Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bisa Periksa Gen Si Kecil Tanpa Ribet di Brawijaya Saharjo Genomic Center

Bisa Periksa Gen Si Kecil Tanpa Ribet di Brawijaya Saharjo Genomic Center

Menjalankan gaya hidup sehat memang bagus untuk mencegah berbagai penyakit, tapi akan lebih baik jika disertai pemeriksaan gen untuk memprediksi risiko penyakit tertentu. Ya, seperti yang kita ketahui, beberapa penyakit juga bisa diwariskan dari anggota keluarga. Sebut saja seperti risiko kanker yang makin tinggi jika ada keluarga yang memiliki riwayat kanker.

Menyadari akan pentingnya tes genetik, Brawijaya Hospital Saharjo menghadirkan layanan Brawijaya Genomic Center bekerja sama dengan Prodia. Layanan ini menjadi pusat edukasi terkait pemeriksaan khusus, terutama pemeriksaan genomik. Langkah ini merupakan komitmen dari Brawijaya dan Prodia dalam meningkatkan mutu pelayanan dan kelengkapan pemeriksaan penunjang personalized medicine bagi masyarakat.

“Dengan pemeriksaan genomik, pasien bisa mengetahui risiko terkait beberapa jenis kanker, seperti kanker tiroid, nasofaring, getah bening, paru, hati, lambung, pankreas, kantung kemih, prostat, kolorektal, serviks, dan ovarium,” jelas Dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK(K), FINEM, pada redaksi Mother & Beyond di acara peluncuran Brawijaya Genomic Center (7/2/2024).

Analisis pemeriksaan genomik akan dilakukan hingga memperoleh hasil yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola kesehatan berdasarkan profil genomik masing-masing individu.

Melalui kerja sama ini, Brawijaya Genomic Center in collaboration with Prodia memberikan layanan konsultasi pra dan pasca pemeriksaan genomik, mulai dari skrining terkait risiko penyakit, upaya pencegahan, diagnosis, dan pengobatan yang tepat kepada pasien.

“Realisasi peresmian Brawijaya Genomic Center merupakan pencapaian besar yang sudah menjadi cita-cita besar para founder. Mulai tanggal 1 Februari 2024, layanan Genomic Center yang berada di Brawijaya Hospital Saharjo ini dapat diakses oleh masyarakat luas dan memberikan layanan konsultasi sebelum dan sesudah pemeriksaan genomik,” ujar Dr. dr. Chamim, Sp.OG Sub.Sp.Onk.

“Kami menyadari bahwa akses terhadap informasi layanan kesehatan masih menjadi salah satu tantangan. Oleh karenanya, pendekatan melalui Genomic Center seperti ini menjadi harapan kami untuk dapat menjawab kebutuhan pasien dan dokter. Dengan sumber daya medis yang kompeten yang dikolaborasikan dengan fasilitas Brawijaya Hospital Saharjo yang lengkap dan modern, memungkinkan makin menjangkau lebih banyak masyarakat untuk dapat merasakan manfaat pengobatan yang dipersonalisasi,” tambah Ibu Dewi Muliaty selaku Direktur Utama Prodia.

Di kesempatan ini hadir juga Melanie Putria, celebrity-mom yang sangat gencar mempromosikan gaya hidup sehat lewat akun medsosnya. Menurut Melanie, ia sudah lama mengetahui manfaat pemeriksaan genomik ini, tapi sayangnya belum ada di Indonesia dan biayanya mahal. Melanie mengaku bahagia dengan hadirnya Brawijaya Genomic Center.

“Menurut aku ini bisa jadi satu shortcut agar anak-anak Indonesia para penerus atlet sekarang ini bisa tahu kira-kira mereka cocoknya di mana, apakah cardiovascular activity, atau mungkin strength training activity, dan seterusnya. Ini mungkin tidak terdengar ‘seksi’ karena tidak semua orang tua ingin anaknya jadi atlet. Tapi, sekarang Brawijaya Hospital dan Prodia sudah bekerja sama menghadirkan pemeriksaan genomik yang komprehensif, jadi bukan hanya soal sport dan nutrisi, tapi juga bisa tahu soal kanker, neuro, imun dan alergi. Artinya, ini lebih besar lagi kemungkinan bagi masyarakat kita untuk paham dan tahu risiko mana yang mungkin terjadi pada diri mereka,” papar Melanie.

Menurut Melanie, bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi atlet, pemeriksaan genomik ini bisa membantu mengenali lebih cocok ditempatkan di bidang olahraga apa. Sedangkan bagi masyarakat umum secara keseluruhan jadi lebih efisien secara waktu, lebih paham risiko dan pengobatan yang tepat, dan yang terpenting bisa mencegah sejak dini.

Cegah sebelum terlambat, ketahui sejak dini risiko penyakit Anda dan keluarga dengan pemeriksaan komprehensif di Brawijaya Genomic Center - Brawijaya Hospital Saharjo. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi 150160 Halo Brawijaya, BrawijayaHospital.com, atau Prodia.co.id.

Stay safe, stay healthy, Moms! (M&B/Tiffany Warrantyasri/SW/Foto: Dok. Brawijaya Hsopital Saharjo)