Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

7 Buah yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

7 Buah yang Mengandung Vitamin E dan Manfaatnya

Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat dalam menjaga kulit. Eits, nyatanya manfaat vitamin E bukan cuma itu, lho. Vitamin E juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan jantung, Moms. Selain itu, vitamin E mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif.

Nah, karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan vitamin E sendiri, Moms bisa mencukupinya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin E. Salah satunya buah-buahan. Berikut ini beberapa buah yang mengandung vitamin E.

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi. Dalam 100 gram alpukat terdapat 2,07 mg vitamin E, Moms. Buah ini juga mengandung 10 mg vitamin C yang menjadikannya buah yang sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung kalium yang lebih banyak dari pisang, lho.

Kiwi

Kiwi juga merupakan pilihan buah yang kaya vitamin E. Dalam 1 porsi kiwi terkandung 2,6 mg vitamin E yang bisa memenuhi 13 persen kebutuhan harian kita. Selain itu, kiwi kaya vitamin C yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah yang memiliki rasa asam menyegarkan ini juga bisa membantu mengatasi insomnia, karena serotonin yang dikandungnya.

Pepaya

Satu porsi pepaya bisa memberikan 1 mg vitamin E yang setara dengan 5 persen kebutuhan harian. Buah yang bernutrisi ini juga memiliki sifat antioksidan kuat yang bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit Moms, salah satunya dalam melawan peradangan dan mengatasi gangguan pencernaan pada tubuh.

Tomat

Buah yang satu ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun diiris dan dimasukkan ke dalam roti isi atau salad kegemaran Anda. Mengonsumsi 1 porsi tomat bisa memberikan 0,8 mg vitamin E atau setara dengan 4 persen kebutuhan harian. Tomat juga kaya lycopene, yaitu antioksidan yang dikenal mampu melawan kanker dan berbagai macam penyakit lainnya.

Baca juga: Ini 10 Alasan Kenapa Anda Harus Sering Konsumsi Tomat

Zaitun 

Mengonsumsi zaitun juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kebutuhan vitamin E harian Anda. Dalam 1 porsi buah tersebut terdapat 0,1 mg vitamin E.  Zaitun juga mengandung asam oleat yang berfungsi untuk mengatur kadar kolesterol, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Raspberry

Buah ini memang jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, raspberry juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin E. Diketahui kandungan vitamin E dalam 100 gram raspberry sekitar 900 mcg. Tak hanya vitamin E, buah ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Mangga 

Nah, kalau buah yang satu ini banyak ditemukan di sekitar kita dan mudah didapatkan. Mangga merupakan salah satu buah yang tinggi kandungan vitamin E. Dalam 100 gram mangga terkandung sekitar 900 mcg vitamin E. Buah ini juga dilengkapi dengan beragam nutrisi penting, seperti protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, magnesium, dan kalium. Karena nutrisinya tersebut, mangga bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita, mulai dari mencegah diabetes, meningkatkan kesehatan jantung dan mata, hingga menurunkan risiko terkena kanker.

Itulah beberapa buah yang mengandung vitamin E. Mengonsumsi buah-buahan ini tak hanya bisa membantu menjaga kecantikan kulit tapi juga kesehatan tubuh kita, Moms. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)