Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Puasa Tetap Bugar, Ini Tips Buka Puasa yang Baik dan Sehat

Puasa Tetap Bugar, Ini Tips Buka Puasa yang Baik dan Sehat

Ramadan kareem! Kehangatan bulan Ramadan tak hanya terasa dari ibadah puasa yang dijalankan setiap hari, tapi juga dilengkapi dengan serunya momen berbuka puasa. Namun sayang, karena momen berbuka puasa tak jarang dipenuhi oleh makanan yang tidak sehat, akibatnya tubuh malah jadi terasa tak bertenaga dan rentan penyakit selama berpuasa.

Untuk itu, ada baiknya jika Moms memperhatikan beberapa rekomendasi cara berbuka puasa yang benar agar kesehatan Anda tetap terjaga. Yuk, simak tips berbuka puasa yang sehat berikut ini!

Cara berbuka puasa yang sehat

Lebih dari sekadar mengobati rasa lapar, momen berbuka puasa sangatlah penting, baik untuk memulihkan energi tubuh maupun mempersiapkan tubuh demi berpuasa di hari berikutnya. Maka dari itu, menu iftar perlulah seimbang agar bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh Anda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi berbuka puasa sehat dari Mediclinic yang bisa Anda terapkan.

1. Jaga hidrasi tubuh

Mulailah buka puasa Anda dengan mengonsumsi cairan. Satu cangkir air putih atau susu rendah lemak akan menyediakan kebutuhan cairan yang hilang selama berpuasa, Hindari minuman yang mengandung gula ataupun minuman berkarbonasi.

2. Konsumsi kurma

Setelah minum, Moms bisa makan 2-3 buah kurma untuk membantu memenuhi kebutuhan gula alami dan energi setelah seharian berpuasa.

3. Mulai dengan sup atau makanan berkuah

Mengawali buka puasa dengan sup atau makanan berkuah akan membantu menyiapkan perut untuk menerima makanan yang akan Anda makan setelahnya, sekaligus mendorong pemenuhan cairan tubuh. Sup berisi kacang-kacangan atau sayur-sayuran adalah pilihan yang tepat. Hindari mengonsumsi sup instan ataupun sup yang kental dan creamy.

4. Beri jeda makan

Setelah berbuka dengan air, kurma, dan sup, lebih baik Moms menunggu sebentar sebelum mengonsumsi makanan lain yang lebih berat.

5. Bagi porsi makan sesuai jenis

Sesuaikan porsi gizi dalam hidangan utama Anda. Usahakan untuk membagi gizi menjadi 1/4 karbohidrat, 1/4 protein, dan 1/2 sayur dalam satu porsi hidangan utama buka puasa. Rekomendasi sumber karbodhirat yang bisa Anda coba adalah nasi merah, pasta, roti whole grain, dan kentang. Rekomendasi sumber protein yang bisa Anda konsumsi adalah ikan, daging rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, produk olahan susu rendah lemak, dan telur. Sedangkan rekomendasi sayur yang sehat untuk berbuka adalah sayuran yang tinggi cairan, seperti tomat, mentimun, seledri, selada, dan sayuran berwarna cerah lainnya.

6. Perhatikan cara mengolah makanan

Alih-alih menggunakan garam berlebih, Moms bisa berikan lebih banyak rempah untuk menguatkan rasa makanan. Selain itu, hindari mengonsumsi makanan yang digoreng untuk buka puasa. Sebaliknya, Moms bisa olah hidangan dengan merebus, memanggang, dan membakar.

7. Jangan terlalu kenyang

Jangan lupa untuk menjaga porsi makanan agar tidak berlebihan. Jaga porsi makanan buka puasa Anda sebanyak porsi makanan yang biasa Anda konsumsi setiap kali makan.

Berbuka puasa dengan hidangan cita rasa Jepang dan Indonesia

Sering kali tantangan menjaga pola makan sehat seimbang saat berbuka puasa adalah memilih menu hidangan iftar. Eits, Moms enggak perlu ragu lagi untuk memilih menu iftar maupun sahur selama bulan Ramadan, karena ada Genki Sushi yang menghadirkan hidangan Ramadan dengan perpaduan cita rasa Jepang dan Indonesia.

Pastinya berbagai menu spesial Ramadan dari Genki Sushi ini tak hanya sehat, tapi juga bisa memberikan pengalaman bersantap yang unik dan tak terlupakan untuk Anda. Dikurasi dan dipersiapkan dengan cermat, Genki Sushi menyuguhkan berbagai hidangan untuk memenuhi selera Anda.

Di bulan Ramadan tahun ini, Genki Sushi menghadirkan beragam sajian menarik, seperti Chicken Rendang Bowl dengan kyuri (mentimun Jepang) yang renyah dan rendang ayam yang lezat, Supreme Chicken Opor Roll yang memadukan takaokaya yakinori dan ayam bumbu opor yang empuk, serta Onigiri Rendang yang menggabungkan kenyamanan onigiri dengan rasa rendang yang kuat.

Tak hanya menu yang unik, Genki Sushi juga menghadirkan berbagai paket Ramadan khusus, yakni Paket Kareem dan Paket Mubarak yang dirancang untuk dinikmati 2-4 orang. Selain itu, ada pula Special Ramadan Sushi Box, yakni kotak sushi yang didesain khusus sehingga Anda dapat menyertakan catatan personal sebagai hadiah ataupun hampers lebaran untuk yang tersayang. Selama bulan Ramadan, Anda juga bisa menikmati promosi unik, yakni gratis Supreme Chicken Rendang Roll setiap pembelian 1 kotak sushi.

So, tunggu apa lagi, Moms? Yuk, nikmati berbagai menu spesial Ramadan dari Genki Sushi! (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik, Dok. Genki Sushi)