Type Keyword(s) to Search
TODDLER

Ini Manfaat Bermain di Lantai Bersama Anak, Bikin Bonding Makin Nempel

Ini Manfaat Bermain di Lantai Bersama Anak, Bikin Bonding Makin Nempel

Melihat Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal tentunya menjadi harapan kita sebagai orang tua ya, Moms dan Dads. Untuk mewujudkan hal tersebut, selain dengan memenuhi asupan nutrisi anak, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk melakukan quality time dengan bermain bersama Si Kecil.

Menurut Samanta Elsener, M.Psi., Psikolog Anak dan Keluarga, bermain memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan anak, seperti perkembangan kognitifnya, perkembangan kestabilan emosinya, dan perkembangan kreativitasnya yang membuat Si Kecil jadi lebih imajinatif dan bereksplorasi untuk memenuhi keingintahuannya.

“Orang tua memiliki peran yang penting ketika bermain dengan anak, bukan cuma untuk mempererat bonding, tapi koneksi yang lebih dari bonding, terutama pada anak yang sulit untuk diberi tahu. Bermain adalah alternatif yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatkan koneksi dengan anak,” jelas Samanta.

Salah satu cara untuk menciptakan momen bonding yang bermakna adalah melalui kegiatan bermain di lantai atau “floor time”. Dijelaskan oleh Samanta, ada banyak manfaat yang diperoleh anak saat bermain di lantai.

“Saat bermain di lantai, kita sebagai orang tua punya level yang sama dengan anak, posisi kita sebagai orang tua dengan anak jadi setara, sehingga anak jadi merasa lebih nyaman karena lebih dekat,” tambah Samanta.

Karena lebih nyaman dan lebih dekat dengan orang tua, anak pun akan jadi lebih pede saat bermain. Misalnya dalam permainan peran atau pretend play, ia yang menjadi leader-nya. Hal ini tidak hanya akan melatih kreativitas Si Kecil, tapi juga akan melatih jiwa kepemimpinannya, sehingga ia pun akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri. “Nah, ini yang bikin bonding anak dengan orang tua jadi makin baik,” ujar Samanta.

Solusi untuk bermain di lantai bersama anak dengan nyaman

Momen bermain di lantai memang bisa mengasyikkan buat Si Kecil. Namun, yang mesti Moms dan Dads perhatikan, saat bermain di lantai, pastikan lantai selalu dalam keadaan bersih dan wangi. Hal ini bertujuan agar bukan hanya Anda, tapi juga Si Kecil merasa nyaman saat bermain di lantai dan momen kumpul keluarga pun jadi lebih menyenangkan.

Untuk itu mewujudkan hal itu, Superpell mempersembahkan formulasi terbaru pada varian Superpell Japanese Apple and Peony yang memiliki wangi 10 kali lebih segar dan tahan lama hingga 8 jam serta dilengkapi dengan teknologi Quick Clean & Dry agar membersihkan lantai menjadi lebih efisien.

Superpell menggabungkan wangi apel asal Jepang yang segar dan bunga peony manis untuk memberikan ketenangan dan mood booster bagi orang tua saat bermain dengan anak. Ketika ruangan di rumah memiliki wangi yang menenangkan, hal ini dapat memperkuat ikatan antara anggota keluarga.

Selain itu, teknologi Quick Clean & Dry juga mampu membuat lantai lebih bersih, kinclong, dan cepat kering, sehingga orang tua bisa lebih cepat bermain dengan anak setelah lantai dibersihkan.

Yang perlu diperhatikan juga, saat meluangkan waktu untuk bermain bersama anak, Moms dan Dads sebaiknya tidak sambil memegang handphone, sehingga Anda bisa lebih fokus kepada anak. Hal inilah yang menurut Samanta paling penting saat bermain bersama anak, sehingga quality time makin baik dan akan bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan buat Si Kecil. Hal ini juga akan meningkatkan kesadaran diri anak dan ia akan merasa bahwa orang tuanya selalu hadir untuknya.

Untuk lebih jelasnya, Moms dan Dads bisa tonton video tentang manfaat bermain di lantai dan penjelasan Samanta Elsener, M.Psi. berikut ini.

Yuk, Moms, ajak anak main di lantai yang bersih, wangi, dan kinclong dengan Superpell, dan ciptakan quality time bersama anak agar momen bonding Anda dan Si Kecil makin nempel! (M&B/SW/Foto: Freepik, Superpell)