Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Bukan Hanya untuk Kulit, Ini 8 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Bukan Hanya untuk Kulit, Ini 8 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Moms tentu sudah paham bahwa vitamin E punya khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat vitamin E bukan cuma itu? Masih ada sederet manfaat lain dari vitamin E untuk tubuh kita lho, Moms. Berikut ini 8 manfaat vitamin E untuk kesehatan tubuh kita yang perlu Anda tahu.

1. Antioksidan

Vitamin E mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh karena bisa merusak sel tubuh sekaligus memicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan masalah pada jantung.

Karena itu, Anda perlu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan memiliki antioksidan alami agar tubuh Anda selalu terjaga kesehatannya. Beberapa makanan yang kaya vitamin E antara lain bayam, brokoli, kacang-kacangan, biji bunga matahari, alpukat, mangga, dan minyak zaitun.

2. Menguatkan sistem imun

Vitamin E berperan penting untuk meningkatkan aktivitas antarsel sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan lancar. Artinya dengan mengonsumsi vitamin E secara rutin, sistem imun dalam tubuh juga akan lebih kuat dan Anda pun terhindar dari penyakit, karena sistem imun yang kuat akan menurunkan risiko Anda terkena infeksi virus maupun bakteri.

3. Baik untuk mata

Selama ini kita tahu bahwa vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A. Meskipun begitu, vitamin E juga punya peran penting untuk menjaga kesehatan mata kita untuk waktu yang lama. Berdasarkan hasil penelitian dari Department of Epidemology and Health Statistics yang dilakukan oleh Qingdao University Medical College, ditemukan bahwa asupan vitamin E dan tingkat serum tokoferol yang tinggi mampu menurunkan risiko penyakit katarak pada mata orang berusia lanjut.

4. Menjaga keseimbangan hormon

Seorang wanita tak jarang mengalami gejala hormon tidak seimbang, misalnya kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan berlebih. Nah, mengonsumsi vitamin E bisa membantu Anda mengatasi masalah ini karena vitamin E berperan dalam menyeimbangkan sistem hormon serta menjaga keseimbangan sistem endokrin dan saraf.

5. Menyeimbangkan produksi sebum

Sebum merupakan pelembap alami kulit. Setiap orang memiliki sebum atau minyak yang dihasilkan oleh sebaceous glands atau kelenjar minyak yang terdapat di seluruh tubuh, kecuali di telapak tangan dan kaki. Kelenjar minyak tersebut menempel pada folikel rambut.

Namun, produksi sebum yang berlebih pada kulit kepala bisa memicu sejumlah masalah, seperti membuat rambut jadi lepek hingga menyumbat pori-pori kulit kepala dan memicu jamur. Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan vitamin E. Vitamin ini mampu menyerap kelebihan minyak tanpa menjadikan kulit kepala terasa kering dan menjaga kelembapan kulit kepala.

6. Baik untuk sperma

Konsumsi vitamin E direkomendasikan buat pasangan suami istri yang tengah menjalani program hamil. Asupan vitamin E yang cukup pada pria akan membantu meningkatkan kualitas sperma karena bisa menangkal radikal bebas yang berdampak pada rusaknya sperma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung selenium, vitamin E, dan vitamin C mampu memperbaiki kualitas dan pergerakan sperma.

7. Menjaga kehamilan dan perkembangan janin

Vitamin E juga berperan penting di masa kehamilan, karena fungsinya sebagai antioksidan dan melindungi jaringan tubuh dari radikal bebas. Sedangkan pada janin, vitamin E membantu perkembangan awal sistem saraf embrio dan pertumbuhannya di dalam kandungan. Selain itu, konsumsi vitamin E mampu menurunkan risiko terjadinya solusio plasenta.

Meskipun begitu, bumil tidak boleh sembarangan mengonsumsi vitamin E. Konsumsi vitamin E berlebih pada bumil bisa menyebabkan masalah kesehatan. Karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk tahu dosis vitamin E yang aman buat Anda.

8. Mengurangi efek samping pengobatan

Moms, apabila Anda mengalami efek samping dari penggunaan obat-obatan seperti dialisis dan radiasi, konsumsi vitamin E dipercaya bisa mengurangi efek samping kedua obat itu. Jadi untuk mengurangi efek samping buruk pengobatan, Anda bisa mengonsumsi vitamin E secara rutin. (M&B/SW/Foto: Freepik)