil berpegangan, hingga membawa dan menggenggam mainannya sendiri. Nah, jika Moms sedang mencari mainan untuk anak Anda yang berusia 2 tahun, ini beberapa rekomendasinya.

Baca juga: Ini 7 Ide Kado untuk Anak Usia 2 Tahun ke Atas

1. Buku cerita 

Buku jadi salah satu rekomendasi mainan untuk anak usia 2 tahun. Sebab di usia tersebut, ia sedang asyik mengeksplorasi berbagai kosakata baru untuknya belajar berbicara. Di sisi lain, buku cerita juga mampu melatih imajinasi Si Kecil. Karena tanpa sadar, saat dibacakan buku cerita, ia akan membayangkan karakter dan situasi yang ada di dalam cerita tersebut.

2. Balok susun kayu warna warni

Berikutnya, Moms bisa juga berikan mainan berupa balok susun kayu yang memiliki beragam warna. Aktivitas menyusun balok akan melatih keterampilan motorik halus dan kasar yang dimiliki anak. Selain itu, Si Kecil juga akan terlatih mewujudkan ide dalam mengubah, membangun, serta membentuk rangkaian susunan kayu menjadi sesuatu yang menarik untuknya atau yang ada di dalam imajinasinya.

3. Alat masak-masakan

Peralatan masak-masakan juga bisa Anda berikan untuk anak usia 2 tahun, Moms. Mainan yang satu ini tak hanya menyenangkan, tapi juga bisa sekaligus mengasah imajinasi Si Kecil. Kenalkan anak dengan perlengkapan dapur yang ada, serta lakukan permainan peran seperti “koki” dan “pembeli” agar ia belajar mengenal situasi dan kondisi saat berada di dapur atau di restoran.

4. Puzzle

Puzzle merupakan salah satu mainan yang bisa membantu menstimulasi kecerdasan otak anak. Permainan yang satu ini dianggap mampu membangun keterampilan kognitif dan motorik halusnya. Moms bisa pilih puzzle dengan beragam bentuk dan gambar yang menarik agar anak lebih tertarik.

5. Plastisin 

Plastisin atau mainan lilin cocok diberikan untuk anak usia 2 tahun. Mainan ini terbuat dari lilin lunak yang bisa diubah menjadi berbagai macam bentuk. Selain mengasah kreativitas anak, plastisin juga bisa merangsang kemampuan motorik halus anak. Moms bisa pilih mainan plastisin yang tidak mengandung bahan kimia, agar aman buat Si Kecil, ya.

6. Poster interaktif 

Moms juga bisa memberikan poster interaktif sebagai mainan edukatif untuk anak Anda yang berusia 2 tahun. Mainan ini bisa membantu mengasah kemampuan anak untuk berbicara, serta mengenal angka, huruf, bentuk, dan gambar. Poster untuk anak biasanya juga didesain dengan berbagai macam warna untuk menarik perhatian Si Kecil.

7. Tablet alfabet dan angka

Anda juga bisa berikan mainan berupa tablet alfabet dan angka untuk anak usia 2 tahun, Moms. Mainan tablet alfabet dan angka ini bisa membantu mengasah keterampilan serta memperkaya kosakata anak. Anda bisa juga ajarkan Si Kecil untuk merangkai huruf-huruf agar menjadi sebuah kata, misalnya S-A-Y-A atau M-A-M-A.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan untuk anak usia 2 tahun yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)