Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

6 Buah yang Bisa Membantu Memperlancar Persalinan Anda

6 Buah yang Bisa Membantu Memperlancar Persalinan Anda

Setelah mengandung selama 9 bulan, persalinan jadi satu momen yang ditunggu-tunggu. Persalinan merupakan pekerjaan fisik berat, yang bisa menguras energi selama prosesnya. Menurut Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, proses persalinan diperkirakan bisa membakar hingga 100 kalori per jam.

Karena alasan itu, biasanya menjelang persalinan Moms disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu. Ini dilakukan untuk menambah asupan kalori sehingga tubuh jadi lebih bertenaga dan berguna untuk memperlancar proses persalinan. Dari banyaknya sumber makanan yang bisa dikonsumsi, buah jadi salah satu yang paling sering direkomendasikan. Berikut ini beberapa buah yang bisa memperlancar persalinan Anda, Moms.

1. Mangga

Mangga dikenal mengandung nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus menambah kalori. Dalam 100 gram mangga terdapat 99 kkal energi, 24,7 gram karbohidrat, serta 2,6 gram serat. Jadi, tak hanya rasanya yang manis, buah berwarna kuning ini juga bisa memberikan energi tambahan untuk Anda selama proses persalinan.

Baca juga: Manfaat Mengonsumsi Buah Mangga untuk Ibu Hamil

2. Pisang 

Pisang jadi salah satu buah yang bisa Anda konsumsi untuk memperlancar persalinan. Pisang mengandung karbohidrat, protein, mangan, vitamin, magnesium, serta serat yang bisa membantu meningkatkan tenaga Anda. Moms bisa mengonsumsi pisang secara langsung atau diolah menjadi smoothie. Konsumsi buah ini sebelum menghadapi kontraksi dan proses pembukaan.

3. Alpukat

Melansir Healthline, dalam 200 gram alpukat terkandung sekitar 322 kkal energi, 17 gram karbohidrat, dan 14 gram serat. Kandungan nutrisi tersebut dinilai cukup untuk menambah energi tubuh menjelang proses persalinan. Untuk mengonsumsinya, Moms bisa campurkan alpukat ke dalam salad, dibuat menjadi jus buah, atau dicampur dengan susu, agar tubuh lebih bertenaga.

4. Semangka

Selain memilih buah yang mengandung serat, karbohidrat, dan energi, Moms juga perlu mengonsumsi buah yang tinggi kandungan air. Air diperlukan untuk memastikan cairan tubuh tetap terpenuhi selama persalinan. Salah satu buah tinggi air yang bisa Moms konsumsi adalah semangka, karena 91% kandungan semangka terdiri dari air.

5. Pepaya 

Buah yang bisa memperlancar persalinan berikutnya adalah pepaya. Buah berwarna oranye ini diperkaya dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk menjaga sistem imun tubuh serta energi yang cukup tinggi untuk memberikan tenaga secara instan. Anda bisa konsumsi pepaya matang secara langsung atau dibuat menjadi smoothie yang menyegarkan.

6. Kurma

Kurma sudah terbukti punya banyak manfaat buat tubuh, termasuk untuk membantu proses persalinan. Menurut penelitian, buah yang tinggi kandungan antioksidan ini bisa membantu menginduksi dan mempercepat terjadinya kontraksi secara alami.

Moms disarankan untuk mulai mengonsumsi buah kurma beberapa hari sebelum persalinan, sehingga bisa mempercepat terjadinya kontraksi alami dan mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk proses persalinan.

Baca juga: Manfaat Kurma Ajwa untuk Memperlancar Persalinan Anda

Itulah 6 buah yang bisa Moms konsumsi untuk membantu memperlancar persalinan Anda. Buah-buahan di atas tak hanya memiliki rasa yang manis, tapi juga punya kandungan nutrisi yang baik dan aman untuk kehamilan, dan tentu saja, bisa membantu melancarkan dan mempercepat proses persalinan Anda, Moms. (M&B/Ayu/ZA/SW/Foto: Freepik)