Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Posisi Tidur untuk Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

5 Posisi Tidur untuk Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

Saat hamil, sangat penting untuk Moms memiliki waktu tidur yang cukup. Namun, seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, Anda mungkin kesulitan untuk mengatur posisi tidur yang nyaman. Berdasarkan Pakistan Journal of Medical Sciences, sebanyak 78% ibu hamil sering mengalami masalah tidur. Salah satu alasannya karena ukuran perut yang bertambah besar, sehingga ruang gerak pun jadi terbatas.

Untuk mengatasinya, Moms bisa mencoba beberapa posisi tidur untuk ibu hamil di bawah ini, antara lain dengan memiringkan tubuh ke kiri atau tidur dengan posisi tubuh setengah bersandar. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 posisi tidur yang aman dan nyaman buat ibu hamil.

Baca juga: Panduan Tidur Siang saat Hamil dan 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

1. Tidur miring ke kiri

Tidur miring ke kiri jadi salah satu posisi tidur yang disarankan untuk bumil yang usia kandungannya sudah memasuki trimester 2 (13-26 minggu). Menurut American Pregnancy Association, tidur miring ke kiri bisa membantu meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang masuk ke dalam plasenta dan bayi, sekaligus bisa mengurangi potensi pembengkakan di area kaki.

2. Posisi tiga perempat

Posisi tidur yang aman dan nyaman untuk bumil berikutnya adalah posisi tidur tiga perempat. Maksudnya, Moms bisa pertahankan satu kaki di tekuk dan satu kaki lagi terentang dengan menggunakan bantalan di antara paha. Posisi yang satu ini bisa membantu Anda mengurangi ketegangan pada otot kaki dan sendi serta bisa melancarkan aliran darah di tubuh.

3. Posisi tengkurap

Bagi sebagian orang, tidur tengkurap saat hamil mungkin terkesan mengkhawatirkan karena area perut akan tertindih. Padahal posisi tidur yang satu ini diperbolehkan, dengan catatan usia kehamilan masih trimester 1. Tidur tengkurap masih dikatakan aman, karena dinding rahim dan cairan ketuban di trimester 1 masih bisa melindungi janin dari risiko terjepit atau tertindih. Namun, posisi tidur yang satu ini memang tidak dianjurkan jika usia kehamilan Anda memasuki trimester 2 atau 3.

4. Posisi telentang

Saat hamil, Moms bisa juga tidur dengan posisi telentang. Posisi yang satu ini diperbolehkan jika usia kandungan baru memasuki trimester 1 (maksimal 2 bulan). Sedangkan, jika kehamilan sudah masuk trimester 2 dan 3, posisi ini tidak disarankan ya, Moms, karena bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti nyeri punggung, masalah pencernaan, dan gangguan sirkulasi darah.

5. Posisi setengah bersandar

Terakhir, Moms bisa mencoba posisi tidur setengah bersandar. Caranya dengan menggunakan bantal untuk menopang bagian punggung, perut, dan kaki. Posisi ini dinilai cukup aman untuk Moms yang usia kandungannya sudah memasuki trimester 3 atau menjelang persalinan, karena bisa membantu Anda terhindar dari bengkak di area kaki, meredakan nyeri di vagina, serta mengurangi tekanan di sekitar perut.

Meski semua posisi tersebut dinilai aman dan nyaman, Anda jangan lupa untuk tetap rutin mengganti posisi tubuh saat tidur ya, Moms. Hal ini berguna untuk menghindari kemungkinan nyeri di salah satu area tubuh yang membuat Anda jadi tidak nyaman. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)