Type Keyword(s) to Search
BUMP TO BIRTH

5 Buah yang Tidak boleh Dimakan Setelah Operasi Caesar

5 Buah yang Tidak boleh Dimakan Setelah Operasi Caesar

Umumnya, persalinan lewat operasi caesar memiliki proses pemulihan yang cenderung lebih lama daripada persalinan normal. Karena itu, ada beberapa pantangan yang harus Moms hindari agar pemulihannya bisa berjalan dengan baik. Salah satunya dengan mengetahui apa saja makanan yang menjadi pantangan dan tidak boleh dikonsumsi usai operasi caesar.

Buah memang merupakan makanan tinggi serat dan punya kandungan nutrisi yang baik. Namun, ada beberapa buah yang sebaiknya tidak Anda konsumsi setelah operasi caesar, karena bisa memperlambat penyembuhan. Berikut ini 5 buah yang tidak boleh Anda makan usai menjalani operasi caesar, Moms.

Baca juga: Penyebab Luka Bekas Caesar Gatal dan Cara Mengatasinya

1. Nangka

Nangka memang merupakan salah satu buah yang tinggi serat. Meskipun begitu, nangka tidak boleh dikonsumsi setelah melakukan operasi caesar. Ini karena nangka mengandung asam dan gas yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini bisa memicu Moms mengalami masalah pencernaan, mulai dari maag hingga asam lambung kronis. Selain menyebabkan masalah kesehatan, konsumsi nangka setelah operasi caesar dan saat menyusui bisa membuat Si Kecil mengalami kolik. Kolik adalah kondisi ketika bayi terus-menerus menangis tanpa alasan yang jelas dan sulit ditenangkan.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang segar dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C sangat berguna untuk membuat luka bekas operasi lebih cepat kering. Meskipun begitu, jeruk memiliki sifat asam yang bisa mengiritasi jahitan setelah operasi caesar, apalagi jahitan tersebut belum pulih seutuhnya. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari konsumsi jeruk secara berlebihan ya, Moms. Selain jeruk, beberapa buah sitrus yang lain, seperti lemon dan kiwi, juga punya efek yang sama.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Jahitan Operasi Caesar Terbuka

3. Buah kering

Saat ini, terdapat banyak jenis olahan buah. Salah satunya buah yang dikeringkan dan dibuat menjadi manisan sehingga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Nah, jenis buah ini juga harus Moms hindari, karena konsumsi gula berlebihan bisa menghambat penyembuhan luka dan berdampak negatif pada metabolisme tubuh Anda.

4. Durian

Walaupun termasuk salah satu buah yang nikmat, durian juga sebaiknya tidak Anda konsumsi usai menjalani operasi caesar, Moms. Tekstur durian yang berserat dan berat dicerna bisa memicu sembelit dan ketidaknyamanan pada pencernaan, terutama setelah operasi caesar.

5. Sawo

Buah yang memiliki rasa manis ini juga harus anda hindari setelah melakukan operasi caesar. Ini karena sawo punya tekstur yang agak keras dan sulit dicerna lho, Moms. Jadi, sebaiknya buah ini Anda hindari untuk sementara waktu, agar pemulihan setelah operasi caesar lebih cepat dan maksimal. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)